Alasan 10 November Ditetapkan Sebagai Hari Pahlawan

10 November merupakan hari bersejarah bagi negara Indonesia, dimana 10 November ditetapkan sebagai hari pahlawan nasional. Hari Pahlawan ditetapkan bertujuan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa yang gugur karena telah berjuang untuk mengusir para penjajah pada tahun 1945.

Mengutip dari website resmi Kementerian Sosial, peringatan hari pahlawan 2021 ini bertemakan “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”. Arti dari tema kali ini, yaitu setiap insan masyarakat Indonesia seyogyanya memiliki kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing individu. Dari tema itu juga terdapat 10 slogan yang menggambarkan makna dari 10 November 2021. 10 slogan tersebut yakni:

  1. “JADILAH PAHLAWAN DI SETIAP LANGKAHMU”
  2. “…HANYA BANGSA YANG MENGHARGAI JASA PAHLAWANNYA DAPAT MENJADI BANGSA YANG BENAR…”
  3. “PENGABDIAN, PERJUANGAN, DAN PENGORBANAN PARA PAHLAWAN HANYA UNTUK BANGSA DAN NEGARA”
  4.  “PAHLAWAN MENGUTAMAKAN PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA”
  5. “RELA BERKORBAN, TANPA PAMRIH, PANTANG MUNDUR DAN PERCAYA PADA KEMAMPUAN SENDIRI ADALAH SIKAP PARA PAHLAWAN”
  6. “JADILAH PAHLAWAN MASA KINI YANG MEMILIKI KEPEDULIAN TERHADAP SESAMA”
  7. “BANGSA YANG MAJU DAN MANDIRI ADALAH CITA-CITA PARA PAHLAWAN KUSUMA BANGSA”
  8. “PAHLAWAN TIDAK MENUNTUT PENGHARGAAN KECUALI TETAP TEGAKNYA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA”
  9. “JADILAH PAHLAWAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI”
  10. “PERKUAT PERSATUAN BANGSA”

Alasan mengapa 10 November ditetapkan sebagai hari pahlawan

Masih melansir dari situs resmi Kementerian Sosial, Mengapa tanggal 10 November ditetapkan sebagai hari pahlawan karena, pada saat itu (10 November 1945) terjadi pertempuran besar antara tentara Indonesia dengan pasukan Inggris di Surabaya. Pertempuran tersebut merupakan pertempuran pertama Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan bahkan menjadi pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Setelah itu terjadi gencatan senjata antara pihak Indonesia dengan pihak Inggris yang ditandatangani pada tanggal 29 Oktober 1945 dan keadaan mulai membaik. Namun meskipun demikian bentrokan bersenjata antara rakyat dan tentara Inggris di Surabaya masih terjadi, Bentrokan memuncak pada saat terbunuhnya Brigadir Jendral Mallaby (Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada tanggal 30 Oktober 1945.

Kematian Brigadir Jendral Mallaby menyebabkan pihak Inggris marah kepada Indonesia yang berakibat Mayor Jendral Eric Carden Robert Mansergh (yang menggantikan Jendral Mallaby) mengeluarkan ultimatum pada 10 November 1945 yang meminta Indonesia menyerahkan persenjataan dan penghentian perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA serta ancaman akan menggempur Kota Surabaya dari darat, laut, dan udara, apabila Indonesia tidak mentaati perintah Inggris.

Mengapa Tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan juga tak lepas dari instruksi yang dikeluarkan pihak Inggris. Instruksi itu berisikan seluruh pimpinan bangsa Indonesia dan pemuda Surabaya harus datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945 pukul 06.00 pagi. Mereka harus datang ke tempat yang sudah ditentukan oleh pihak Inggris.

Namun, instruksi itu dilanggar oleh pemuda Surabaya. Saat itulah, terjadi pertempuran Surabaya yang berlangsung kurang lebih tiga minggu. Inilah alasan dibalik mengapa tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Sejarah mengapa 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan juga tak lepas dari kerugian akibat peperangan. Peperangan tersebut juga telah mengakibatkan sekitar 20.000 rakyat Surabaya menjadi korban ,dan diperkirakan 150.000 orang terpaksa meninggalkan Kota Surabaya, serta tercatat sekitar 1.600 orang prajurit Inggris tewas, hilang, dan luka-luka. Puluhan alat perang pun rusak dan hancur.

Banyaknya pahlawan yang gugur dan rakyat yang menjadi korban, prajurit Inggris yang tewas serta sikap pantang menyerah yang ditunjukkan masyarakat Surabaya, membuat kota ini dikenang sebagai kota pahlawan. Sejak saat itulah, setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Peringatan ini sekaligus memberi penghargaan terhadap jasa dan pengorbanan pahlawan. Inilah alasan utama mengapa tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Kita sebagai masyarakat penerus bangsa harus ikut serta dalam mengimplementasikan nilai-nilai luhur para pahlawan terdahulu dalam kehidupan sehari-hari

Tahun 2021, Indonesia masih dilanda kasus covid-19, ini merupakan momentum untuk kita bersama-sama menjaga dan memperkuat persatuan serta kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan.

“Selamat Hari Pahlawan Nasional 2021”

Sumber: https://kemensos.go.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *