Cara Mengatur Waktu Agar Tidak Tenggelam Terlalu Lama Di Media Sosial

Pic: biltmorecounseling

Pengguna media sosial tidak kenal usia, anak-anak hingga orang tua, laki-laki maupun pria. Di era modern media sosial menjadi sumber informasi dan hiburan bagi masyarakat dan mengubah cara komunikasi masyarakat modern. Media sosial memang sangat bermanfaat, karena media sosial dirancang untuk mengirimkan dan menyebarluaskan informasi secara cepat dan instan, dan media sosial pun dapat digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh.

Dibalik manfaat media sosial yang sangat banyak, ada dampak negatif yang patut di hindari oleh penggunanya. Salah satunya dengan kecanduan atau ketergantungan media sosial. Banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam untuk menatap layar ponsel pintar. Jika sudah kecanduan maka sangat sulit untuk melepas media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja dampak bagi pecandu media sosial?.

Dampak kecanduan media sosial :

  1. Gangguan Pengelihatan

Mata yang difungsikan untuk melihat layar ponsel dengan waktu yang lama dapat menimbulkan gangguan mata, seperti, mata lelah, iritasi, mata kemerahan, atau pandangan menjadi kabur.

  • Depresi dan Cemas

Jika seorang pengguna media sosial sudah kecanduan, biasanya pengguna akan mengalami sulit tidur, dan jika sudah demikian risiko mengalami depresi sangat tinggi. Pemenuhan dorongan kebutuhan untuk selalu online juga dapat meningkatkan penurunan kepercayaan diri, sehingga berpotensi mengalami kecemasan. Media sosial juga seakan-akan menjadi ajang untuk seseorang mengekspresikan diri atau memamerkan kegiatan sehari-hari. Hal ini ternyata dapat memicu rasa iri pada orang lain. Rasa iri ini bisa menimbulkan gangguan mental berupa depresi.

Lalu bagaimana cara mengurangi ketergantungan terhadap media sosial?

  1. Mengatur manajemen waktu penggunaan media sosial

Pengguna harus mengatur manajemen waktu yang baik untuk menggunakan media sosial. Batasi waktu yang dihabiskan untuk membuka media sosial setiap harinya. Anda bisa menggunakan stopwatch untuk membatasi waktu, atau Anda bisa mencatat di buku tulis agar memilah waktu yang tepat untuk membuka media sosial. Ketika sudah terbiasa untuk mengontrol waktu untuk menggunakan media sosial, lambat laun anda akan terbebas dari media sosial.

  • Mencari kegiatan lain

Mencari kegiatan lain bisa mengurangi intensitas Anda mengunjungi media sosial. Semakin sibuk Anda, tentu semakin tidak ada waktu banyak untuk Anda terpaku pada sosial media. Coba alihkan perhatian Anda pada olahraga, mengerjakan pekerjaan sampingan, atau kumpul bersama orang-orang terdekat dan jadikanlah kegiatan tersebut menjadi rutinitas harian Anda.

  • Tetapkan Tujuan

Berkaitan dengan poin no 2, satu hal yang dapat membantu menghindari membuang-buang waktu di media sosial adalah menetapkan tujuan harian. Dengan menetapkan tujuan akan membantu anda tetap fokus. Tanyakan pada diri sendiri “hari ini mau ngapain?”, seandanya anda menjawab hari ini ingin buka twitter, tanyakan juga pada diri anda “mau ngapain buka twitter”?. Jika anda sudah mengetahui anda mau ngapain, maka segera lakukanlah dan jika sudah melakukannya segera tutup twitternya dan alihkan untuk mencari kegiatan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *