Pengelolaan Fasilitas Masyarakat dan Keamanan dalam Smart City

Ilustrasi Pengembangan Smart City (Sumber: Coc BLUE)

Smart City mungkin sudah tidak terlalu asing untuk didengar. Beberapa kota di Indonesia sudah menerapkan konsep Smart City. Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui definisi dari Smart City itu sendiri. Kota Pintar atau Smart City adalah kawasan urban yang menggunakan berbagai jenis metode dan sensor elektronik untuk mengumpulkan data. Insight yang diperoleh dari data tersebut digunakan untuk mengelola aset, sumber daya, dan layanan secara efisien; data tersebut digunakan untuk meningkatkan operasi di seluruh kota. Ini termasuk data yang dikumpulkan dari warga, perangkat, bangunan dan aset yang kemudian diproses dan dianalisis untuk memantau dan mengelola lalu lintas dan sistem transportasi, pembangkit listrik, utilitas, jaringan pasokan air, limbah, deteksi kejahatan, sistem informasi, sekolah, perpustakaan , rumah sakit, dan layanan masyarakat lainnya. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas pengelolaan fasilitas dalam smart city yang mencakup pada aspek masyarakat dan keamanan. Untuk lebih jelas, simak poin-poin berikut.

Masyarakat

Rumah Pintar (Smart Home)

Rumah pintar adalah tempat tinggal yang menggunakan perangkat yang terhubung ke internet untuk memungkinkan pemantauan dan pengelolaan peralatan dan sistem dari jarak jauh, seperti pencahayaan, pemanas atau bahkan tirai jendela. Pengaturan perangkat yang terdapat di rumah pintar perangkat dapat dikontrol secara otomatis baik dari dekat maupun dari jarak jauh dari mana saja dengan koneksi internet menggunakan perangkat seluler atau perangkat jaringan lainnya. Selain disebut dengan istilah rumah pintar, smart home juga dikenal dengan otomatisasi rumah. Manfaat dari teknologi rumah pintar memberi pemilik rumah kemudahan dan penghematan biaya.

Toilet Pintar (Smart Toilet)

Toilet pintar adalah toilet canggih yang menggunakan teknologi pintar bawaan, atau teknologi yang mampu berinteraksi dan terhubung dengan pengguna. Toilet ini sering ditemukan di rumah pintar (smart home) di seluruh dunia dan di wilayah berteknologi tinggi seperti Jepang. Penggunaan smart toilet dapat mendeteksi kelembapan maupun stok tisu toilet. Manfaat dari toilet pintar adalah sangat bagus dalam menghemat air dan listrik. Pada pemakaian awal, toilet pintar mendeteksi berapa banyak air yang Anda butuhkan untuk menyiram toilet. Beberapa toilet pintar menggunakan, sementara yang lain perlu dihubungkan ke sistem kabel rumah.

Pemantauan Lansia (Elderly Monitoring)

Sistem pemantauan lansia mengumpulkan berbagai data seperti gerakan, suhu, pola perilaku dan tidur, dan banyak lagi. Informasi tersebut memberikan manfaat kepada pengasuh dan profesional medis wawasan penting tentang kesehatan lansia dan kehidupan sehari-hari. Instalasi sensor pemantauan lansia dalam sebuah rumah akan mendeteksi Kesehatan dan juga pergerakan dari lansia. Pemantauan lansia bisa digunakan di panti jompo (nursing home).

Keamanan

CCTV Pintar (Smart CCTV)

Penggunaan CCTV pintar pada Smart City meliputi penggunaan kamera dan video analytics untuk memfasilitasi perhitungan orang, gangguan illegal dan deteksi plat nomor kendaraan. Beberapa smart city di Indonesia sudah menggunakan fasilitas CCTV pintar ini untuk melakukan pemantauan pelanggaran lalu lintas secara online.

Pengenalan Wajah (Facial Recognition)

Sistem pengenalan wajah adalah teknologi yang mampu mencocokkan wajah manusia dari gambar digital atau bingkai video dengan database wajah, biasanya digunakan untuk mengotentikasi pengguna melalui layanan verifikasi ID, bekerja dengan menunjukkan dan mengukur fitur wajah dari gambar tertentu. Perangkat ini dapat memiliki beberapa manfaat jika digunakan di beberapa ruang untuk mengidentifikasi tersangka kejahatan, juga dapat memantau penjahat yang diketahui dan membantu mengidentifikasi anak-anak yang menjadi korban pelecehan. Dalam kerumunan, perangkat ini bisa memantau pelaku kejahatan di acara besar dan meningkatkan keamanan di bandara atau penyeberangan perbatasan.

Banyak sekali fasilitas yang terintegrasi dengan teknologi terutama dalam bidang camera dan video analytics juga pengontrolan jarak jauh untuk beberapa perangkat yang digunakan pada Smart City. Meskipun terlihat sangat canggih, ternyata beberapa fasilitas yang bermanfaat untuk masyarakat maupun keamanan dalam smart city ini sangat berguna untuk mengefisiensikan waktu dan juga biaya operasional. Sudah mulai banyak kota-kota besar di Indonesia yang sudah memiliki system Smart City terutama pada aspek lalulintas. Smart City sangat menjanjikan untuk diterapkan di Indonesia agar bisa menjadi negara yang lebih maju dan mengoptimalisasi biaya pemerintah dalam mengelola perkotaan.

Referensi:

https://id.pinterest.com/pin/36310340732215386/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *