Kegiatan Public Relations Yang Bersentuhan Dengan Media

Seorang Public Relations harus dapat menjalin kerjasama yang baik dengan media karena Public Relations perlu memberikan informasi kepada masyarakat untuk memperoleh dukungan dan kepercayaan publik.

Lantas apa saja kegiatan Public Relations yang bersentuhan dengan media?

Berikut upaya kegiatan Public Relations yang bersentuhan dengan media, antara lain :

  • Press conference (konferensi pers, temu media atau jumpa media) diberikan secara simultan/berbarengan oleh seseorang pejabat pemerintah atau swasta kepada sekelompok wartawan. bahkan bisa ratusan wartawan sekabgus. Presiden, raja, menteri, gubernur, bupati. direktur atau pengusaha ternama, tokoh olahraga, tokoh kebudayaan. bisa saja memberikan konferensi pers (Amar, dalam Soemirat dan Ardianto, 2008). Syarat utama dari sebuah konferensi pers adalah berita yang disampaikan sangat penting. Sebuah konferensi pers akan kehilangan fungsinya bila berita yang disampaikan kurang penting, apalagi jika diliput juga oleh radio dan televisi. Menurut Oemi Abdurachman, konferensi pers diselenggarakan bila ada peristiwa-peristiwa penting di suatu instansi/perusahaan/badan, atas inisiatif sendiri atau permintaan wakil-wakil pers (dalam Soemirat dan Ardianto, 2008)
  • Press breafing (perbincangan dengan media), diselenggarakan secara reguler oleh seorang pejabat PR. Dalam kegiatan ini, pejabat PR menyampaikan informasi-informasi mengenai kegiatan yang baru terjadi kepada media. Bila media belum puas dan menginginkan keterangan lebih terperinci, diadakan tanggapan atau pertanyaan.
  • Press tour (wisata media), diselenggarakan oleh suatu perusahaan atau lembaga untuk mengunjungi daerah tertentu dan mereka pun (media) diajak menikmati objek wisata yang menarik. Misalnya, suatu departemen mengajak wartawan sambil berwisata meninjau proyek-proyek pembangunan seperti bendungan, pelabuhan, atau suatu perusahaan kayu yang berkantor pusat di Jakarta mengajak pers sambil berwisata melihat pabrik kayu lapisnya di Kalimantan.
  • News release (siaran pers, press release, broadcast release) sebagai publisitas, yaitu media yang banyak digunakan dalam kegiatan kehumasan karena dapat menyebarkan berita.
  • Special events, yaitu peristiwa khusus sebagai suatu kegiatan PR yang penting dan memuaskan banyak orang untuk ikut serta dalam suatu kesempatan, mampu meningkatkan pengetahuan dan memenuhi selera publik, seperti peresmian gedung, peringatan ulang tahun perusahaan, seminar, pameran, lokakarya, open house. Kegiatan ini biasanya mengundang media untuk meliputnya.
  • Press luncheon, yaitu pejabat PR mengadakan jamuan makan siang bagi para wakil media massa (wartawana atau reporter) sehingga pada kesempatan ini pihak pers bisa bertemu dengan top management perusahaan/lembaga guna mendengarkan perkembangan perusahaan atau lembaga tersebut.
  • Press interview (wawancara media), sifatnya lebih pribadi, lebih individu. Pejabat PR atau manajemen puncak yang diwawancarai hanya berhadapan dengan wartawan atau reporter yang bersangkutan. Meskipun pejabat itu diwawancarai seusai meresmikan suatu acara oleh banyak wartawan, bahkan diliput radio dan televisi, tetap saja wawancara itu bersifat individu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *