Penerapan Big Data Untuk Pengembangan Bisnis

Pic: www.liputan6.com

Pasti kamu sudah tidak asing lagi atau pernah mendengar istilah Big Data, perlu kita ketahui saat ini big data merupakan elemen penting untuk menjadi acuan dalam membuat suatu keputusan yang lebih tepat, sehingga kita memiliki langkah demi langkah yang terstruktur untuk mencapai target. Maka dari itu saat ini big data di anggap sebagai the new gold. Namun apa sih arti sesungguhnya big data ?. singkatnya Big Data ialah pengumpulan dan penggunaan informasi dari berbagai sumber dengan jumlah yang besar untuk membuat suatu keputusan yang lebih baik. Big data bisa dibilang sebagai sebuah konsep tentang kemampuan kita untuk mengumpulkan, menganalisa, dan mengerti jumlah data yang besar yang datang setiap harinya.

               Saat ini Big Data telah digunakan dalam banyak bisnis, karena yang telah disebutkan diatas tadi, bahwa big data digunakan untuk  menganalisis wawasan yang mengarah kepada pengambilan keputusan yang lebih baik khusunya dalam sebuah bisnis. Big data sebagai salah satu teknologi yang berpengaruh pada revolusi industri 4.0. Pengaruh tersebut karena big data memiliki fungsi yang dapat menciptakan wawasan bisnis dari sejumlah data yang belum pernah dipakai dalam dunia digital dengan melakukan analisis. Hal ini akan sangat berguna bagi pelaku bisnis untuk mencari tren atau inovasi baru yang dapat diterapkan pada bisnis yang sedang dijalani. Namun harus kita cermati bahwa untuk menghasilkan suatu wawasan bisnis, sesorang harus memahami perubahan data. Perubahan data tersebut meliputi dokumen, foto, musik, dll.

               Dilansir dari gamelab.id, “Sebuah studi tahunan IDC yang terbaru tentang dunia digital telah memperlihatkan peningkatan data dua kali lipat setiap 2 tahun sampai 2020. Pada tahun 2020, IDC memprediksi bahwa 62% dunia digital akan berasal dari negara berkembang. Dari data tersebut dapat kita lihat bahwa dari negara-negara berkembang bisa menjadi sumber dari perubahan data yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Atau sebagai sebuah market untuk mendirikan sebuah bisnis yang baru di negara-negara tersebut”.

               Big data sendiri memliki 3 karateristik, yang dapat memberikan solusi bagi para pengusaha untuk mengidentifikasi adanya peluang baru yang untuk dapat dikelola.

  • Volume

Big data merupakan sebuah kumpulan data yang sangat besar yang dapat berfungsi sebagai pengumpul data dari berbgai sumber. Data yang terkumpul  sangat bervariasi, seperti data transaksi, media sosial, hingga data yang didapat dari sensor otomatis mesin.

  • Variasi

Banyaknya data yang masuk dan terakumulasi di dalam sebuah big data, tentunya memiliki variasi-variasi tertentu dan unik. Data yang sangat bervariasi tersebut dapat berupa dokumen, foto, video, email, database,dan masih banyak variasi data lainnya yang terdapat dalam sebuah big data.Volume

  • Kecepatan

Sebagai sebuah kumpulan data dan dengan banyaknya data yang terkumpul, maka membutuhkan arus dengan kecepatan tinggi untuk mengatasi traffic pada data yang masuk. Dari data-data yang masuk tersebut, nantinya akan didistribukan secara tepat  sehingga dapat disajikan secara real-time melalui perangkat.

  • Validitas

Data yang diambil adalah harus benar dan akurat sesuai dengan yang ingin digunakan. Data yang valid merupakan salah satu kunci di dalam pengambilan keputusan yang tepat.

  • Veracity

Mengacu kepada inkonsistensi data yang sewaktu-waktu dapat terjadi, sehingga menghambat proses pengolahan dan manajemen data secara efektif.

               Lalu bagaimana penerapannya dalam sebuah bisnis ?, penerapan big data dari satu bisnis ke bisnis yang lain tentunya tidak sama, bahkan jika dilihat dari jenis bisnis dan karakteristik pasarnya. namun penerapan ini lebih dapat dirasakan manfaatnya oleh pelaku bisnis yang dengan jumlah konsumen yang besar. Contohnya ialah Gojek atau Grab, jika diperhatikan lebih cermat, pemberian bonus atau potongan harga, voucher dan rekomendasi dari aplikasi Gojek akan muncul setelah kita melakukan sebuah transaksi. Biasanya rekomendasi yang akan diberikan masih berhubungan dengan riwayat transaksi atau penjelajahan kita. Hal itu merupakan salah satu inovasi pelayanan sekaligus pemanfaatan dari adanya big data yang mereka miliki.

Adanya big data ini tentu saja menjadi sebuah angin segar bagi pelaku bisnis, dimana bisa menjalankan sebuah bisnis dengan lebih efektif dan efisien dengan menggunakan kumpulan data pelanggan yang dimilikinya. Sehingga pelaku bisnis dapat dengan mudah untuk menigkatkan pelayanan maupun produknya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelangannya, dan untuk menentukan penyebab kegagalan, masalah, dan kekurangan dalam model bisnis di waktu yang bersamaan. Hal ini menjadikan big data sebagai sebuah acuan untuk membuka bisnis yang lebih mudah dan efektif untuk menarik dan menjaga loyalitas pelanggannya, dengan catatan kita untuk hasil yang maksimal, pelaku bisnis harus dapat mengelola data tersebut dengan sebaik-baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *