Mengenal Media Yang Di Buat Oleh Public Relations

https://www.freepik.com/free-vector/organic-flat-public-relations-illustration_13182565.htm#page=1&query=public%20relations&position=20
https://www.freepik.com/free-vector/organic-flat-public-relations-illustration_13182565.htm#page=1&query=public%20relations&position=20

Media yang dibuat oleh PR adalah media untuk kalangan terbatas, bukan untuk uumum seperti media massa umum. Media yang dibuat oleh PR sering kali disebut dengan istilah private publications, seperti ; house journal, annual report, company profile, advertorial atau pariwara, brosur, billboard cetak dan elektronik.

  • House Journal adalah media korporat atau media perusahaan yang diterbitkan untuk kalangan terbatas dan tidak diperjualbelikan, seperti halnya media massa. Perhumas (Public Relations Association Of Indonesia) menamakan istilah house journal ini adalah Majalah Inggriya. Hampir setiap konvensi tahunan, Perhumas selalu menyelenggarakan festival bagi perusahaan yang mengirimkan house journal nya. House Journal adalah salah satu bentuk komunikasi PR yang paling tua.
  • Laporan tahunan atau annual report merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang berhasil diraih organisasi dalam setahun. Laporan tahunan, perusahaan jangan hanya berfokus pada penyampaian berupa data atau angka-angka semata. Tetapi juga harus bisa memberikan ide-ide serta terobosan kreatif dari aspek komunikasi, agar publik dan mitra bisnis bisa lebih percaya akan masa depan perusahaan. Disinilah dibutuhkan peranan humas atau public relation sebuah perusahaan. Laporan tahunan bukan semata bagaimana menampilkan kinerja berupa angka-angka dan grafik. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana caranya agar laporan tahunan bisa menjadi media komunikasi yang strategis sebagai alat pemasaran yang efektif bagi perusahaan
  • Company Profile merupakan produk tulisan praktisi Public Relations yang berisi gambaran umum perusahaan yang tidak sepenuhnya lengkap, detail dan mendalam sehingga perusahaan dapat memilih informasi apa saja yang ingin disampaikan secara terbuka kepada publik (Kriyantono, 2008).
  • advertorial atau pariwara sama dengan tajuk rencana, artikel atau feature, namun lebih banyak promosinya ketimbang informasi umumnya. Pemuatannya dimedia massa tidak gratis, harus bayar sebagaimana layaknya memasang iklan. Tujuan advertorial atau pariwara adalah building kendati pariwara produk atau jasa ujung-ujungnya selling product, mempromosikan sesutu produk atau jasa (iklan), dan membentuk opini tentang suatu masalah (editorial/tajuk rencana)
  • Brosur selembaran yang digunakan untuk menciptakan perhatian, pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab, dan memberikan sumber informasi lebih jauh. Bahkan brosur digunakan pula sebagai bagian dari sebuah kampanye persuasif.
  • Penyampaian informasi social melalui billboard atau bentuk lain dari non media massa (koran, majalah, dan TV). Yang membiayai kegiatan publikasi ini adalah perusahaan media iklan. Tujuan penyampaian informasi social kepada masyarakat adalah untuk membantu program pemerintah dalam menciptakan kehidupan social yang lebih baik.

Berikut merupakan penjelasan dari berbagaimacam media yang dibuat oleh Public Relations.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *