Daerah Paling Banyak Mendapat Sorotan Media Online Terkait Rencana Aksi Mogok Buruh

Aksi protes buruh diberbagai daerah di Indonesia masih terus berlangsung, dimana para buruh menolak penetapan kenaikan upah minimum yang cenderung kecil karena formula hitung-hitungan di dalam UU Cipta Kerja. Untuk menyuarakan aksi protesnya terhadap pemerintah, selain dari demo yang sudah berlangsung sejak November 2021 para buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) juga berencana menggelar aksi mogok nasional.

Mengutip dari nasional.kontan.co.id Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, aksi mogok nasional yang melibatkan 2 juta buruh di seluruh Indonesia belum diputuskan tanggalnya karena atas permintaan kawan-kawan buruh aksi akan difokuskan ke daerah terutama bupati/walikota dan gubernur harus merubah SK tentang kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dan UMK.

Baca Juga : AKSI DEMO PPKM DI INDONESIA

3 Tuntutan Yang Disuarakan Kelompok Buruh

Seiring dengan serangkaian aksi protes yang dilakukan kelompok buruh, secara umum mereka menyuarakan 3 tuntutan diantaranya yaitu :

  • Pertama, mencabut UU Cipta Kerja sesuai keputusan MK yang sudah menyatakan inkonstitusional bersyarat dan cacat formil.
  • Kedua, mencabut PP 36/2021 tentang pengupahan yang dinilai sudah inkonstitusional dan cacat formil menurut keputusan MK.
  • Ketiga, cabut SK gubenur tentang UMP DKI dan UMK di seluruh kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Isu mengenai rencana aksi mogok nasional yang akan dilakukan serikat buruh menjadi sorotan media online, berangkat dari hal tersebut Kazee Digital Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang data analytics mencoba memetakan isu mengenai daerah yang paling banyak mendapat sorotan media online terkait aksi mogok buruh. Berikut hasil yang didapatkan dari media monitoring Kazee :

Ekspos Pemberitaan Rencana Aksi Mogok Kerja Buruh

Data terkait rencana aksi mogok buruh diambil dari pemberitaan di media massa online dengan periode waktu 25 November hingga 8 Desember 2021. Puncak isu ada pada tanggal 30 November 2021, lantas daerah mana saja yang paling banyak mendapatkan sorotan terkait rencana aksi mogok kerja buruh tersebut ? berikut hasil presentase ekstraksi media monitoring Kazee :

6 Daerah Paling Banyak Mendapat Sorotan Terkait Rencana Mogok Buruh

Banten

Banten menempati posisi pertama sebagai daerah paling banyak mendapatkan sorotan media online terkait aksi mogok buruh. Dimana ribuan buruh se-Tangerang Raya melakukan aksi demo sekaligus mogok kerja pada Senin, 6 Desember 2021, massa Buruh menggelar aksi di wilayah Kabupaten Tangerang dan melumpuhkan Jalan Raya Serang KM 14 persisnya di Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Jakarta

Jakarta menempati posisi kedua sebagai daerah paling banyak mendapatkan sorotan media online terkait aksi mogok buruh. Massa buruh yang sempat melakukan unjuk rasa di Mahkamah Konstitusi pada Rabu, 8 Desember 2021 melanjutkan aksinya ke Balai Kota DKI Jakarta. Karena kecewa atas keputusan untuk menaikan nilai Upah Minimum Provinsi ( UMP ) DKI tahun 2022 belum juga keluar, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) DKI Jakarta mengancam melakukan mogok kerja.

Sumatera Selatan

Sumatera Selatan menempati posisi ketiga sebagai daerah paling banyak mendapatkan sorotan media online terkait aksi mogok buruh. Ribuan Buruh dari berbagai organisasi di Palembang pada 1 Desember 2021 melakukan aksi unjuk rasa dan mogok kerja, mereka meminta Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menaikkan upah minimum provinsi (UMP) tahun 2022.

Jawa Barat

Jawa Barat menempati posisi ke-empat sebagai daerah paling banyak mendapatkan sorotan media online terkait aksi mogok buruh. Sejumlah buruh di berbagai wilayah di Jawa Barat berencana melakukan mogok kerja setelah tuntutan akan upah tidak mendapatkan respons. Seperti halnya buruh di kota Bekasi yang ancam mogok kerja selama 3 hari mulai 6 Desember 2021.

Jawa Timur

Jawa Timur menempati posisi kelima sebagai daerah paling banyak mendapatkan sorotan media online terkait aksi mogok buruh. Ratusan Buruh yang tergabung dalam Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) dan Serikat Pekerja Indonesia (SPSI) melakukan aksi unjuk rasa menolak penetapan upah minimum kabupaten (UMK) tahun 2022 di depan Pendapa Wahyawibawagraha Kabupaten Jember, jawa timur, Senin 6 Desember 2021. Para buruh di Jember mengancam akan melakukan mogok kerja massal pada pada 6-8 Desember 2021, jika tuntutan-nya tidak dipenuhi.

Jawa Tengah

Jawa Tengah menempati posisi ke-enam sebagai daerah paling banyak mendapatkan sorotan media online terkait aksi mogok buruh. Massa Buruh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jawa Tengah melakukan aksi di depan Kantor Gubernur Jateng, Senin 29 November 2021. Mereka mengancam akan melakukan aksi mogok selama tiga hari, jika tuntutan buruh tidak dilaksanakan.

Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *