Peran Penting Tagline Untuk Brand

image source : mccarthyandking.com

Di era digital marketing saat ini menjadi tantangan bagi setiap perusahaan untuk lebih menonjolkan kelebihan produk atau usahanya, perusahaan harus mampu menarik perhatian publik seiring dengan arus komunikasi dan informasi yang begitu cepat dengan perkembangan teknologi. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menciptakan tagline yang menarik, tagline bukan hanya sebatas kalimat singkat tanpa arti penting, namun juga menjadi identitas perusahaan atau brand secara keseluruhan.

Seperti dilansir pada niagahoster.co.id tagline adalah kalimat singkat dan mudah diingat untuk tujuan branding sebuah bisnis. Sebuah tagline yang baik akan menjelaskan suatu bisnis secara tepat. Biasanya, tagline muncul berdampingan dengan logo dan digunakan untuk membedakan bisnis Anda dengan kompetitor. Tagline bukanlah slogan seperti yang dipahami banyak orang. Tagline dibuat untuk merepresentasikan perusahaan atau brand secara keseluruhan, sedangkan slogan merupakan kalimat singkat yang dipakai untuk campaign atau memasarkan sebuah produk.

Brand kosmetik Wardah misalnya, memiliki tagline “feel the beauty”.  Namun, saat mereka mempromosikan salah satu seri lipstik terbaru, Wardah membuat slogan berupa “feel the color comfort”. Hal tersebut bisa menjadi pembeda dimana tagline digunakan untuk merepresentasikan brand secara keseluruhan, sedangkan slogan digunakan untuk promosi atau campaign ketika Wardah mengeluarkan seri dari produknya. Lantas, apa peran tagline untuk membangun sebuah brand ?

  • Menjadi Sebuah Identitas Usaha

Tagline memiliki peran untuk memperkuat identitas sebuah brand, produk yang memiliki identitas tentu akan lebih bisa diingat oleh masyarakat luas. Hal ini bisa dibangun dengan menciptakan ketertarikan emosional antara sebuah bisnis dengan konsumennya. Seperti tagline “I’m Loving It” milik McDonald misalnya, dimana tagline tersebut dianggap mampu mendekatkan bisnis mereka kepada konsumen. Sebab, McDonald ingin membuktikan bahwa konsumen mereka memang menyukai berbagai produk makanan yang ditawarkan.  Adapun contoh lain sebuah identitas usaha dengan menunjukan keunggulan produk seperti tagline pada merek Teh Pucuk Harum, “rasa teh terbaik ada dipucuknya”. Tagline tersebut memiliki arti bahwa dalam pemilihan material atau bahan baku teh, perusahaan akan memilih bagian terbaik pada pohon teh, yakni pada pucuknya.

  • Represanti Visi dan Misi Sebuah Brand

Taglain juga dapat digunakan untuk menunjukan visi dan misi dari sebuah brand, dengan penggunaan tagline kosnumen akan mudah mengingat seperti apa visi dan misi yang dimiliki brand tersebut. Sebagai contoh tagline yang digunakan The Botol Sosro yakni “apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”. Lewat tagline tersebut Teh Botol Sosro ingin menjelaskan bahwa visi dan misi mereka adalah ingin menjadikan Teh Botol Sosro sebagai minuman pendamping dari segala jenis makanan. Sederhananya, apapun jenis makanannya, Teh Botol Sosro cocok dijadikan sebagai minumannya. Atau contoh lainnya seperti tagline yang digunakan Toshiba, yaitu “Leading innovation”. Secara jelas Toshiba ingin menjelaskan bahwa visi dan misi mereka adalah selalu menyajikan berbagai inovasi terbaru dari produknya.

  • Sebagai Pembeda Dari Kompetitor

Sebuah bisnis yang dijalankan pasti memiliki kompetitor, namun biasanya sebuah brand akan hadir dengan adanya sebuah perbedaan dari brand yang dimiliki kompetitor. Dalm hal ini tagline bisa menjadi jembatan untuk menyampaikan hal yang berbeda dari sebuah brand. Contohnya adalah tagline yang digunakan oleh produk air mineral Le Minerale yakni, “kayak ada manis-manisnya”. Dari tagline tersebut terdapat makna bahwa Le Minerale ingin menegaskan sebagai air mineral yang berbeda dari yang lainnya. Atau tagline yang dimiliki barnd kecantikan Wardah yaitu “Feel the beauty”. Tagline tersebut menggambarkan bahwa Wardah berbeda dengan brand kecantikan lain dengan produk serupa, dimana berarti bahwa kecantikan itu sebagai sesuatu yang dapat dirasakan dan tidak melulu diasosiasikan dengan memiliki kulit yang putih cerah dan sebagainya. Sederhananya Wardah mengajak wanita tampil lebih percaya diri dengan kecantikan yang dimiliki.

Dapat disimpulkan bahwa tagline memiliki peran yang penting untuk sebuah brand, dimana dalam bisnis yang dijalankan perlu adanya jembatan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Masyarakat akan lebih mudah mengingat suatu produk atau jasa ketika penggunaan tagline mampu menarik perhatian, maka bagi Anda yang akan mendirikan sebuah brand perlu dipahami terlebih dahalu peran penting penggunaan tagline.

#Tagline #Brand #Bisnis #IdentitasUsaha #RepresentasiVisi&Misi #DigitalMarketing #PercepatanPenyaluranInformasi

Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *