Istilah-Istilah Yang Wajib Diketahui Programmer Pemula!

Jika kita mengunjungi suatu tempat dan bertemu dengan sejumlah orang baru kita temui tentu kita mengetahui dari cara berkomunikasi dan dari segi bahasa pasti berbeda, terlebih jika mengunjungi tempat asing. Nah dalam pemrograman bila di analogikan akan seperti itu, terdapat istilah atau bahasa pemrograman yang mungkin terkesan asing bagi pemula. Bila kamu akan terjun langsung dalam dunia pemrograman dari nol berikut 5 istilah yang wajib kamu tahu.  Seperti yang dilansir pada https://codingstudio.id/istilah-pemrograman/ terdapat istilah-istilah pemrograman yaitu :

  • ASCII

ASCII adalah singkatan dari (American Standard Code for Information Interchange) sesuai dengan singkatan tersebut ASCII merupakan standar internasional yang merujuk pada pengkodean huruf dan symbol. Tentu kita mengetahui bahwa Bahasa komputer hanya dapat memproses angka  0 dan 1 yaitu angka biner, angka-angka bilangan decimal seperti 1, 10, 50 dan lainnya. Untuk lebih jelasnya di bawah ini merupakan table ASCII

Bila dicermati lebih teliti lagi pada gambar table diatas, karakternya tidak terbatas pada huruf dan angka saja, contoh kila lihat pada angka decimal pada nomor 24 pada table ASCII diatas mempresentasikan cancel. Hal ini mengambarkan bahwa pada komputer karakter tersebut dimengerti secara numeric, angka, dan decimal namun dapat dimengerti pula oleh manusia.

  • Boolean

Boolean secara sederhana memiliki pengertian suatu data yang memiliki dua nilai yaitu True dan False, namun bila di terjemahkan ke dalam bentuk integer (pemograman) memiliki nilai 1 untuk true 0 untuk false. Dengan kedua nilai ini umumnya Boolean di gunakan untuk pencabangan kode program. Yaitu kode mana yang harus di jalankan terlebih dahulu dalam kondisi tertentu. Oleh sebab itu tipe kode Boolean sering di temui di operasi logika seperti kondisi IF atau Looping. Berikut contoh pengunaan tipe data Boolean yang dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini :

  • API

API secara istilah ialah Aplication Programmer Interface. API juga merupakan  sekumpulan intruksi program dan protocol yang bagaimana sebuah perangkat lunak saling terintegrasi dengan perangkat lunak lainnya. Umumnya sekumpulan protocol tersebut disebut dengan library. Di bawah ini ada contoh ilustrasi dari API :

dengan adanya API proses pengembangan aplikasi menjadi lebih cepat dan singkat, dengan adanya API para developer tidak perlu mengembangkan kode dari nol. Para develover hanya perlu mengembangkan API yang tersedia untuk mendukung fitur-fitur pada program atau pada perangkat lunak mereka.  

  • Pseudocode

Secara bahasa pseudocode terdiri dari 2 kosa kata yaitu pseudo dan code, secara bahasa Indonesia pseudo berarti imitasi menyerupai atau mirip dan sementara code merujuk pada kode bahasa pemograman. Sementara itu secara istilah Pseudocode merupakan code yang menggambarkan algoritma yang ditulis dengan lebih sederhana dan lebih bebas karena tidak terikat pada bahasa pemrograman tertentu. Contohnya adalah algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan genap atau ganjil seperti gambar di bawah ini

Penulisan pseudocode ini sangat membantu manusia, terutama kita yang baru akan menekuni dunia programming, untuk dapat lebih memahami cara menyelesaikan suatu permasalahan. Penulisan pseudocode ini dapat membantu kita untuk menuliskan algoritma penyelesaian dengan lebih runtut sebelum nantinya akan diterjemahkan ke suatu bahasa pemrograman tertentu.

  • IDE

IDE adalah kepanjangan dari Integrated Development Environment, yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yaitu Lingkungan Pengembangan Terpadu. Lantas apa maksud dari IDE ini? Ide ini berfungsi sebagai lingkungan pengembangan aplikasi dan secara umum IDE ini memiliki fasilitas pendukung untuk programing seperti :

  • Editor berfungsi sebagai tempat kita menuliskan kode program
  • Compiler berfungsi sebagai untuk menjalankan kode program yang di tuliskan di editor
  • Debugger dengan kata lain debugger memeriksa debug atau kesalahan pada kode program
  • Frame/views berfungsi untuk menjalankan atau menujukan atau menampilkan hasil dari program yang di jalankan sebelum nya

Di bawah ini merupakan ilustrasi dari IDE

Istilah tersebutlah yang wajib di ketahui bagi yang ingin terjun langsung ke dunia pemrograman, istilah ini cukup penting karena dengan pemrograman kita dapat memerintah komputer sesuai dengan alur berfikir yang kita inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *