Pergerakan Isu Media Terkait Inklusi Digital di Indonesia

Credit: Freepik photo created by creativeart

Berkembangnya teknologi di Indonesia harus diiringi dengan pemerataan akses teknologi bagi setiap warganya. Menurut National Digital Inclusion Alliance, kegiatan yang diperlukan untuk memastikan bahwa semua individu dan komunitas, termasuk yang paling kurang beruntung, memiliki akses dan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi disebut dengan inklusi digital.

Dikutip dari WebJunction, untuk membangun komunitas yang inklusif secara digital, dibutuhkan partisipasi dan dukungan dari semua sektor: perpustakaan, organisasi berbasis masyarakat, bisnis, pemerintah, dan pembuat kebijakan.

Saat ini, salah satu pihak yang berperan besar dalam memajukan inklusi digital atau pemerataan akses teknologi informasi di Indonesia adalah Kementerian Komunikasi dan Informasi. Dikutip dari Kominfo.go.id, Kementerian Kominfo tahun ini menggenjot infrastuktur digital agar bisa dirasakan oleh seluruh rakyart secara inklusif dan humanis. Menurut Tenaga Ahli Menteri Kominfo Lathifa mengatakan bahwa fokus Kementerian Kominfo untuk tahun 2021 melalui beberapa program dan kebijakan strategis, “Yang pertama yaitu penyediaan infrastruktur telekomunikasi, termasuk pembangunan BTS (Base Transceiver Station), akses internet dan juga Palapa Ring,”

Selain itu, Indonesia sendiri saat ini sedang memiliki proyek satelit SATRIA (Satelit Republik Indonesia) yang dirancang khusus untuk koneksi internet. Dikutip dari Wikipedia, Satelit ini dibuat oleh perusahaan Perancis, Thales Alenia Space dan akan diluncurkan oleh roket SpaceX Falcon 9. Satelit SATRIA ditujukan untuk meningkatkan kualitas layanan internet publik melalui pemerataan konektivitas di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di daerah 3T dan perbatasan.

Kazee sebagai perusahaan yang bergerak di bidang data analytic merangkum analisis pergerakan isu terkait inklusi digital melalui Kazee Media Monitoring System. Pergerakan data diambil dari periode 1 Januari 2021 sampai dengan 12 Agustus 2021 dengan kata kunci “Inklusi Digital”, “Proyek Satelit”, “Satelit Satria”

Berdasarkan analisis yang dibuat, berikut grafik pergerakan data yang berkaitan dengan kata kunci tersebut:

Isu yang paling banyak disoroti media adalah:  

  • Satelit Satria Bakal Atasi Kesenjangan Akses Internet di Indonesia

Berdasarkan isu-isu yang tersorot di media, Satelit Satria menduduki ekspos pertama dengan jumlah 25%. Hal ini berkaitan dengan Satelit Satria yang digadang-gadang bisa memberikan akses untuk menjangkau kurang lebih 150.000 titik layanan publik di Indonesia yang belum terkoneksi internet.

  • HSBC Dorong Peluncuran Satelit Satria Milik Pemerintah

Selanjutnya adalah perusahaan HSBC yang ikut tersorot pada isu inklusi digital. Hal ini dikarenakan HSBC yang tergabung dalam AIIB (Asian Infrastructure Investment Bank) ikut mendukung peluncuran satelit SATRIA. 

  • Indonesia Amankan Slot Orbit 146 BT untuk Satelit SATRIA-1

Isu lain yang muncul adalah Indonesia mengamankan slot orbit 146 BT. Isu ini mencuat dikarenakan belum lama ini Radio Regulations Board (RRB) International Telecommunication Union (ITU) menyetujui perpanjangan filing orbit Satelit Satria 1 di slot orbit 146 derajat Bujur Timur.

  • Menkominfo Kebut Pemulihan Telekomunikasi di Jayapura

Isu pemulihan telekomunikasi Jayapura paling banyak tersorot pada tanggal 14 Mei 2021. Hal ini terjadi menyusul jaringan internet Jayapura yang saat itu terputus. Menkominfo menjelaskan gangguan layanan telekomunikasi terjadi karena kabel serat optik bawah laut yang menghubungkan Indonesia Barat dan Indonesia Timur di Utara Jayapura terputus di kedalaman lebih dari 4000 hingga 4050 meter di dasar laut.

  • Wapres Minta Menkominfo Perluas Infrastruktur Digitalisasi Ekonomi

Isu selanjutnya terkait wapres yang meminta Kominfo memperluas infrastruktur digitalisasi ekonomi. Hal ini ia sampaikan di Acara Puncak ‘Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia’ secara daring. Dengan perluasan ini, diharapkan UMKM akan lebih maju secara digital.

  • EV-DCI: Daya Saing Digital Antarprovinsi RI Makin Merata saat Pandemi

Isu ini mencuat saat EV-DCI adalah East Ventures Digital Competitiveness Index mengeluarkan laporan terkait dengan daya saing digital antarprovinsi di Indonesia semakin merata. Ini terlihat dari skor median indeks meningkat dari 27,9 pada 2020 menjadi 32,1 tahun ini. Ada dua faktor utama. Pertama, pembangunan infrastruktur yang semakin merata. Kedua, pengeluaran untuk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) meningkat.

  • AIIB Kasih Pinjaman Rp2,1 Triliun ke Indonesia Buat Bangun Satelit Multifungsi

Isu terkait AIIB (Asian Infrastructure Investment Bank) mencuat dikarenakan AIIB yang siap membantu Indonesia dalam mengembangkan proyek satelit melalui pembiayaan proyek sebesar US$ 150 juta.

  • Menkominfo Penuhi Kebutuhan Digitalisasi dengan Strategi Hilir ke Hulu

Isu ini tersorot karena Menkominfo mengubah strategi pembangunan infrastruktur yang semulai dari hulu ke hilir menjadi dari Hilir ke Hulu. Menkominfo memberikan contoh akan pembangunan lebih dari 342.000 km kabel serat optik jaringan pita lebar atau backbone network di seluruh Indonesia yang ada di darat maupun di laut.

  • Fintech Startup Amartha Targetkan Penyaluran Pendanaan Rp 2,6 Triliun pada 2021

Isu selanjutnya terkait Fintech Amartha yang menargetkan penyaluran dana sebesar Rp 2,6 Triliun pada 2021. Permodalan tersebut akan disalurkan kepada lebih dari 650 ribu perempuan pengusaha mikro, kecil dan menengah di Jawa, Sulawesi dan Sumatera.

  • Menkominfo Akui Dapat Keluhan Masih Banyak Daerah Blank Spot

Isu ini mencuat terkait Menkominfo yang mendorong operator seluler memberikan komitmen yang kuat untuk menyelesaikan dan menghadirkan signal 4G di wilayah komersial yang saat ini masih Blank Spot.

Kesimpulan isu-isu yang disoroti media tentang inklusi digital adalah pemerataan akses internet bagi seluruh wilayah Indonesia yang diupayakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan mempercepat infrastruktur digital dan juga proyek satelit SATRIA akan sangat membantu hal ini jika sudah mengorbit. Selain itu, terdapat inklusi ekonomi digital yang bisa meningkatkan kinerja UMKM di Indonesia.

Referensi:

https://www.webjunction.org/explore-topics/digital-inclusion.html

kominfo.go.id/content/detail/33042/implementasikan-inklusi-digital-untuk-seluruh-masyarakat/0/berita_satker

#Kominfo #Kemkominfo #InklusiDigital #HSBC #AIIB #SATRIA #SatelitSATRIA #UMKMDigital #MarufAmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *