Isu Tertinggi Terkait Covid-19 Berdasarkan Pemberitaan Media Online

image source : health.detik.com

Pandemi covid-19 yang menggentarkan dunia telah melanda selama lebih dari 1,5 tahun di Indonesia, sementara itu Indonesia telah berhasil keluar dari puncak gelombang kedua pandemi covid-19. Sebelumnya, seperti yang dilansir pada cnnindonesia.com Indonesia memasuki gelombang kedua pandemi covid-19 pada akhir Juni 2021. Dimana pada 27 Juni 2021 kasus konfirmasi covid-19 tembus 21.342 orang, tambahan kasus harian tersebut kemudian menjadi rekor baru selama pandemi covid-19 berlangsung di Tanah Air.

Meski sempat menghadapi gelombang kedua covid-19, kini Indonesia sudah mengalami penurunan kasus dari puncak kedua dengan kasus konfirmasi positif covid-19 berdasarkan data terkahir pada 20 Oktober 2021 sebanyak 4. 237.201. Berbagai aktivitas masyarakat secara perlahan pun sudah mengalami pelonggaran seiring adanya penurunan level PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di sejumlah wilayah. Bahkan saat ini Indonesia termasuk dalam 5 besar negara dengan jumlah penduduk yang divaksinasi terbanyak yaitu 106 juta orang.

Isu terkait covid-19 selalu menjadi pemberitaan utama terutama di media massa online, lantas apa saja isu tertinggi terkait covid-19 seiring dengan penurunan kasus setelah puncak gelombang kedua di Indonesia ? Kazee Digital Indonesia dengan menggunakan media monitoring mencoba memetakan isu terkait covid-19 yang diberitakan di media massa online sebagai berikut:

Sumber : Media Monitoring Kazee

Selama periode 15 Oktober hinga 21 Oktober 2021 terdapat 37.970 isu yang berkembang di media massa online terkait covid-19. Sementara itu dapat dilihat pada grafik di atas bahwa selama periode 7 hari, puncak isu berada pada tanggal 19 Oktober 2021 dengan total data sebanyak 7.735. Berikut presentase isu tertinggi selama periode 15 Oktober hinga 21 Oktober 2021 terkait covid-19 :

Sumber : Media Monitoring Kazee

Dari keseluruhan data terkait isu covid-19 selama 7 hari terakhir, diperoleh 8 isu teratas seperti yang terdapat pada grafik di atas, berikut akan dibahas berdasarkan 3 isu teratas :

  • Gelaran PTM Terbatas di Berbagai Daerah

Gelaran PTM terbatas di berbagi daerah menjadi isu teratas yang paling banyak diberitakan di media massa online terkait covid-19 dengan jumlah presentase 66,6 persen. Pemberitaan ini mencuat seiring dengan mulai digelarnya Pembelajaran Tatap Muka atau PTM terbatas di berbagai daerah mulai dari pendidikan SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Adapun PTM terbatas diperbolehkan digelar di kota atau kabupaten yang sudah berada pada PPKM Level 1, Level 2 atau Level 3. PTM terbatas ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti wajib makaian masker, cuci tangan, dan menjaga jarak saat di ruang kelas dengan kapasitas ruangan yang sudah ditentukan.

  • Percepat Vaksinasi Lansia di Sejumlah Daerah

Percepatan vaksinasi lansia di sejumlah daerah menjadi isu tertinggi kedua yang paling banyak diberitakan di media massa online terkait covid-19 dengan presentase 11,5 persen. Pemberitaan ini berkaitan dengan upaya percepatan vaksinasi lansia di berbagai daerah. Pada praktiknya terdapat kendala vaksinasi untuk lansia, dimana masih ada lansia yang menolak untuk di vaksin karena persepsinya yang salah terhadap vaksinasi. Adapun capaian vaksinasi di Mojokerto masih di bawah 40 persen dan Indramayu baru mencapai 17 persen. Sementara itu di daerah lain seperti Madiun terus mengejar target vaksinasi lansia capai 60 persen, sedangkan  Kabupaten Probolinggo tengah berupaya mempercepat vaksinasi lansia hingga capai 40 persen. Adapun untuk daerah lainnya, kini tengah berupaya untuk terus meningkatkan vaksinasi bagi lansia untuk capai target herd immunity.

  • Akhir Pekan, Sejumlah Provinsi Laporkan Nol Kematian Akibat Covid-19

Sejumlah Provinsi yang laporkan nol kematian akibat covid-19 menjadi isu tertinggi ketiga yang paling banyak diberitakan di media massa online terkait covid-19 dengan presentase 5,7 persen. Isu ini mencuat seiring dengan adanya data per 17 Oktober 2021 bahwa DKI Jakarta, Jawa Barat, DIY, dan Bali mencatat nol kematian serta provinsi lain di Jawa-Bali yang mencatat kurang dari 5 kematian per hari. Hal tersebut diimbangi peran serta masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan kesadaran akan pentingnya vaksinasi.

Sebagai kesimpulan bahwa selama 7 hari terakhir dari tanggal 15 Oktober hingga 21 Oktober 2021, isu yang paling banyak diberitakan di media massa terkait covid-19 adalah mengenai digelarnya Pembelajaran Tatap Muka atau PTM terbatas bagi pelajar di sejumlah daerah. Vaksinasi sebagai salah satu upaya menakan angka covid-19 di Indonesia pun masih terus dilakukan, hal tersebut dinilai cukup efektif seiring dengan adanya laporan dari sejumlah Provinsi yang mencatat nol kematian akibat covid-19.

#Pandemi #Covid-19 #Vaksinasi #PembelajaranTatapMuka #PPKM #KasusPositifCovid-19 #IsuCovid-19 #MediaMassaOnline #MediaMonitoringKazee

Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *