AKSI DEMO PPKM DI INDONESIA

Perkembangan Kasus Covid-19 masih menunjukkan peningkatan yang eksponensial, termasuk di luar Jawa dan Bali. Untuk itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah mengambil langkah cepat dengan melakukan sejumlah langkah antisipatif agar jumlah peningkatannya dapat segera dikendalikan.

Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, untuk beberapa daerah di luar Jawa dan Bali, juga perlu diberlakukan PPKM Darurat, melihat beberapa indikator peningkatan kasus yang terjadi. Akan tetapi PPKM darurat di sejumlah wilayah Jawa-Bali menuai penolakan dan mengancam akan melakukan aksi demo.

Sementara itu, PT. Kazee Digital Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang data analytics mencatat selama periode 10 Juli sampai dengan 17 Juli 2021 menarik atensi hingga 10.310 data media daring. Data tersebut terbagi dalam 9.050 cuitan Twitter, 1.240 berita media massa daring, 19 unggahan video Youtube, 5 artikel blog, 2 unggahan Instagram, dan 2 unggahan Facebook.

Puncak isu topik ini berada pada 16 Juli 2021, bertepatan dengan kabar perpanjangan PPKM Darurat oleh Pemerintah hingga akhir Juli 2021. Isu yang dibahas pada puncak data ini diantaranya;

  • Epidemolog sebut Pemerintah seharusnya mengevaluasi Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat secara total terlebih dahulu sebelum memutuskan memperpanjang masanya.
  • Sejumlah mahasiswa di Ambon menggelar aksi demo menolak penerapan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro. Aksi penolakan di depan kantor Wali Kota Ambon ini berujung ricuh.
  • Beredar Seruan Tolak PPKM Darurat di Pekalongan. Informasi tersebut berisi ajakan kepada pedagang yang terdampak, untuk turun ke jalan Menolak PPKM Darurat. Polda Jateng hingga kini tengah menyelidiki siapa pembuat pertama pesan ajakan aksi penolakan PPKM ini.

Sedangkan ekspos di sosial media, Twitter merupakan platform paling mendominasi selama periode analisis 10 – 17 Juli 2021, terlihat ekspos tertinggi di linimasa Twitter di dominasi pada tanggal 16 Juli 2021, Isu yang beredar di sosial media berkaitan dengan;

  • Jembatan Suramadu dijebol oleh warga, pada tanggal 16 Juli ramai dicuitkan Warga Madura menolak PPKM selama 6 minggu.
  • Cuitan viral lainnya terkait dengan warga yang menolak bayar denda karena PPKM, dan lebih memilih dipenjara, warga net ramai mencuitkan bagaimana apabila PPKM ditambah selama 6 minggu.
  • Tolak PPKM Pekalongan ,Medan Belawan, Lampung, Para pedagang, warga, awak bus marah lawan satgas PPKM yang menertibkan dan menutup kegiatan warga.
  • Aksi dari Mahasiswa IAIN Ambon Menolak PPKM & Menolak TKA/TKC yg datang di Maluku.
  • Ratusan Pemuda Diringkus Polisi, Usai Rusuh Menolak PPKM Darurat di Kota Pasuruan.
  • Tolak PPKM dari Aliansi Muslim Kota Banjar (Almuktabar) & Keluarga Besar Pedagang Pasar Kota Banjar (KBPPB)
  • Aksi Tolak PPKM di Pendopo Garut.
  • Buntut Demo PPKM dan ditahannya mahasiswa. Demonstrasi masih terus berlangsung menuntut mahasiswa yang ditahan.
  • Aksi Mahasiswa UIN Samata Gowa, Menolak PPKM.
  • Demo Mahasiswa Ambon Tolak PPKM Mikro, Warga di Kota Banjar Demo PPKM Darurat Berakhir Ricuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *