Pentingnya Visual Branding Dalam Kegiatan Pemasaran

Pic: rencanamu.id

Salah satu cara yang sangat mempengaruhi kegiatan pemasaran produk di sebuah perusahaan ialah dengan visual branding. Visual brand sendiri merupakan sebuah tanda, simbol, atau sebuah identitas dari sebuah produk yang mempunya ciri khas tersendiri. Sehingga, hal ini menjadi suatu pembeda antara simbol produk yang satu dengan produk yang lainnya, karena jika suatu produk tidak memiliki visual branding yang baik, ini akan menjadikan produk terlihat tidak menarik.

               Hasil yang didapatkan dari visual brand, yang sebenernya cukup kompleks. Namun hal ini lebih ke long term goal. Yaitu, sebuah cara untuk membuat pemasukan lebih dan terjadi transaksi secara kontinuitas terhadap brand produk itu sendiri. Visual branding sendiri bukan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan atau omset secara temporer atau sporadis. Karena hal ini merugikan bisnis.  Ada setidaknya tiga elemen penting dalam visual branding, diantaranya  :

  1. Warna produk.
  2. Brand logo atau merk berbentuk visual.
  3. Komposisi elemen penyusunnya.

Bagi seorang pebisnis, pastinya mereka tahu betapa pentingnya nilai dari brand image. Selain bisa dijadikan sebagai identitas sebuah produk, ternyata visual branding ini juga turut berguna untuk menumbuhkan loyalitas para konsumen. Makin tinggi loyalitasnya terhadap sebuah produk, hal ini membuat nilai jualnya bisa semakin tinggi. Berikut ini adalah cara untuk menerapkan strategi visual branding yang benar, antara lain:

Buat tampilan produk yang enak dilihat.

Dengan membuat tampilan produk yang eye catching, hal ini akan membuat brand produk Anda semakin menarik perhatian para konsumen. Tentu saja hal ini bisa mempengaruhi sikap, emosi, perasaan, dan opini pelanggan terhadap brand yang Anda miliki. Gambar yang terlihat menarik ini bisa juga digunakan untuk meningkatkan strategi marketing dengan baik untuk publikasi produk.

Anda bisa melihatnya dari banyaknya tampilan logo yang saat ini, banyak orang langsung mengenal logo yang dilihatnya secara langsung. Hal ini tentu saja terjadi berkat strategi visual branding yang baik. Sehingga, hal ini membuatnya mampu menciptakan daya tarik yang besar lewat konven visual yang disajikan dengan baik. Maka dari itulah, menggunakan strategi visual branding adlaah hal yang sangat penting sekali.

Perhatikan Gaya yang digunakan

Brand itu punya banyak ragamnya. Misalnya saja, seperti bersemangat, berani, pintar, humor, dan juga otentik. Anda Cuma butuh membuat brand Anda terlihat lebih hidup. Sehingga, hal ini akan membuat brand Anda bisa menciptakan ikatan diantara konsumen dengan Anda, sekaligus menentukan kepribadian Anda dengan baik. Dengan penentuan gaya visual inilah akan membuat visi misi perusahaan saling berhubungan.

Ciptakan Pesan yang Memorable Selain beberapa hal tersebut, jangan lupa untuk menyisipkan pesan yang jelas dan harus memorable. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu memahami dengan baik tentang brand Anda dengan jelas. Anda harus bisa memberikan gambaran yang jelas tentang brand Anda tersebut. Sehingga, brand itu nanti bisa menyampaikan pesan dengan jelas dan lebih komunikatif terhadap customer. Dari situlah para customer nanti akan lebih mudah memahami dengan baik tentang seperti apa sih perusahaan Anda dan apa tujuannya. Selain harus dibuat dengan jelas, jangan lupa untuk membuat konten secara visual. Sehingga, hal ini akan mempermudah orang-orang untuk mengingat brand Anda tersebut. Yang pasti, jangan lupa mengemas brand Anda menjadi experience yang memiliki m

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *