Jenis dan 5 Start Up Education Technology (EdTech) di Indonesia

Book photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Edtech atau Education Technology adalah gabungan dari “Edukasi” dan “Teknologi. Dikutip dari Builtin, Edtech adalah kombinasi dari alat informatika dan praktik pendidikan yang bertujuan untuk memfasilitasi dan meningkatkan pembelajaran. Penggunaan teknologi yang semakin canggih membuat banyak hal dalam sektor pendidikan bisa diatur melalui software.

Edtech juga bisa dikaitkan dengan perusahaan yang memfasilitasi kombinasi layanan edukasi dan juga teknologi. Dikutip dari Exbulletin, start up Edtech terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • K12 Education Aps

K12 adalah istilah yang digunakan untuk Pendidikan dari mulai kanak-kanak sampai dengan sekolah menengah atas. Istilah ini lebih familiar di Amerika. Aplikasi start up K12 adalah aplikasi yang menyediakan tutor video berkualitas tinggi yang dirancang terutama sebagai bagian dari kurikulum sekolah.

  • Test Preparation Platform

Jenis platform edTech ini memungkinkan siswa untuk mempersiapkan ujian masuk seperti LNAT, USPC, Mensa, IELTS, Gaokao, dan CFA. Perangkat lunak dan aplikasi seluler jenis ini memungkinkan siswa untuk tetap mendapatkan informasi terbaru, memantau kemajuan mereka, mendapatkan kepercayaan diri, dan mempersiapkan ujian dengan kecepatan dan kenyamanan mereka sendiri.

  • MOOC Portal

Portal MOOC (Massive Open Online Course) pada dasarnya adalah kursus jarak jauh yang ditawarkan secara online oleh universitas terbaik di seluruh dunia. Mereka memungkinkan siswa untuk mendaftar kursus di universitas mana pun di dunia dan mengambil kursus apa pun yang mereka inginkan, serta terhubung dengan orang lain yang telah mendaftar di kursus yang sama.

  • Technology Learning Solution

Sama seperti portal pembelajaran online yang membantu siswa mempelajari mata pelajaran atau mata pelajaran tertentu, platform ini memungkinkan mereka untuk unggul dalam pengkodean dan pemrograman.

  • Gamified Learning Application

Jenis aplikasi ini memungkinkan pelajar untuk belajar dan menguji pengetahuan mereka saat bermain kuis atau berpartisipasi dalam kegiatan sejenis lainnya.

  • Language Learning Platform

Seperti namanya, platform ini membantu pengguna mempelajari bahasa baru atau mempraktikkan bahasa apa pun yang sudah dikenal. Dan ini dengan cara yang sangat gamified dan interaktif.

  • Career Development Application

Meskipun sangat mirip dengan platform MOOC, Career Development Application memiliki tujuan yang berbeda. Mereka membantu lulusan dan profesional lainnya memahami dasar-dasar pekerjaan impian mereka dan mempersiapkannya dengan lebih cepat dan efisien.

  • Learning Management System

Ini mengacu pada perangkat lunak atau platform yang beroperasi sebagai bisnis dan menyediakan kemampuan untuk mengelola, melacak, melaporkan, dan menyediakan sumber belajar, serta produk lain seperti papan diskusi .

  • School Administration

Aplikasi ini adalah jenis ide aplikasi pendidikan yang banyak digunakan oleh guru dan administrator sekolah untuk mengelola jadwal, menghitung penggajian, penagihan, mengatur acara khusus, dll.

Dilihat dari jenis-jenis Edtech di atas, terdapat beberapa start up Edtech yang menyediakan layanan mereka di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah:

  • Ruangguru

Ruangguru adalah sebuah perusahaan startup teknologi asal Indonesia yang berfokus pada pendidikan. Ruangguru menawarkan platform pembelajaran berbasis kurikulum sekolah melalui video tutorial interaktif oleh guru dan animasi di aplikasi ponsel dan komputer.

  • Zenius Education

Zenius Education adalah perusahaan pendidikan berbasis teknologi yang menyediakan bimbel online live interaktif pertama di Indonesia yang menawarkan materi pelajaran SD, SMP, SMA, hingga persiapan UTBK.

  • Quipper

Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan dengan misi memberikan pendidikan terbaik hingga ke daerah terpencil. Berdiri pertama kali pada tahun 2010 di London – Inggris, layanan Quipper saat ini telah dapat dinikmati di beberapa negara seperti Jepang, Filipina, dan Indonesia.

  • Cakap

Cakap adalah sebuah perusahaan startup pengembang aplikasi edukasi teknologi asal Indonesia yang berfokus kepada pendidikan dua arah secara daring.

  • CoLearn

CoLearn adalah start up edtech yang menyediakan pembelajaran di bidang Matematika, Fisika, dan Kimia.

Dengan adanya banyak EdTech di Indonesia, hal ini menunjukan bahwa kesadaran akan teknologi pendidikan sudah mulai massif di Indonesia. Selain itu, ini juga merupakan kabar baik juga bagi para pengajar karena tidak hanya di sekolah, mereka juga bisa berkontribusi dimana pun dan kapan pun untuk mengajar melalui beberapa perusahaan edtech tersebut. Terlebih di masa pandemi, di saat pengajar dan siswa tidak bisa bertemu langsung, Edtech tentu menjadi medium yang dapat mengatasi hal tersebut.  

Referensi:

https://builtin.com/edtech

https://exbulletin.com/world/123578/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *