Pentingnya User Interface Dalam Pengembangan Aplikasi

pic : digimind.id

Sesuai dengan judul diatas kali ini kita akan membahas mengenai pentingnya User Interface (UI) dalam sebuah aplikasi atau tampilan pada laman website, mungkin kamu sudah sering mendengar istilah tersebut, namun apakah kamu memahami pentingnya user interface untuk pengembangan aplikasi ataupun website kamu ?, user interface dikatakan penting, karena user interface dapat mempengaruhi ketertatarikan user atau pengunjung  website kamu dari sisi visualnya, selain itu juga menjadi salah satu faktor yang menentukan peningkatan traffic pada website kamu.

UI bisa menjadi faktor apakah seseorang tertarik untuk mengunjungi dan mengexplore website kamu. Kalau user suka dengan tampilan interface kamu dan experience user menggunakan website kamu, maka kemungkinan besar mereka akan mengunjungi website kembali secara berulang.

Lebih jelasnya, dilansir dari interaction-design.org. User Interface adalah proses pembuatan tampilan atau display di dalam perangkat komputer atau software yang berfokus pada desain. User interface sendiri menggabungkan konsep desain visual, desain interasi, dan infrastruktur informasi. Tujuan dari user interface adalah untuk meningkatkan usability dan tentunya user experience. Selain itu, ada 3 alasan mengapa UI penting untuk pengembangan aplikasi, dilansir dari appkey.id 3 alasan tersebut yakni, UI menjadi cerminan kualitas perusaan, berfungsi sebagai alat pemasaran, dan Dapat menciptakan pengalaman pengguna yang menakjubkan.  

User interface juga menentukan customer base. Selama user interface mudah dimengerti, user experience pengunjung website atau pengguna aplikasi juga akan tetap baik. Dengan begitu, kemungkinan mereka untuk tetap datang ke website kamu dan menggunakan website atau aplikasi kamu juga lebih tinggi.

Untuk itu para desainer saat ini akan berusaha untuk membuat tampilan yang menarik mulai dari design display sampai juga voice control. Untuk apa hal ini dilakukan? Pastinya untuk memanjakan mata para penggunanya. Jadi, tidak heran jika kamu menemukan banyak software atau aplikasi yang berlomba-lomba untuk membuat tampilannya menjadi estetik.

Lalu bagaimana sih karakteristik user interface yang baik ?, menurut dewaweb.com ada beberapa checklist karakteristik user interface yang sebenernya membuat UI dapat dikatakan bagus.

  • Jelas

Memiliki UI yang jelas adalah salah satu elemen penting dalam desain user interface. Tentunya tujuan dari desain UI adalah agar orang-orang bisa menggunakan dan berinteraksi dengan sistem yang kamu buat dengan mudah. Jika orang-orang tidak bisa mengerti bagaimana cara menggunakan dan menavigasi website kamu, mereka pasti akan bingung.

  • Singkat

Tentunya memiliki UI yang jelas akan membuat UX kamu bagus, tetapi kamu juga harus hati-hati agar penjelasan kamu tidak terlalu panjang. Kalau kamu meletakkan definisi dan penjelasan pada setiap bagian website kamu, website kamu akan terlihat lebih berantakan. Kemungkinan besar dengan bertumbuhnya website kamu, interface kamu juga akan terus berkembang. Kalau kamu meletakkan terlalu banyak penjelasan, user kamu nantinya akan menghabiskan waktu membaca penjelasannya.

  • Familiar

Mungkin salah satu kata yang sering kamu dengar saat membahas desain web adalah intuitif. Apa sebenarnya arti dari kata itu? Secara simple, intuitif artinya layout kamu bisa dimengerti dengan mudah secara natural dan hanya dengan menggunakan instinc. Tetapi bagaimana cara membuat layout website kamu intuitif? kamu perlu menggunakan desain web yang familiar.

Familiar yang dimaksud disini adalah sesuatu yang sudah pernah dilihat sebelumnya. Kalau kamu familiar dengan sesuatu, kamu pasti tahu kan apa yang harus dilakukan? Coba pikirkan hal-hal apa yang sudah pasti familiar bagi user website kamu dan masukkan hal-hal ini ke desain web kamu.

  • Responsif

Bagi kamu yang mempelajari web design dan SEO mungkin sudah familiar dengan istilah responsif. Untuk UI sendiri, responsif memiliki beberapa arti yang berbeda. Pertama, responsif berarti cepat. Interface website kamu harus bisa bekerja dengan cepat. Kalau kamu perlu menunggu sebuah website loading lama pasti kamu juga akan malas. Jika interface kamu bisa loading dengan cepat tentunya user experience kamu juga akan semakin baik.

  • Konsisten

Dalam mengembangkan user interface, konsistensi pada interface dapat membantu user untuk mengerti pola. Dari satu interface, mereka bisa mempelajari apa kegunaan tombol, tabs, icons, dan berbagai elemen yang ada pada interface tersebut. Jika mereka nantinya menemukan interface yang mirip, mereka bisa mengerti apa kegunaan elemen-elemen yang ada pada interface tersebut. Dengan begitu, mereka bisa mengerjakan sesuatu dengan lebih cepat dan mempelajari fitur-fitur baru dengan lebih cepat.

  • Menarik

Poin yang satu ini mungkin bisa dibilang subjektif tetapi interface akan lebih baik jika mereka memiliki tampilan menarik. Yang dimaksud dengan menarik disini adalah interface kamu menarik untuk digunakan. Memang kalau kamu bisa membuat UI yang simple, mudah digunakan, efisien, dan responsif, kamu sudah memiliki UI yang baik.

  • Forgiving

Kamu mungkin pernah melakukan kesalahan saat sedang mengakses website. Misalnya, kamu salah menghapus informasi, UI yang baik akan membantu kamu mengembalikannya dengan cepat. Selain itu, kalau misalnya user masuk ke halaman website yang error, apakah kamu menyarankan mereka untuk mencoba mengarah ke halaman lain website? Tanpa kamu sadari, hal-hal ini bisa membantu meningkatkan user experience kamu.

Apalagi bagi kamu para pelaku bisnis online, hal-hal tersebut sangat perlu diperhatikan dengan baik agar dapat memberikan kepuasan dan juga kesenangan bagi user atau pengunjung dalam berjelajah website kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *