Mengenal Fitur Terbaru Instagram Pesaing Tiktok

pic : www.tme.net

Pertengahan tahun lalu salah satu media sosial ternama instagram merilis fitur baru bernama reels, instagram menaruh fitur baru tersebut pada jendela story. Reels merupakan fitur video pendek yang dapat dibagikan dengan teman atau siapa saja di dalam instagram. Fitur tersebut dapat merekam, dan mengedit video multi-klip selama 15 detik dengan audio efek. Melihat karakteristik dari fitur tersebut, tidak sedikit netizen yang menyamakannya dengan aplikasi Tiktok. Ya, Instagram seolah mencoba untuk mencuri perhatian para penggemar video berdurasi pendek, yang umumnya sering ditemukan di TikTok. Mereka juga ingin para pengguna betah berlama-lama berada di dalam Instagram.

Dilansir dari techcrunch.com Instagram mengkonfirmasi sedang bersiap untuk segera meluncurkan pesaing TikTok-nya, yang dikenal sebagai Reels, di AS. Perusahaan berharap untuk menghadirkan fitur video baru – yang dirancang khusus untuk konten kreatif dalam bentuk pendek  ke platformnya pada awal Agustus lalu. Peluncuran AS datang tak lama setelah kedatangan Reels, menyusul larangan TikTok di AS.. Reel dirancang untuk secara langsung menantang dominasi TikTok yang semakin berkembang. Di area baru di aplikasi Instagram, Reels memungkinkan pengguna untuk membuat dan memposting video pendek berdurasi 15 detik yang disetel ke musik atau audio lainnya, mirip dengan TikTok. Juga seperti TikTok, Reels menawarkan seperangkat alat pengeditan – seperti penghitung waktu mundur dan alat untuk menyesuaikan kecepatan video, misalnya – yang bertujuan untuk mempermudah merekam konten kreatif”. Namun melansir The Verge, fitur ini sudah tersedia di sekitar 50 negara, di antaranya Amerika Serikat, Inggris, Brazil, Jepang dan India. Dari pantauan reels belum tersedia di Indonesia. Menurut pantauan penulis, tanda bahwa reels akan segera hadir di Indonesia nampaknya sudah semakin nyata, karena akun pengguna instagram di Indonesia dapat melihat fitur reels pada menu story di bagian pengaturan kamera, terlihat fitur reels sudah tersedia, namun sayangnya belum dapat digunakan oleh pengguna, dan belum tahu pasti kapan fitur tersebut dapat digunakan oleh pengguna di Indonesia.

Cara Menggunakan Reels di Instagram

Untuk menggunakan fitur baru ini, pilih reels di bagian bawah kamera Instagram. kamu akan menemukan berbagai alat edit kreatif di sisi kiri layar untuk membantu membuat video, alat edit tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Audio

Cari lagu dari perpustakaan musik Instagram. Anda juga dapat menggunakan audio asli buatan sendiri hanya dengan merekam Reels. Saat Anda berbagi Reels yang disematkan audio asli, audio Anda akan dikaitkan dengan Anda. Jika Anda memiliki akun publik, pengguna lain bisa membuat Reels dengan audio Anda dengan memilih “Gunakan Audio” dari Reels Anda.

  • Efek Augmented Reality (AR)

Pilih salah satu dari banyak efek di galeri efek yang dibuat oleh Instagram dan creator dari seluruh dunia, untuk merekam beberapa klip dengan efek berbeda.

  • Timer dan Hitung Mundur

Atur timer untuk merekam klip secara handsfree. Setelah menekan Rekam, Anda akan melihat hitungan mundur 3-2-1, sebelum perekaman dimulai selama jumlah waktu yang dipilih.

  • Sejajarkan

Mensejajarkan objek dari klip sebelumnya sebelum merekam klip selanjutnya dapat membantu membuat transisi yang mulus untuk momen, seperti berganti pakaian, atau menambahkan teman baru ke dalam reels Anda.

  • Kecepatan

Pengguna Reels bisa mempercepat atau memperlambat bagian dari video atau audio yang dipilih. Ini dapat membantu pengguna tetap mengikuti irama atau membuat video gerakan lambat. Reels dapat direkam dalam serangkaian klip (satu per satu), sekaligus, atau menggunakan upload video dari galeri. Rekam klip pertama dengan menekan dan menahan tombol ambil. Anda akan melihat indikator kemajuan di bagian atas layar saat merekam. Berhenti merekam untuk mengakhiri setiap klip.

Reels pada kolom explore dapat menampilkan  trending terbaik yang ada di Instagram. kamu juga dapat menemukan pilihan reel menghibur yang dibuat oleh siapa pun di Instagram, penggunapun dapat dengan mudah memberikan respon seperti memberi tanda like (menyukai), memberikan komentar, atau membagikannya kepada teman-teman. Kamu juga dapat melihat reels dengan menggunakan label “Unggulan”. Jika reels yang dibuat pengguna ditampilkan di kolom explore, kamu akan menerima pemberitahuan. Reels unggulan adalah pilihan publik yang dipilih oleh Instagram untuk membantu pengguna dalam menemukan konten asli yang diharapkan bisa menghibur dan menginspirasi.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *