Mengenal Manfaat Aplikasi Pedulilindungi

Aplikasi Pedulilindungi bukanlah aplikasi yang baru dikalangan masyarakat Indonesia, untuk kamu yang sudah melakukan vaksinasi pastinya sudah memiliki aplikasi tersebut untuk mendapatkan sertifikat vaksin.

Aplikasi PeduliLindungi menjadi penting keberadaannya selama masa pandemi, terutama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, pengaplikasian teknologi digital dalam mendukung penerapan protokol kesehatan dan 3T (Testing, Tracing, Treatment) adalah salah satu upaya krusial dalam pengendalian pandemi. 

“Dengan itu, masyarakat perlu mulai membiasakan diri dengan teknologi digital dalam kehidupan sehari-harinya, salah satunya adalah pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi,” ujar Johnny

Lantas apa saja manfaat dari aplikasi PeduliLindungi?

Wiku Adisasmito, juru bicara Satgas Penanganan Covid-19  menyatakan aplikasi ini adalah bentuk dari upaya pemerintah dalam efesiensi skrining kesehatan.

Terpisah, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap bahwa aplikasi PeduliLindungi akan sangat penting dan akan terus digunakan pemerintah dalam masa transisi pandemi ke edemi.

Sedangkan, menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap bahwa aplikasi PeduliLindungi akan sangat penting dan akan terus digunakan pemerintah dalam masa transisi pandemi ke edemi.

Dilansir dari Antara News, berikut beberapa manfaat aplikasi PeduliLindungi yang harus dimiliki masyarakat Indonesia:

1. Akses sertifikat vaksin

Aplikasi ini dapat membantu mengakses sertifikat vaksinasi Covid-19. Mengingat selama masa PPKM sertifikat vaksin menjadi syarat, masuk mall, syarat perjalanan menggunaan transportasi umum dan pribadi.

2. Pelacakan Penyebaran Covid-19

Aplikasi PeduliLindungi membantu masyarakat untuk melakukan surveilans kesehatan berupa penelusuran (tracing) dan pengurungan (fencing) terhadap anggota masyarakat yang diduga mengidap Covid-19.

Pelacakan tentu kedepannya melibatkan banak sektor mulai dari perdagangan, wisata, transportasi, tempat ibadah, Pendidikan maupun fasilitas umum lainnya.

3. Informasi Zonasi Penyebaran Covid-19

Terakhir, aplikasi PeduliLindungi juga akan membantu masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai area/zonasi penyebaran Covid-19.

Selain itu fungsi lainnya, pengguna juga akan mendapat notifikasi jika sedang berada dalam kondisi keramaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *