ELEKTABILITAS CAPRES 2024 BERDASARKAN EXPROSURE MEDIA

radioidola.com

Pesta demokrasi akan digelar pada 28 Februari 2024. Kurang lebih masih 3 tahun lagi. Namun bursa Capres 2024 sudah mulai memanas, belum ada sikap resmi partai politik untuk mengusung nama yang akan dicalonkan, namun sejumlah tokoh tanah air mulai mencuat ke permukaan.

Pesta demokrasi diera digital seperti saat ini membuat media sosial menjadi senjata utama untuk unjuk diri. Menurut peneliti lingkar survey Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby, bahkan mengatakan penggunaan media sosial adalah pendongkrak popularitas paling efektif yang bisa digunakan saat ini.

Data menunjukan sudah di atas 73 persen pemilih di Indonesia menggunakan internet, dan media sosial di atas 60 persen. Jadi jika para calon kandidat capres 2024 menggunakan media sosial dengan baik maka punya kans untuk diketahui masyarakat secara luas dan memiliki peluang untuk publik tahu apa visi dan misi mereka.

Berangkat dari hal tersebut, dengan menggunakan teknologi media monitoring, Kazee mencoba menampilkan sebuah bagan yang didalamnya telah terangkum 10 orang bakal calon capres 2024 yang paling banyak di sorot dan di bicarakan di media sosial dan media massa dalam rentan waktu 1 Juli 2021 hingga 3 Agustus 2021.

Dari hasil pemantauan dan analisis menggunakan media monitoring, penulis mengambil 3 tokoh teratas yang memiliki kans besar menjadi capres 2024 berdasarkan pandangan media.

  • Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Agus Harimurti Yudhoyono atau biasa dikenal AHY merupakan tokoh politik yang saat ini menjabat sebagai ketua umum partai demokrat. Menurut hasil analisis, AHY menduduki posisi pertama sebagai orang yang sering dibicarakan terkait capres 2024 dengan presentase 18,7%. Isu yang sedang berkembanga pada periode yang sudah ditentukan di atas ialah mengenai sejumlah kelompok UMKM yang mendeklarasikan dukungan terhadap AHY dengan tagar #jagaPDkawaldemokrasi. Selain itu juga diperkuat dengan hasil survey dari beberapa lembaga yang menyatakan elektabilitas AHY sangat baik.

  • Puan Maharani

Puan Maharani merupakan ketua DPR RI saat ini. Dari hasil analisis, Puan menduduki posisi ketiga dengan presentase 14,7% setelah AHY, Isu yang sedang hangat dibicarakan publik ialah terkait pemasangan baliho Puan Maharani yang di tebar partai PDIP. Publik beranggapan pemasangan baliho tersebut menjadi suatu sinyal pilpres 2024 yang mengusung Puan Maharani sebagai kandidat.

  • Prabowo Subianto

Prabowo Subianto merupakan  Menteri Pertahanan RI , menurut hasil analisis, Prabowo merupakan tokoh yang juga sering dibicarakan terkait capres 2024, Prabowo menduduki posisi ketiga dengan presentase 14,5%. Isu yang berkembang terkait Prabowo Subianto sebagai Capres 2024 yakni, dari sejumlah lembaga survey yang mengatakan bahwa elektabilitas Prabowo sebagai calon presiden 2024 sangat tinggi, salah satu faktor yang membuat popularitas dan elektabilitas Prabowo besar dipengaruhi oleh faktor post-election effect, dimana Prabowo telah menginvestasikan namanya dalam tiga kali penyelenggaraan Pilpres (2009,2014,2019).

Hasil analisis tersebut didapat berdasarkan jumlah ekspos terbanyak periode 1 Juli- 3 Agustus, sebagai gambaran dari perspektif media monitoring terkait pemilihan Presiden tahun 2024 mendatang.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *