Aplikasi Powerfull Untuk Mendukung Efektifitas Bisnis Online

Pic : wirtoyo.com

Tidak sedikit orang ingin menjalankan usaha namun masih bingung atau ragu, karena membangun sebuah usaha diperlukan modal dan tentunya konsep yang matang. Namun sebenernya jika kamu menyadari zaman sekarang tidak ada hal yang sulit karena kita dapat memanfaatkan kemajuan teknologi, teknologi tersebut dapat memudahkan kita dalam melakukan segala hal termasuk membangun usaha.

               Tren saat ini ialah membangun sebuah bisnis online, karena bisnis online sangat fleksibel, karena dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, selain itu bisnis online tidak memerlukan biaya yang besar dan juga dapat menjangkau pasar yang luas. Dalam menjalankan bisnis online tentu saja kamu harus dapat membentuk manajemen bisnis yang terkonsep agar bisnis online dapat berjalan dengan baik. Sesuai judul diatas maka kali ini saya akan membagian beberapa aplikasi yang powefull untuk mendukung bisnis online kamu, karena dalam bisnis online akan sangat baik bila kamu memanfaatkan aplikasi bisnis online dalam mempermudah mengoperasikan sekaligus mempermudah alur  bisnis yang kamu jalani, berikut aplikasi yang dapat kamu manfaatkan.

  1. Aplikasi Akuntansi/Finansial

Keungan bisnis yang sehat harus selalu kamu jaga, untuk mempermudah mengontrol arus kas keungan bisnis seperti pengeluaran, laba, hingga membuat perencanaan keuangan lainnya kamu dapat memanfaatkan aplikasi berikut :

  • QuickBooks : dengan layanan akuntansi dan keuangan oleh QuickBooks, Kamu bisa mengotomasikan beragam hal tanpa harus mengurusnya secara manual sehingga Kamu bisa fokus ke hal-hal lain. Layanan serupa yang bisa Kamu coba adalah Freshbooks.
  • MoneyLover : aplikasi ini cukup ringan dan memiliki tampilan UI yang bagus. Pemakaiannya pun sangat mudah. Juga tersedia di Google Play, iOS App Store, dan Windows Store. Aplikasi serupa seperti Wallet by BudgetBakers dan Expensify pun bisa menjadi pilihan.

2. Layanan Pembuatan Toko Online

Zaman serba maju seperti saat ini kita tidak perlu memiliki kemampuan programer untuk membuat toko online yang fungsional dan memiliki tampilan yang menarik. Karena sudah banyak sekali layanan pembuatan toko online yang dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan sebuah toko online sebagai wadah untuk kamu berjualan dan mendongkrak penjualan bisnis kamu. Diantaranya :

  • Facebook Fanpage

Apabila kamu sudah memiliki website toko online sendiri, kamu wajib memiliki Facebook Fanpage karena,Fanpage Facebook merupakan paket komplit untuk menjadi toko online yang siap mengudara karena berbagai fitur dan fasilitasnya. mengingat pengguna sosial media ini menempati urutan teratas dari sosial media lainnya di Indonesia. Sayangnya, masih banyak pemilik toko online atau pebisnis online yang belum bisa memanfaatkan Fanpage Facebook secara maksimal.

  • Manfaatkan Online Marketplace Indonesia

Jika kamu belum memiliki website toko online pribadi kamu dapat memanfaatkan Online Marketplace yang ada di Indonesia, ada 3 online marketplace yang paling besar di Indonesia yakni, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Disitu kamu dapat membuat toko online dengan menyimpan nama dan banner toko online kamu, disanapun terdapat fitur untuk beriklan agar toko kamu meraih pasar yang luas, meskipun harus mengeluarkan biaya untuk beriklan, ini cukup efektif, karena ketiga online marketplace tersebut merupakan yang terbesar di Indonesia.

3. Media Sosial dan Email Marketing

Selain memiliki online marketplace, kamu juga wajib memiliki media sosial untuk toko online kamu, karena Bisnis online sekarang ini direkomendasikan untuk memiliki profil media sosial demi mencakup pasar yang lebih luas dan membangun relasi dengan pelanggan dengan baik, begitu juga dengan email marketing. Oleh karena itu, gunakan aplikasi/layanan berikut untuk memudahkan Kamu terhubung dengan audience kamu. Oleh karena itu, gunakan aplikasi/layanan berikut untuk memudahkan Kamu terhubung dengan mereka:

  • Hootsuite : dengan aplikasi ini, Kamu bisa mengorganisir dan menjadwalkan postingan ke beragam media sosial kamu.
  • Buffer : sama seperti Hootsuite, kamu bisa menentukan jadwal setiap postingan ke beragam media sosial Kamu dan Buffer akan memostingnya untuk Kamu secara otomatis.
  • Mailchimp : kumpulkan email pelanggan kamu dan tetaplah terhubung dengan mereka lewat email marketing. Mailchimp akan membantu Kamu memudahkan prosesnya

    4. Desain Grafis

Karena pemasaran yang dilakukan sepenuhnya secara online, maka Kamu perlu memiliki digital asset seperti konten video maupun konten visual grafis lainnya. Coba beberapa alat berikut untuk membuat digital asset:

•    Canva : layanan ini bisa digunakan secara gratis yang memungkinkan Kamu untuk membuat desain grafis untuk kepentingan posting media sosial maupun konten di website Kamu.

•    PicMonkey : sama fungsinya seperti Canva, dengan tampilan dan penggunaan yang mudah tentunya akan memudahkan Kamu untuk membuat postingan media sosial yang keren.

5. Ide dan Perencanaan

Ada kalanya kamu mendapatkan ide saat sedang bepergian. Hanya saja, ide yang muncul secara spontan biasanya lebih cepat terlupakan. kamu mungkin akan merasa ribet bila mengantongi catatan kecil lengkap dengan alat tulisnya. Oleh karena itu, gunakan aplikasi berikut untuk menyimpan ide kamu sekaligus untuk membuat perencanaan dan strategi pengaplikasiannya sehingga bisa mendongkrak kemajuan bisnis online kamu. Aplikasi tersebut diantarnya :

  • OneNotes : aplikasi ini tersedia di Android, iOS, hingga PC, sehingga akan singkron satu dengan yang lain. kamu bisa dengan mudah mencatat ide dan menyusun strategi dengannya.
  • EverNotes : sama seperti OneNote dan tersedia di beragam jenis perangkat. Tampilannya pun akan membuat kamu semakin semangat dalam membuat perencanaan bisnis.

Itulah beberapa dari banyaknya aplikasi dan layanan yang tersebar yang dapat saya rekomendasikan untuk kamu, hal tersebut perlu kamu manfaatkan demi membuat segala kegiatan bisnis kamu lebih efektif dan efisien. Pada intinya fokuslah dan konsisten dalam menjalankan bisnis, karena meski dengan bantuan aplikasi se-Powerfull apapun jika tidak fokus dan konsisten semua akan sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *