Kota Bandung Dalam Pemberitaan Media Online

Sumber Foto: https://www.neutron.co.id/

Artikel ini akan mengupas bagaimana “Kota Bandung” secara umum diberitakan di media online. Isu-isu apa saja yang berkembang dan menjadi perhatian media akan menjadi isi dalam artikel ini.

Secara volume pemberitaan, Kota Bandung sendiri dalam pantauan seminggu terakhir (05 – 11 September 2021) mendapatkan ekspos pemberitaan sebanyak 3.936 artikel oleh media online.

Sumber: Kazee Media Monitoring

Ekspos pemberitaan tertinggi media online dalam seminggu terakhir jatuh pada tanggal 07 Oktober 2021 berkaitan dengan isu mention seputar pertandingan Persib Bandung yang tengah berlaga di Liga 1.

Pemberitaan sempat turun secara ekspos kemudian naik kembali pada tanggal 10 Oktober 2021 berkaitan juga dengan isu mention yakni pembangunan proyek kereta Cepat Bandung – Jakarta yang diberitakan akan turut didanai oleh APBN.

Selain isu mention yang turut mempengaruhi ekspos pemberitaan Kota Bandung seminggu terakhir, isu apa saja yang turut hadir dalam linimasa pemberitaan media online?

Sumber: Kazee Media Monitoring

Diatas merupakan komposisi 11 isu yang berhasil ditangkap melalui Media Monitoring Kazee. Terdapat beberapa isu yang menarik diulas diantaranya;

  • Sekolah di Kota Bandung pada umumnya sudah melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Dinas Pendidikan Kota Bandung terekam pada minggu ini akan melakukan uji swab dan rapid antigen bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan guna memastikan pembelajaraan tatap muka.
  • Urban Farming Buruan SAE (Sehat, Alami, Ekonomis) mendapatkan pemberitaan yang positif pada minggu ini. onsep buruan sehat alami ekonomis (SAE) yang digalakkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menjadi perhatian dunia internasional. Tak hanya itu, pemerintah pusat juga menaruh perhatian khusus terhadap konsep ini. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung,
  • Isu menarik lainnya bahwa Pemkot Bandung menyatakan perang melawan rentenir alias pemberi pinjaman uang tunai dengan bunga tinggi. Hal tersebut disampaikan kepada media oleh Wakil Wali Kota, Yana Mulyana saat membuka acara Focus Group Discussion ‘Strategi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Peran Satgas Anti Rentenir Kota Bandung Hotel Savoy Homann, Rabu 6 Oktober 2021.

Dapat disimpulkan bahwa isu mention/ isu eksternal/ isu yang dating dari luar mempegaruhi volume besarnya ekspos pemberitaan Kota Bandung dalam periode pemantauan 05 – 11 Oktober 2021.

Meski demikian, isu yang dating dan bergulir dari Pemkot Bandung sendiri pada minggu ini cukup mendapatkan perhatian yang positif. Adapun isu positinya yakni Dinas Pendidikan yang melakukan uji swab dan rapid antigen bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, buruan SAE mendapatkan perhatian dunia internasional dan Pemkot Bandung menyatakan perang melawan rentenir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *