6 Cara Jitu Mengembangkan Akun Tiktok Anda

Photo by Hello I’m Nik on Unsplash

Siapa yang tidak kenal dengan Tiktok? Tiktok adalah salah satu aplikasi sosial media berupa wadah untuk para konten kreator yang bisa membagikan konten dalam bentuk video. Sosial media dari China yang mulai ramai diperbincangkan beberapa tahun terakhir ini sudah memiliki tiga puluh lima juta lebih pengguna aktif di seluruh dunia. Pada tahun 2020, Tiktok sempat dinobatkan sebagai salah satu aplikasi terbaik di iOS dan juga Android. Dengan jumlah pengguna yang banyak, Tiktok bisa dijadikan tempat untuk branding baik merek maupun personal. Namun sebelum benar-benar mengembangkan Tiktok menjadi media promosi brand, anda harus mengetahui dulu target audiens anda agar bisa tepat sasaran. Berikut beberapa tips untuk mengembangkan akun Tiktok anda:

Konten Harus Original

Konten yang dibagikan ke Tiktok harus memiliki originalitas. Konten yang original akan mudah untuk memasuki For Your Page (halaman rekomendasi Tiktok) beberapa user Tiktok. Buatlah konten yang kreatif dan juga menarik audience lain untuk terus menonton konten tersebut sampai akhir video. Biasanya beberapa konten kreator Tiktok mempromosikan sebuah brand dengan cara memberikan sebuah story untuk membuat audience merasa terlibat dan menyimpan informasi lengkap di akhir video, hal ini membuat audiens penasaran dan terus menonton sampai akhir video. Cara lainnya, anda juga bisa melibatkan emosi audiens seperti bahagia, kagum, dsb.

Posting Secara Konsisten

Jika sudah memiliki konten yang original, anda bisa mulai melakukan posting konten secara konsisten. Buat planner untuk konsisten posting di akun Tiktok anda. Anda bisa memposting setiap hari atau 1-3 konten per hari. Setelah memposting konten, anda bisa menggunakan hashtag yang sedang trending di Tiktok. Tidak perlu banyak menggunakan hashtag, cukup 2-3 saja. Selain hashtag, anda juga bisa menggunakan sound yang sedang trending. Cara seperti ini akan membuat konten anda menarik lebih banyak audiens dan menjadi viral karena tertarik oleh unsur trending tadi.

Lakukan Kolaborasi

Ada unsur lain selain memikirkan konten, anda bisa bergabung atau membuat team atau komunitas dengan beberapa konten kreator atau influencer Tiktok. Dengan bergabung dan membuat kolaborasi, anda bisa memiliki keuntungan dimana konten anda bisa dinikmati oleh target pasar influencer yang berkolaborasi dengan anda maupun sebaliknya.

Upgrade Akun ke Pro

Dengan mengupgrade akun Tiktok anda ke Pro, anda bisa lebih mengatur jam tayang dan juga hari untuk konten yang akan anda posting juga melihat target audiens. Layanan Pro juga menyediakan statistic pertumbuhan akun anda sehingga anda bisa melihat insight akun anda dalam beberapa periode. Dengan demikian, anda bisa lebih mengenal audiens dan juga bisa membuat konten yang lebih relatable dengan audiens di akun anda.

Promosikan di Sosial Media Lain

Selain Tiktok, tentunya anda juga memiliki sosial media lain. Anda bisa mempromosikan akun Tiktok maupun konten Tiktok anda di sosial media anda yang lain seperti Facebook, Twitter atau Instagram. Anda bisa mengajak followers anda untuk mengikuti anda di Tiktok. Melalui cara ini, anda juga bisa mengajak lebih banyak orang bergabung dengan Tiktok.

Iklankan Konten Anda

Jika anda memiliki budget yang lebih untuk promosi yang maksimal, selain dengan beberapa cara di atas, ada pun cara yang menarik audiens yang lebih banyak. Tiktok menyediakan layanan promosi konten dimana anda bisa mempromosikan konten anda dengan beberapa tujuan yaitu dengan menarik lebih banyak views video, menarik lebih banyak kunjungan website maupun menarik lebih banyak followers. Anda bisa memilih beberapa tujuan anda dalam mempromosikan konten anda sesuai dengan target market.

Meskipun Tiktok merupakan hal yang baru, di tahun 2021, banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan baik secara personal maupun merek untuk menjalankan misi branding anda di Tiktok. Beberapa orang sudah bisa menggaet target pasar mereka dengan hanya berpromosi di Tiktok secara gratis karena Tiktok memiliki fitur For Your Page dimana semua konten bisa masuk dan dilihat banyak audiens walaupun mereka tidak mengikuti kita.  Apakah anda tertarik untuk mulai mengenal dan berpromosi di Tiktok sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *