TOP ISU TERKAIT PARALIMPIADE TOKYO 2020

Foto: Getty Images/Naomi Baker

Setelah Olimpiade Tokyo 2020, Jepang kembali menggelar pesta multicabang lainnya yaitu Paralimpiade tokyo 2020. Opening Ceremony atau acara pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020 telah berlangsung pada 24 Agustus 2021 lalu. Indonesia sendiri meloloskan 23 atlet dari tujuh cabang olahraga yang diperlombakan di Paralimpiade yakni, bulu tangkis, tenis meja, renang, balap sepeda, menembak dan powerlifting. Sama seperti Olimpiade Tokyo lalu, kali ini penghelatan olahraga internasional di adakan pada saat pandemi covid-19 yang masih berlangsung. Namun hal itu tidak membuat masyarakat pesimistis dan tetap memberikan dukungan kepada atlet Indonesia melalui tayangan televisi dan streaming.

Terkait Paralimpiade Tokyo, penulis tertarik untuk menganalisis topik yang berkembang selama periode seminggu terakhir yakni 19 hingga 25 Agustus 2021. 

Pergerakan Data (Sumber: Kazee Media Monitoring)

Dalam Periode 19 hingga 25 Agustus 2021, Kazee Media Monitoring telah memetakan beberapa topik yang berkembang, dengan mendapat sebanyak 846 data yang terbagi kedua linimasa yakni, twitter sebanyak 116 data serta news sebanyak 729 data. Kata kunci yang digunakan adalah “Paralimpiade tokyo 2020”, “Paralimpiade Tokyo”, “Paralimpiadetokyo2020″, #paralimpiadetokyo”, “Paralimpiadetokyo2020”

Komposisi Topik (Sumber: Kazee Media Monitoring)
  • KBRI Tokyo Sambut Kontigen Indonesia

Kedatangan kontigen indonesia disambut oleh Wakil Duta Besar Republik Indonesia (Wadubes RI) Tri Purnajaya, Kepala Bidang Penerangan Sosial Budaya KBRI Tokyo Meinarti Fauzie dan Pejabat KBRI Tokyo Marina Magdalena Harahap. Wadubes RI Tri Purnajaya memastikan bahwa KBRI Tokyo siap mengawal seluruh Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Paralimpiade Tokyo. Keberangkatan tim para-atletik ke Tokyo ini merupakan kali pertama Indonesia berhasil meloloskan tujuh atlet dalam ajang Paralimpiade. Topik ini berada di urutan teratas dengan presentase 22,4%

  • Kontigen Indonesia Menggunakan Baju Tradisional

Baju tradisional indonesia curi perhatian saat opening ceremony Paralimpiade Tokyo 2020. Pasalnya kontingen Indonesia tampil elegan dan mewah dengan menggunakan pakaian-Pakaian Adat kebanggaan tanah air. Salah satu yang mencuri perhatian adalah busana perpaduan adat Sumatra yang digunakan oleh Hanik Puji Astuti, atlet para- menembak. Hal itu terlihat dari perpaduan antara Budaya tradisional dan modern. Kostum yang dimodifikasi menunjukkan Budaya dari Sumatra, Bali, Kalimantan, dan Papua. Topik ini berada diurutan kedua dengan presentase 21,1%

  • Bendera Afganistan Berkibar Tanpa Atlet

Selain kebahagiaan, Paralimpiade Tokyo 2020 juga dirundung duka yang cukup mengiris hati. Pasalnya acara tersebut mengadakan Aksi penghormatan dan kemanusiaan. Aksi itu berupa pawai dan pengibaran bendera Afghanistan meski tak ada satu pun atlet mereka yang dapat tampil di ajang ini. karena sebagaimana diketahui, Afghanistan tengah berada di situasi genting. Berdasarkan laporan Zakia Khudadadi akan menjadi wanita pertama yang mewakili Afghanistan di Paralimpiade. Namun pekan lalu, dia mengirimkan video yang mengatakan terpenjara di dalam rumah di Ibu Kota Afghanistan. Topik ini berada di urutan ketiga dengan presentasi 11,8%.

  • Ganjar Lepas 7 Atlet Disabilitas Jateng

Dari 23 atlet Indonesia yang dikirim, 7 di antaranya adalah atlet-atlet terbaik Jawa Tengah, 7 atlet Paralimpiade Tokyo 2020 asal Jateng itu dilepas oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo secara daring. Ketua Umum National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jawa Tengah, Osrita Muslim mengatakan, dari ketiga cabang olahraga ditargetkan membawa pulang tiga medali. “Dari ketiga cabor itu, kami targetkan atlet Jateng membawa pulang tiga medali, yakni satu perak dan dua perunggu. Topik ini berada diurutan keempat dengan presentase 11,2%

  • David Jacobs Hadir Sebagai Unggulan Kedua di Paralimpiade Tokyo

Salah satu atlet andalan Indonesia cabang tenis meja David Jacobs ditempatkan tinggi sebagai unggulan kedua. Hal tersebut berdasarkan penentuan peringkat kelas TT10, David Jacobs ditempatkan sebagai unggulan kedua. Sementara itu, unggulan pertama adalah Patryk Chojnowski dari Polandia. Topik ini menjadi topik kelima teratas dengan perolehan presentase sebesar 9,9%.

Kata Kunci Populer

Kata Kunci Populer (Sumber: Kazee Media Monitoring)

Kata ‘paralimpiade’, Tokyo’, dan ‘kontigen’, merupakan kata yang paling banyak disebut dalam media sosial. Ketiga kata tersebut didominasi oleh ceremony paralimpiade tokyo 2020, dukungan terhadap kontigen indonesia diyakini masyarakat dapat meraih hasil maksimal.

Tagar Populer

Sementara itu, tagar populer yang paling banyak disematkan di media sosial adalah #Paralympics, #tokyo2020, dan #Covid19. Hal ini berkaitan dengan penyambuatan pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020 yang secara resmi dimulai. Namun perhelatan tersebut harus dimulai sejalan dengan kasus covid-19 yang terus meningkat di Jepang, yang mengharuskan para atlet dan panitia mentaati protokol secara ketat.

Paralympics #paralympics #tokyo2020 #INA #AdadiKompas #COVID19 #KabarParalimpiade #Kemenpora #ParalimpiadeTokyo2020 #ParalimpikTokyo2020 #PemudaMajuOlahragaJaya #openingceremony

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *