6 Orang Berpengaruh di Industri Teknologi Digital

Di balik teknologi yang canggih, ada peran orang berpengaruh yang menciptakan teknologi tersebut. Sudah banyak hal dalam dunia teknologi yang sudah tidak asing untuk masyarakat saat ini. Perkembangan teknologi pada tahun 2021 sudah sangat pesat. Terlebih di masa pandemi, banyak orang yang menggunakan teknologi sebagai perantara untuk bersosialisasi. Banyak sekali orang berpengaruh yang menciptakan maupun mengembangkan teknologi hingga saat ini. Berikut enam orang berpengaruh di industri teknologi versi Kazee:

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg lahir pada 14 Mei 1984 adalah pendiri social media bernama Facebook. Ia merupakan seorang programmer dan juga pengusaha teknologi. Sebelum berhasil membuat Facebook, ia merupakan mahasiswa jurusan ilmu komputer dan juga psikologi di Harvard University. Pada awalnya, Zuckerberg membuat sistem untuk keperluan jejaring social kelasnya. Namun, ternyata semakin banyak orang tergabung dalam sistem tersebut. Sehingga Zuckerberg mengajak kawan-kawannya untuk mengembangkan sistem tersebut sampai lupa akan kuliahnya. Akhirnya ia memutuskan untuk meninggalkan bangku kuliah dan fokus dengan proyek sistem yang sekarang kita kenal dengan sosial media bernama Facebook. Pada kuarter ke-4 tahun 2020, Facebook memiliki 2,8 miliar pengguna aktif. Zuckerberg sendiri sekarang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai USD 103,6 miliar.

Bill Gates

Bill Gates lahir pada 28 Oktober 1955 adalah ketua Microsoft saat ini. Gates memang sudah memiliki ketertarikan dengan dunia komputer sejak ia masih kecil. Bersama teman-temannya ia pernah mengeksplor bug pada sebuah sistem. Ia sempat berkuliah di Harvard University. Namun, rasa penasarannya terhadap dunia komputer membuat ia menghabiskan banyak waktunya untuk mengeksplor komputer. Pada awalnya, Gates mencoba menciptakan proyek dengan temannya bernama Allen yang kemudian memunculkan perusahaan BASIC Microsoft, setelah itu, Microsoft terus berkembang dengan membuat sistem operasi Windows dan inovasi-inovasi terbaru hingga saat ini.  Selain aktif dengan bisnis di industri teknologi, Gates juga memiliki hobi menulis. Gates dilahirkan dari keluarga menengah atas. Untuk saat ini, dengan semua bisnis yang ia miliki, ia memiliki jumlah kekayaan USD 126,7 miliar.

Zhang Yiming

Zhang Yiming lahir pada 1 April 1983. Ia merupakan pendiri perusahaan Bytedance. Bytedance merupakan perusahaan yang menaungi sosial media bernama Tiktok. Aplikasi ini sudah memiliki 30,7 juta pengguna aktif di Indonesia. Tiktok semakin berkembang karena jika anda memposting sebuah konten pada Tiktok, penyebarannya cukup luas dibantu oleh fitur aplikasi ini yang bernama For Your Page atau sering disingkat sebagai FYP. Oleh karena itu, sosial media ini menjadi andalan para pebisnis untuk mempromosikan bisnisnya akhir-akhir ini. Dengan kesuksesan bisnisnya, Zhang Yiming memiliki kekayaan senilai USD 60 miliar.

Jack Ma

Selain sosial media, dunia digital juga memiliki bidang bisnis digital atau bisa disebut dengan e-commerce. Jack Ma lahir pada 10 September 1964 adalah salah satu orang berpengaruh di dalam dunia e-commerce. Mungkin beberapa dari pembaca tahu bahwa kehidupan Jack Ma tidak selalu mulus. Ia sempat mengalami beberapa kegagalan. Namun, ia tidak menyerah. Dengan kegigihannya akhirnya ia sampai bisa mendirikan perusahaan bernama Alibaba Group. Alibaba Group merupakan e-commerce terbesar di Tiongkok. Ia juga merupakan orang Tiongkok pertama yang pernah tampil di majalah Forbes. Di Indonesia, perusahaan e-commerce yang cukup terkenal dan berada di bawah naungan Alibaba adalah Lazada. Kekayaan Jack Ma saat ini mencapai USD 48,3 miliar.

Larry Ellison

Larry Ellison lahir pada  17 Agustus 1944. Ia memiliki bakat matematika sejak kecil. merupakan pendiri Oracle Corporation. Oracle Corporation merupakan sebuah perusahaan database. Oracle Corporation menjual perangkat lunak dan teknologi basis data, sistem terekayasa awan, dan perangkat lunak perusahaan—terutama sistem manajemen basis data buatannya sendiri. Larry Ellison saat ini memiliki kekayaan senilai USD 90,3 miliar.

Jeff Benzos

Jeff Benzos lahir pada  12 Januari 1964. Sama seperti Jack Ma, Benzos juga memiliki fokus bisnis di bidang e-commerce. Ia merupakan pendiri Amazon.com. Amazon adalah sebuah situs e-commerce yang saat ini sudah banyak tersebar di beberapa negara. Jeff Benzos dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai USD 165 miliar.

Masih banyak orang-orang berpengaruh lainnya yang belum disebutkan pada artikel ini. Ternyata banyak sekali orang berpengaruh yang terus bekerja keras hingga sukses dan mengorbankan beberapa hal untuk tetap fokus mengembangkan inovasi yang mereka temukan. Sekarang apakah kamu tertarik untuk memijakan kakimu di industri teknologi setelah membaca artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *