6 Ide Konten Menarik Untuk Media Sosial

Tak jarang kita merasa kebingungan saat ingin membuat suatu konten yang menarik agar memiliki banyak traffic, entah untuk produk kita, atau konten pribadi. Sebenarnya salah satu kunci dalam menggunakan media sosial untuk bisnis adalah dengan rajin memposting konten. Dalam satu hari, setidaknya akun media sosial Kamu bisa mengunggah 2 sampai 3 konten. Isi atau tema konten tersebut pun harus dibuat beragam dan informatif secara kreatif, agar dapat memberikan manfaat kepada konsumen. Tak dapat dipungkiri memang membuat konten yang tepat sasaran tidaklah mudah. Ide-ide harus terus mengalir untuk tetap menjaga akun media sosial bisnis Kamu tetap aktif dan efektif. Untuk itu, kali ini Kami akan berbagi dasar ide membuat konten media sosial.

Yang Sedang Trending

Konsumen Kamu mengakses internet dan membuka media sosial untuk mencari tau informasi dan hal-hal baru. Maka tak heran jika mereka cenderung mengabaikan informasi yang kurang update dan fokus pada hal-hal yang sedang ramai dibicarakan. Olah topik trending tersebut menjadi konten media sosial Kamu. Namun, Kamu pun perlu berhati-hati dalam memilih mana yang sesuai dengan bisnis Kamu.

Jangan sampai topik trending yang Kamu gunakan melenceng jauh dengan kepribadian brand bisnis yang Kamu usung. Selain itu, Kamu pun perlu memperhatikan sensitivitas topik. Apakah pantas untuk dijadikan konten dengan nada santai atau serius. Tentunya Kamu tidak ingin konsumen mempunyai kesan buruk terhadap bisnis Kamu.

Pemakaian Produk


Foto produk layaknya katalog sudah ketinggalan jaman. Konsumen Kamu tidak ingin melihat bagaimana bentuk produk yang Kamu tawarkan dipotret di depan latar berwarna putih. Lakukan pemotretan untuk menunjukkan produk saat digunakan. Dengan begitu, konsumen pun mempunyai gambaran yang jelas bagaimana produk Kamu nantinya saat digunakan sesuai fungsinya

Produk Kamu pakaian olahraga? Maka, potret produk pakaian saat sedang digunakan berolahraga: berlari, fitness, yoga, dsb. Jangan memotretnya saat digunakan oleh model yang berpose layaknya boneka maneken.

Gaya Hidup


Siapakah konsumen Kamu? Bagaimanakah sepertinya gaya hidup mereka? Buatlah konten yang mencerminkan gaya hidup target konsumen Kamu. Dengan begitu, mereka dapat menemukan relevansi antara kehidupan sehari-harinya dengan produk yang Kamu tawarkan.
Jika konten pemakaian untuk pakaian olahraga berupa foto-foto saat digunakan untuk berlari, maka konten gaya hidup tak selalu memperlihatkan saat pakaian tersebut dikenakan. Contohnya saja pakaian olahraga yang sedang dikemas dalam koper dibawa traveling dengan caption: “Liburan iya, lupa olahraga jangan.“

Tema Brand yang Diusung


Tunjukkan tema yang diusung oleh brand bisnis Kamu dengan mengangkatnya menjadi konten media sosial. Contohnya saja Kamu menyediakan pakaian olahraga yang bisa digunakan oleh siapa saja, termasuk perempuan muslim. Maka Kamu bisa mengangkat bagaimana sulitnya perempuan muslim untuk menemukan pakaian olahraga yang nyaman dan tertutup.

Infografik Mini


Seperti yang disebutkan sebelumnya, konsumen Kamu membuka media sosial untuk mencari tau informasi dan hal-hal baru. Kamu pun dapat menyediakan informasi tersebut dalam wujud infografik mini yang mudah dan cepat dibaca. Pastikan pula informasi yang Kamu angkat menjadi infografik relevan dengan konsumen Kamu.

Behind The Scene


Tunjukkan sisi lain dari bisnis Kamu. Behind the scene dapat Kamu jadikan kesempatan untuk menunjukkan konsumen bagaimana bisnis Kamu berjalan. Kontennya bisa saat produksi produk dan proses pengiriman. Melalui konten tersebut, Kamu bisa menunjukkan bahwa bisnis Kamu dapat dipercaya. Kamu pun bisa mengingatkan konsumen bahwa dibalik layar masih terdapat tenaga yang siap melayani mereka dengan senyum. Yakni melalui konten yang mengangkat kegiatan karyawan atau orang-orang yang turut andil dalam operasional bisnis, seperti acara liburan bersama perusahaan.

Source: Storelogy.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *