Manfaat Keberlangsungan Hidup dan Efisiensi Dalam Smart City

Smart City mungkin sudah tidak terlalu asing untuk didengar. Beberapa kota di Indonesia sudah menerapkan konsep Smart City. Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui definisi dari Smart City itu sendiri. Menurut Wikipedia, Kota Pintar atau Smart City adalah kawasan urban yang menggunakan berbagai jenis metode dan sensor elektronik untuk mengumpulkan data. Insight yang diperoleh dari data tersebut digunakan untuk mengelola aset, sumber daya, dan layanan secara efisien; data tersebut digunakan untuk meningkatkan operasi di seluruh kota. Ini termasuk data yang dikumpulkan dari warga, perangkat, bangunan dan aset yang kemudian diproses dan dianalisis untuk memantau dan mengelola lalu lintas dan sistem transportasi, pembangkit listrik, utilitas, jaringan pasokan air, limbah, deteksi kejahatan, sistem informasi, sekolah, perpustakaan , rumah sakit, dan layanan masyarakat lainnya. Sebagaimana sudah disebutkan, akan ada banyak sekali komponen yang terbantu dalam Smart City. Beberapa diantaranya adalah manfaat keberlangsungan hidup (sustainability), Efisiensi (efficiency), Penduduk (People), Keamanan (Security). Berikut beberapa komponen kota yang dibantu dikembangkan pada sebuah Smart City yang berkaitan dengan Keberlangsungan Hidup (Sustainability) dan Efisiensi (Efficiency.)

Keberlangsungan Hidup:

  • Manajemen Energi (Energy Management)

Manajemen Energi sangat diperlukan dalam sebuah Smart City. Hal ini dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca sebagai tanggung jawab perusahaan yang lebih besar. Hal ini juga dapat melacak pemanfaatan biaya untuk mendapatkan anggaran yang lebih akurat dan insight lebih luas tentang biaya operasional. Manajemen Energi bekerja dengan perencanaan dan pengoperasian produksi energi dan unit konsumsi energi serta distribusi dan penyimpanan energi. Ada beberapa langkah untuk proses manajemen energi: Mengumpulkan dan menganalisis data berkelanjutan. Tujuan fundamental dari manajemen energi adalah untuk menghasilkan barang dan menyediakan jasa dengan biaya yang paling rendah dan efek lingkungan yang paling kecil

  • Pengelolaan Air (Water Management)

Pengelolaan air adalah kegiatan merencanakan, mengembangkan, mendistribusikan, dan mengelola penggunaan air secara optimal. Secara umum, pengelolaan air adalah pengendalian dan pergerakan sumber daya air untuk meminimalkan kerusakan kehidupan dan properti serta untuk memaksimalkan penggunaan yang bermanfaat secara efisien. Pengelolaan air bendungan dan tanggul yang baik mengurangi risiko bahaya akibat banjir. Sistem pengelolaan air irigasi memanfaatkan persediaan air yang terbatas secara efisien untuk pertanian. Dalam Smart City, pengelolaan air akan dipantau melalui camera analytic untuk memeriksa kehidupan laut di air.

  • Model Iklim dan Pemodelan Banjir (Climate Model & Flood Modelling)

Model iklim adalah alat penting untuk meningkatkan pemahaman dan prediktabilitas tentang perilaku iklim pada skala waktu musiman, tahunan, dekade, dan seratus tahun. Model ini menyelidiki sejauh mana perubahan iklim yang diamati mungkin disebabkan oleh variabilitas alam, aktivitas manusia, atau kombinasi keduanya. Model iklim, juga dikenal sebagai model sirkulasi umum atau GCM, menggunakan persamaan matematika untuk mencirikan bagaimana energi dan materi berinteraksi di berbagai bagian laut, atmosfer, dan daratan. Permodelan banjir mengambil pendekatan terhadap masalah atau situasi yang menekankan faktor-faktor jangka panjang dari risiko banjir, menilai konsekuensi potensial dari berbagai skenario banjir.

Efisiensi

  • Pencahayaan Pintar (Smart Lighting)

Menurut Wikipedia, Pencahayaan pintar adalah teknologi pencahayaan yang dirancang untuk efisiensi energi, kenyamanan dan keamanan. Ini mungkin termasuk perlengkapan efisiensi tinggi dan kontrol otomatis yang melakukan penyesuaian berdasarkan kondisi seperti hunian atau ketersediaan siang hari. Dalam Smart City, pencahayaan pintar berfungsi untuk sensor dan pengontrol dalam perlengkapan lampu yang memungkinkan cahaya meredup jika tidak ada kehadiran yang terdeteksi. Menghemat energi dan pengeluaran.

  • Pemeliharaan Prediktif (Predictive Maintenance)

Menurut Atin Chabbra yang dikutip dalam Schinder Electric, Pemeliharaan prediktif memungkinkan industri untuk mendiagnosis kerentanan apa pun sebelum akhirnya menyebabkan masalah serius, dan memungkinkan pemeliharaan proaktif dari berbagai mesin. Menggunakan teknologi proaktif ini di gedung pintar (smart buildings), transportasi pintar (smart transportations), dan komunikasi pintar (smart communications) akan memastikan tingkat produktivitas yang lebih tinggi dengan memberikan pemberitahuan atau peringatan awal mengenai potensi kesalahan sistem. Perencanaan pemeliharaan proaktif juga mengarah pada pengurangan biaya dan pengembalian investasi yang lebih tinggi. Manfaat dari pemeliharaan prediksi adalah meminimalkan waktu henti alat berat dan mengurangi biaya. Dengan mengetahui kapan aset dalam Smart City membutuhkan dukungan pemeliharaan, pengelola dapat menghilangkan waktu yang mungkin terbuang percuma untuk pemeriksaan pemeliharaan yang tidak perlu.

  • Pemantauan Lalulintas (Traffic Monitoring)

Pemantauan Lalulintas menciptakan jaringan penghitungan lalulintas untuk menghitung dan memantau lalu lintas kendaraan secara real time. Beberapa alat yang digunakan untuk mendukung pantauan lalulintas pada Smart City adalah kamera yang terinstall video analytics pada jalan raya yang dapat mendeteksi kemacetan, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

Banyak sekali aspek yang dikembangkan dalam sebuah Smart City. Dengan dukungan dari teknologi analisis data, hal ini sangat bermanfaat karena dapat membantu pemerintah kota yang menerapkan konsep Smart City untuk membangun daerahnya yang lebih efektif dan hemat biaya. Apakah kota anda sudah termasuk ke dalam Smart City?

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Smart_lighting
https://blog.se.com/smart-cities/2018/10/11/resolving-smart-city-solutions-with-predictive-maintenance/
https://en.wikipedia.org/wiki/Smart_city
https://id.pinterest.com/pin/36310340732215386/

credit gambar: https://all-free-download.com/free-vector/smart-city.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *