Kamu Wajib Tahu Istilah Ini sebelum Masuk ke Pasar Kripto!

Aset kripto mulai ramai diperbincangkan setelah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) mengatakan bahwa akan membuat Bursa Aset Kripto di Indonesia. Berdasarkan data dari Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia, investor kripto yang berada di Indonesia saat ini sudah mencapai kurang lebih 5 juta orang. Tercatat juga bahwa 20% dari investor kripto merupakan kaum wanita. Jika dilihat dari segi jumlah, investor kripto sudah melebihi jumlah investor saham yang ada di Indonesia. Kripto sudah banyak diperbincangkan sejak nilainya yang terus meningkat dan juga investasi Tesla ke Bitcoin sebesar US $1,5 miliar. Jika anda mulai tertarik untuk terjun ke dunia investasi aset kripto, ada baiknya anda mengetahui beberapa istilah yang sering dijumpai dalam dunia kripto. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Blockchain

Blockchain merupakan unsur utama dalam dunia cryptocurrency. Blockchain adalah ruang yang mengelola dan memvalidasi setiap aset kripto. Blockchain adalah catatan transaksi individu atau bisa disebut blok, dimana catatan ini dihubungkan dalam satu daftar yang disebut chain (rantai). Blockchain diamankan menggunakan kriptografi.

FOMO

FOMO adalah singkatan dari Fear of Missing Out. Istilah ini adalah istilah yang digunakan untuk rasa takut akan ketinggalan atau cemas jika tertinggal. Biasanya, istilah ini digunakan saat satu koin kripto sedang berada pada tren positif dan harga terus naik, trader kripto yang FOMO akan membeli koin tersebut tanpa sadar bahwa harga koin yang seharusnya dibeli tidak setinggi itu. Akibatnya, koin kripto yang dibeli oleh trader yang FOMO akan “nyangkut” di harga tinggi dan harus menunggu waktu lama untuk mendapat profit atau bahkan bisa saja mengalami kerugian akibat beli di harga tinggi.

Pump dan Dump

Pump dan Dump adalah istilah yang digunakan saat seseorang atau sekelompok orang berencana untuk menghasilkan keuntungan dengan memompa aset ke pasar. Di Indonesia sendiri istilah “pump” lebih sering dikenal dengan “Pom-Pom”. Sedangkan untuk istilah “dump” bisa berarti pasar yang sedang merosot. Dump terjadi karena investor sudah mencapai profit dari koin yang sudah berada di harga tinggi dan menjual koinnya sehingga harga koin tersebut akan bergerak turun.

HODL

HODL adalah sebuah pelesetan dari kata “HOLD”. Namun, kata HODL bisa juga berarti “hold on for dear life”. Istilah ini biasa digunakan untuk tetap memegang aset kripto walaupun pasar sedang berada dalam kondisi yang fluktuatif atau dalam tren negatif.

ATH

ATH adalah singkatan dari All Time High. ATH digunakan untuk menyatakan suatu aset kripto yang memiliki harga tertinggi (atau kapitalisasi pasar) yang dicapai suatu aset sejak listing atau permulaannya.

Altcoin (ALT)

ALT adalah singkatan dari Alternative. ALT digunakan untuk menunjukan koin-koin alternatif selain Bitcoin.

WHALE

Whale atau Bitcoin Whale adalah istilah yang digunakan untuk menyebut investor atau trader yang merupakan orang kaya. Biasanya seorang Whale memiliki ratusan atau ribuan keping Bitcoin. Pergerakan Whale akan sangat memengaruhi pasar kripto karena jumlah transaksi mereka tidak sedikit pada suatu koin kripto. Whale ini juga berperan besar dalam skema Pump dan Dump pasar kripto.

Wallet Cryptocurrency

Dompet mata uang kripto atau Wallet Cryptocurrency adalah program software yang merupakan kunci yang digunakan untuk mengirim dan menerima berbagai token cryptocurrency dalam jaringan blockchain.

Bearish dan Bullish

Jika anda pernah berinvestasi saham, dua istilah ini mungkin sudah tidak asing untuk anda. Bearish adalah kodisi pasar dimana adanya penurunan harga sedangkan bullish sebaliknya.

To the Moon

Istilah To the Moon biasa digunakan untuk koin yang sedang memiliki tren kenaikan harga dan bisa saja menyentuh nilai tertinggi.

FUD

FUD merupakan singkatan dari Fear, Uncertainty, and Doubt. Perasaan-perasaan tersebut adalah taktik psikologi yang berada di pasar kripto dan akan dirasakan oleh para investor kripto. Banyak investor yang ingin membeli sebuah koin di harga murah dengan cara menaikan kabar atau berita negatif terkait pasar kripto yang akan membuat FUD ini dirasakan oleh para investor kripto.

Masih banyak istilah lain yang mungkin belum terbahas di artikel ini. Beberapa istilah lain dalam pasar kripto bisa anda temukan di istilah-istilah pasar saham karena memiliki kemiripan. Jika anda ingin memulai perjalanan investasi di pasar kripto, beberapa istilah di atas mungkin bisa sedikit membantu agar anda tidak terlalu bingung dengan perbincangan atau analisis para investor kripto. Jadi, apakah anda sudah siap untuk berinvestasi di pasar kripto sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *