Keunggulan Membangun Bisnis Startup di Bandingkan Bisnis Konvensional

Dimasa sekarang, mau tidak mau kita dituntut untuk dapat bersaing dengan orang lain, untuk itu   berfikir dengan cermat dan berani  mengambil suatu keputusan dengan tepat merupakan modal awal untuk memulai persaingan. Terutama pada persaingan dalam membangun sebuah usaha atau bisnis. Namun terkadang tidak sedikit orang yang terhalang untuk memulai melakukan bisnis, hal tersebut memang lumrah namun tidak bisa dijadikan hambatan, karena membangun sebuah bisnis yang utama ialah tekat yang kuat,tekun, dan selalu ingin belajar.

Berbicara mengenai membangun sebuah bisnis, bisnis startup menjadi bisnis primadona nan menjanjikan saat ini, karena membangun bisnis startup jauh lebih mudah dibandingkan dengan bisnis konvensional, hal tersebut dikarenakan berkat kemajuan teknologi dan kemudahan regulasi yang dibuat pemerintah menjadi faktor utama. Seperti dibahas sebelumnya, meski dengan segala kemudahan yang ditawarkan, generasi saat ini masih takut dan ragu untuk membangun bisnis startup, kebanyakan dari mereka masih berfikir bahwa bekerja diperusaan lain jauh lebih aman dan menguntungkan karena memiliki pendapatan pasti disetiap bulannya, ataupun membangun bisnis konvensional karena memiliki jejak history yang aman dan menguntungkan. Padahal generasi saat ini atau akrab disebut generasi milenial, merupakan generasi yang dikenal kreatif dan inovatif dibandingkan generasi sebelumnya.

Untuk itu simak beberapa keunggulan membangun bisnis startup dibandingkan bisnis konvensional sebagai berikut :

  1. Modal

Keuntungan yang pertama dari membangun bisnis startup ialah modal, modal untuk membangun bisnis ini dapat dikatakan relatif lebih murah karena kamu tidak perlu membayar sewa tempat, atau membelanjakan produk fisik, dan juga karyawan. Terkecuali untuk orang yang membantu bisnis kamu, itupun jika bisnismu sudah berkembang dan memerlukan sumber daya manusia.

  • Lokasi tidak harus strategis

Bisnis model seperti ini tidak perlu memiliki tempat yang strategis, Menurut On Startups, perusahaan rintisan atau startup tidak memerlukan lokasi yang terlalu starategis, hal ini tentu sangat berbeda dengan usaha konvensional yang membutuhkan lokasi strategis. Karena, modal utama menjalankan bisnis startup bukanlah lokasi, melainkan Internet. Dengan menjalankan bisnis startup, Kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya kantor yang mahal hanya untuk tempat bekerja.

  • Jam kerja flexible

Selain dapat dikerjakan dimana saja, bisnis model ini juga dapat dikerjakan kapan saja sesuai keinginan, tidak ada jam kerja baku dan berapa jam kamu harus bekerja.

  • Memiliki pasar yang sangat luas

Pada bisnis startup kamu tidak perlu repot-repot untuk cetak brosur/flyer sebagai bahan promosi bisnis kamu, karena modal utama bisnis startup ialah teknologi dan internet, yang membuat bisnis ini tidak memiliki batas antara jarak dan waktu, sehingga dapat mencapai seluruh target pasar yang kamu inginkan.

  • Ilmu yang mudah didapatkan

Untuk memulai bisnis startup kamu tidak diharuskan memiliki gelar bisnis, atau berlatar belakang keluarga pengusaha, untuk mempelajari bisnis ini kamu dapat temukan dimana saja, karena semakin menjamurnya bisnis startup saat ini, dan banyak pula orang yang sukses didunia startup, banyak dari pelaku bisnis rintisan yang sukses membagikan pengalamannya, dan bisa kamu cari di beberapa platform media sosial, seperti youtube, dan kabar baiknya, semua itu bisa kamu dapatkan secara gratis !.

  • Bisnis yang solutif

Dengan menjalankan bisnis startup, Anda bukan hanya mendapatkan keuntungan yang cukup besar, namun juga bisa membantu orang lain mendapatakan solusi dari setiap masalahnya. Misalnya saja, startup transportasi seperti Go-Jek dan GRAB membantu orang lain untuk menemukan transportasi yang mudah. Di mana, orang-orang tidak perlu lagi menunggu alat transportasi jauh dari rumahnya. Hanya dengan memesan lewat aplikasi, driver akan menjemput penumpang.  Selain itu, Anda juga dapat memberikan mata pencaharian baru bagi masyarakat Indonesia.

Melihat dari segala keunggulannya tersebut, sudah bukan menjadi halangan lagi untuk kamu memulai bisnis, bisnis model startup ini bisa menjadi solusi juga untuk kamu yang memiliki berjuta ide brilian namun terkendala oleh modal. Seperti yang telah dijelaskan diatas, bisnis startup relatif murah, yang terpenting adalah bagaimana kamu membuat suatu inovasi yang dapat berguna bagi orang banyak, lalu kerjakanlah dengan tekun, konsisten dan tanamkan sifat selalu ingin belajar, dengan begitu metal bisnis kamu akan terbentuk dan siap untuk memulai persaingan didunia bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *