Top Person Terkait Ekonomi Digital Berdasarkan Pergerakan Data

cr picture: freepik

Perkembangan digital dan juga industri membawa dampak terhadap perekonomian suatu negara. Perekonomian tak luput dari kegiatan bisnis dan juga komunikasi. Dikutip dari Deolitte, ekonomi digital adalah kegiatan ekonomi yang dihasilkan dari miliaran koneksi online setiap hari antara orang, bisnis, perangkat, data dan proses. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekonomi digital.

Berdasarkan data perkembangan ekonomi Indonesia yang dikutip dari laporan Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Puslitbang Aptika dan IKPT Kementerian Komunikasi, era ekonomi digital berlangsung sejak tahun 1980-an dengan menggunakan personal computer (PC) dan juga jaringan internet. Seiring berjalannya waktu, ekonomi digital berkembang dan melahirkan e-commerce.

Saat ini Indonesia sudah memasuki era industri 4.0 yang dapat menjadi langkah awal untuk mengembangkan ekonomi digital secara nasional. Pada penelitian yang dilakukan oleh McKinsey&Company di tahun 2018, perekonomian digital di Indonesia diprediksi memiliki consumption revenue sekitar $20 triliun pada tahun 2022. Tentunya hal ini akan sangat menjanjikan bagi lini ekonomi di Indonesia.

Isu terkait perekonomian digital tidak terlepas dari tokoh-tokoh yang berperan di belakangnya. Bagan di bawah merupakan hasil sejumlah tokoh yang terangkum dalam kategori Top Person Terkait Ekonomi Digital dalam media monitoring Kazee dalam periode 17 Juli 2021 sampai dengan 23 Juli 2021:

Dari hasil media monitoring yang dilakukan, penulis akan mengambil Top 3 Orang Teratas yang sering dibicarakan terkait dengan ekonomi digital Indonesia.

  1. Hendri Mulya Syam

Hendri Mulya Syam merupakan tokoh yang paling banyak mendapatkan sorotan media monitoring berdasarkan sistem Kazee. Ia menjabat sebagai direktur utama Telkomsel. Isu yang sedang berkembang terkait dengan Hendri Mulya dan ekonomi digital yaitu mengenai Telkomsel yang menyalurkan hewan kurban hingga ke pelosok negeri. Dalam isu terkait, Telkomsel bekerjasama dengan beberapa mitra diantaranya komunitas kerohanian Islam Majelis Telkomsel Taqwa (MTT), lembaga sosial terpercaya, yayasan, platform crowdfunding seperti KitaBisa.com, hingga startup digital Ternaknesia yang merupakan salah satu peserta program NextDEV Telkomsel sebagai penghubung UMKM peternak lokal.

2. Bahlil Lahadalia

Bahlil Lahadalia merupakan tokoh kedua terbanyak yang mendapatkan sorotan media monitoring berdasarkan sistem Kazee. Ia menjabat sebagai Menteri Investasi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia. Isu yang berkembang terkait dengan Bahlil Lahadalia dan ekonomi digital yaitu mengenai investasi Microsoft yang akan membangun pusat data di Indonesia. Dalam komitmen investasi dengan Microsoft, Microsoft memiliki komitmen jangka Panjang di Indonesia mengenai tema ‘Berdayakan Ekonomi Digital Indonesia’. Selain itu, investasi Microsoft di Indonesia tak luput dari kerjasama dengan UMKM sesuai perintah UU Cipta Kerja, setiap investasi harus ada kolaborasi dengan pengusaha daerah yang profesional.

3. Mark Jacobsohn

Mark Jacobsohn merupakan tokoh ketiga terbanyak yang mendapatkan sorotan media monitoring berdasarkan sistem Kazee. Ia merupakan Vice President of Azure Global Microsoft. Isu yang berkembang terkait dengan Mark Jacobsohn dan ekonomi digital adalah terkait investasi Microsoft di Indonesia untuk membangun pusat data. Proyeksi dampak ekonomi yang diharapkan dengan adanya investasi ini adalah menciptakan sumber pendapatan baru bagi Microsoft, penciptaan lapangan pekerjaan baru dan lapangan kerja professional di bidang teknologi informasi. Selain itu tema ‘Berdayakan Ekonomi Digital Indonesia’ akan merangkul berbagai pihak seperti pelayanan publik, pengembang (developer), dan ekosistem startup

Berdasarkan data yang terekspos di media monitoring Kazee pada periode 17 Juli 2021 sampai dengan 23 Juli 2021 mengenai isu ekonomi digital Indonesia, dapat disimpulkan bahwa terjadinya pengembangan teknologi digital selalu diiringi dengan Kerjasama UMKM daerah yang terdapat di Indonesia. Hal ini akan membuat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia akan terus berkembang.

Referensi:

Aptika Puslitbang&IKP. (2019). Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia: Strategi dan Sektor Potensial.

McKinsey&Company. (Aug, 2018). The Digital Archipelago: How Online Commerce is Driving Indonesia’s Economic Development.

Media Monitoring System Kazee

#EkonomiDigitalIndonesia #EkonomiDigital #HendriMulyaSyam #BahlilLahadalia #MarkJacobsohn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *