Isu Mengenai Pemulihan Ekonomi Nasional

image source : lamemba.or.id

Pandemi covid-19 yang merebak hampir 2 tahun ini memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap perekonomian di berbagai negara tak terkecuali di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang sempat mengalami keterpurukan dan masuk dalam jurang resesi akibat pandemi covid-19. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sebelum pandemi merebak pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019 secara tahunan tumbuh 5,06 persen pada triwulan 1 2019, sedangkan pada triwulan I 2020 ekonomi Indonesia minus 2,97 persen dan melanjutkan penurunan pada triwulan II 2020 dengan minus 5,32 persen.

Pada triwulan II 2021 Indonesia mulai menunjukan perbaikan ekonomi yaitu dengan tumbuh 7,07 persen secara tahunan. Hal tersebut dipicu oleh sejumlah usaha untuk pemulihan ekonomi nasional di berbagai sektor. Pemerintah indonesia seperti yang dilansir pada www.ekon.go.id menggunakan strategi mengutamakan keseimbangan antara penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi nasional dalam penanganan pandemi Covid-19. Hingga saat ini pemulihan ekonomi masih menjadi fokus utama pemerintah terutama untuk menyeimbangkan antara kehidupan dan penghidupan.

Isu mengenai pemulihan ekonomi nasional masih menjadi pembicaraan hangat terutama di media online, untuk itu Kazee Digital Indonesia sebagai perusahaan yang bergrak di bidang data analytics memetakan isu terkait pemulihan ekonomi nasional di media online sebagai berikut :

Sumber : Media Monitoring Kazee
Sumber : Media Monitoring Kazee

Dapat dilihat pada grafik di atas mengenai pergerakan isu terkait pemulihan ekonomi nasional, dimana selama periode 28 Oktober hinga 03 November 2021 terdapat 9.700 isu yang berkembang mengenai pemulihan ekonomi nasional yang terjading oleh media monitoring Kazee. Sementara itu dari keseluruhan data terbagi dalam 5.070 berita dari media massa online, 4.570 cuitan Twitter, 38 dari media cetak, 13 artikel blog, 7 unggahan video Youtube dan 4 dari postingan Instagram.

Pergerakan isu selama 1 minggu terakhir cenderung stabil, adapaun pada tanggal  2 November 2021 merupakan puncak dengan isu terbanyak. Sementra itu media sosial Twitter merupakan platform paling mendominasi dalam puncak isu mengenai pemulihan ekonomi nasional. Berikut rangkuman isu yang berkembang pada puncak isu di 2 November 2021 :

  • OJK terus tingkatkan literasi dan inklusi keuangan untuk percepat pemulihan ekonomi.
  • Indonesia pimpin G20, jadi kesempatan tunjukan pada dunia memulihkan ekonomi.
  • BI: QRIS tembus 12 juta merchant, ekonomi digital semakin bertumbuh.
  • Kemnaker tindaklanjuti perluasan cakupan penerima BSU.
  • Sekda apresiasi kolaborasi Pemprov dan Bank Indonesia Dorong UMKM.
  • Pemulihan ekonomi pasca covid-19, Jabar fokus ke Pedesaan.
  • Kepercayaan investor terhadap ekonomi Indonesia menguat.
  • Gubernur optimis Sulbar menjadi penyangga ketahanan pangan nasional
  • Cuitan di twitter mengenai pertemuan Presidensi G20 untuk mempercepat pemulihan ekonomi.
  • Cuitan di twitter mengenai upaya pemulihan ekonomi dengan program vaksinasi, penanganan pasien, insentif nakes, perlindungan sosial, dukungan UMKM, hingga bantuan pendidikan serta pemulihan sektor pariwisata.

Pada puncak isu 2 November 2021 isuk yang paling dominan dibicarakan di media online adalah mengenai OJK yang terus meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional. OJK meyakini inklusi keuangan dapat menjadi mesin pendorong proses pemulihan ekonomi, karena penyaluran pembiayaan bagi pelaku usaha kecil, usaha mikro bahkan ultra mikro dapat menjadi jump starter untuk menggerakan kembali roda perekonomian. Karenanya, OJK akan terus mendorong industri jasa keuangan untuk terus mengembangkan produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat.

Kemudian isu mengenai presidensi G20 pada tahun 2022 yang dipegang Indonesia juga banyak dibicarakan di media onlie pada puncak isu 2 November 2021. Hal ini seiring dengan penyerahan presidensi yang dilakukan pada sesi penutupan KTT G20 Roma yang berlangsung di La Nuvola, Roma Italia, pada Minggu 31 Oktober 2021. Indonesia akan mendorong upaya bersama bagi pemulihan ekonomi dunia dengan tema besar Recover Together, Recover Stronger. Dalam upaya pemulihan ekonomi melalui presidensi G20 mendatang, Indonesia juga akan ikut serta mendorong perkembangan ekonomi digital dalam skala global.

Sebagai kesimpulan bahwa berdasarkan rangkuman isu yang berkembang pada puncak data 2 November 2021 mengenai pemulihan ekonomi nasional, saat ini pemerintah tengah berupaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi di berbagai sektor setelah terdampak pandemi covid-19. Berbagai pihak menunjukan sikap optimis untuk memulihkan kembali perekonomian di Indonesia.

#Pemulihanekonomi #Pertumbuhanekonomi #Pandemi #Covid-19 #Mediaonline #Inklusikeuangan #OJK #PresidensiG20 #KTTG20 #UMKM

Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *