INDONESIA PRESIDENSI G20

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-5791018/indonesia-jadi-presidensi-g20-jokowi-undang-pemimpin-dunia-ke-bali-2022

Isu trending di twitter pada hari ini tertuju pada kabar bahwa Indonesia resmi meneruskan estafet presidensi G20 dari Italia dan untuk pertama kalinya akan memegang presidensi G20 pada tahun 2022. Penyerahan presidensi tersebut dilakukan pada sesi penutupan KTT G20 Roma yang berlangsung di La Nuvola, Roma, Italia.

sumber: Kazee Media Monitoring

Artikel ini akan merangkum isu apa saja yang berkembang di media sosial twitter berkaitan dengan Indonesia resmi meneruskan estafet presidensi G20.

Secara volume perbincangan, “Indonesia Presidensi G20” sendiri dalam pantauan sejak kemarin hingga hari ini (31 Oktober – 01 November 2021) mendapatkan ekspos kicauan sebanyak 1.632 kicauan di Twitter.

ISU PERBINCANGAN

Sumber: Kazee Media Monitoring
  • Presiden RI, Joko Widodo dengan akun twitternya @Jokowi (16,188,938K followers) menyatakan bahwa Indonesia merasa terhormat untuk meneruskan presidensi G20 ini. Pada tweet selanjutnya, Presiden Jokowi menyebut Presidensi G20 Indonesia akan mendorong upaya bersama untuk pemulihan ekonomi dunia dengan tema besar “Recover Together, Recover Stronger” , pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan, menjadi komitmen utama kepemimpinan Indonesia di G20.
  • Beberapa influencer di twitter dan warganet secara umum juga mengungkapkan narasi bahagianya atas terpilihnya Indonesia menjadi Presidensi G20. Kebahagiaan, merasa terhormat dan bangga menjadi kata yang umum digunakan dalam kicauan menyoal isu Presidensi Indonesia di G20.
  • Isu selanjutnya yang menjadi perhatian warganet tertuju pada Undangan Presiden Joko Widodo kepada pemimpin dunia yang hadir untuk melanjutkan diskusi pada KTT G20 di Indonesia yang rencananya digelar di Bali pada 30-31 Oktober 2022.
  • Isu selanjutnya menjadi trending di twitter berkaitan dengan Pangeran Charles berharap Presidensi G20 Indonesia akan berjalan sukses. Selain itu, kicauan juga tertuju pada kicauan akun @MurtadhaOne1 (15,8 k follower) yang menautkan potongan video berisi Pangeran Charles memuji Presiden Jokowi di hadapan seluruh pemimpin negara anggota G20. Pangeran Charles menyebut seorang Jokowi telah berjuang menyelamatkan alam Indonesia dan memberikan dampak besar pada upaya penyelamatan planet dari perubahan iklim. Kicauanya mendapatkan replikasi sebanyak 1.064 retweets, 198 quote retweets, 4.442 likes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *