Digital Marketing Hindari Kebuntuan Di Masa Pandemi

Bulan Maret tahun 2021 genap 1 tahun negara kita Indonesia di rendung pandemi covid-19. Tidak ada yang tahu sampai kapan fenomena ini berakhir. Pandemi covid-19 membuat segala prilaku kehidupan berubah,  mau tidak mau kita harus bisa beradaptasi dengan kondisi baru ini. Dampak dari pandemi ini pun terjadi dihampir sektor bisnis yang membuat perekonomian negara kita menukik tajam bahkan negara kita telah mencapai masa resesi.

Peraturan pemerintah yang menerapkan social distancing demi menekan penularan virus covid-19, memaksa pelaku usaha harus berinovasi, salah satunya iyalah dengan melakukan pemasaran secara digital atau digital marketing karena, Pada masa ini, kegiatan pemasaran memerlukan kepekaan terhadap apa yang terjadi dan melakukan fleksibilitas untuk mengikuti perubahan cepat.

Dan dengan digital marketing, bisnis tidak akan terbentur oleh aturan pemerintah, karena aktifitas bisnis dilakukan secara digital. Dimasa pandemi seperti ini digital marketing sangat powerfull, efektif, serta efisien untuk digunakan oleh setiap pelaku usaha, baik untuk berjual produk, jasa, atau hanya untuk melakukan branding. Untuk itu penulis akan mencoba memaparkan mengenai manfaat yang didapat pelaku usaha dengan menerapkan digital marketing di era pandemi .

  • Aktifitas Kegiatan

Salah satu manfaat yang akan dirasakan bagi para pebisnis yang telah menerapkan digital marketing dalam pemasarannya adalah aktivasi kegiatan pemasaran akan terus bisa berjalan.

Beberapa penelitian memperkirakan bahwa kita akan terus menerapkan jaga jarak, pembatasan pada kegiatan keramaian sampai 2022. Tentu itu waktu yang sangat lama untuk menahan segala jenis pemasaran. Pertimbangan yang lebih penting adalah fakta bahwa pandemi akan memiliki efek jangka panjang pada pandangan dan kebiasaan konsumen.

  • Dapat Memahami Kebiasaan Baru Konsumen

Dampak COVID-19 pada perilaku dan sikap konsumen tidak dapat diabaikan. Sebuah studi menemukan bahwa banyak orang mempunya kebiasaan dan rutinitas baru selama mereka di rumah saja. Dari penelitian tersebut pun diketahui bahwa orang-orang tersebut tetap akan melakukan kebiasaan dan rutinitas barunya dalam new normal ini.

Dengan penerapan digital marketing, kegiatan pemasaran yang Anda lakukan lebih jelas bukan berdasarkan asumsi. Ini karena Anda turut menjadi bagian dari rutinitas baru konsumen. Merek Anda juga bisa lebih bisa proaktif dalam memantau perubahan perilaku konsumen dan kebutuhan pembelian.

  • Mendapatkan Konsumen Baru

Ketika menjalankan pemasaran digital selama pandemi dengan pendekatan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan Covid-19. Dalam perjalanan era baru, mereka akan menjadi konsumen baru Anda.

Anda mungkin telah membangun audiens yang cukup besar yang kini dapat di dorong untuk lebih mengenal tentang merek Anda dengan pemasaran ulang sebagai bagian dari rencana ulang dari recana digital marketing di era new normal.

  • Hemat Biaya

Dengan menjalankan pemasaran secara digital, biaya yang dikeluarkan cenderung lebih murah dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional. Selain itu pemasaran secara digital sangat cepat menjangkau pasar yang diinginkan, sehingga produk atau jasa yang kita pasarkan dapat segera terjual.

  • Lebih Terukur

Dalam iklan tradisional melalui surat kabar atau majalah, produsen sulit mengukur keberhasilan sebuah kampanye.  Inilah kelebihan digital, semuanya serba terukur. Setiap strategi yang digunakan bisa diukur dan dipantau secara langsung efektivitasnya.

Analitik pemasaran digital membuat perkiraan untuk menentukan target pemasaran Anda benar-benar berfungsi. Dengan mengukur kampanye pemasaran digital Anda secara waktu nyata, Anda dapat melihat strategi mana yang berfungsi dan mana yang tidak.

Kemudian, Anda dapat menyesuaikan kampanye Anda untuk kesuksesan yang lebih besar. Anda juga dapat mengambil wawasan yang Anda peroleh dari proses untuk meningkatkan kampanye di masa mendatang.

  • Dapat Bersaing

Memungkinkan perusahaan kelas skala kecil dan menangah untuk bisa bersaing dengan perusahaan besar. Kuncinya adalah strategi dan takik kampanye yang tepat bahkan dengan menggunakan berbagai kata kunci di pencarian termasuk yang digunakan pesaing Anda.

Mesin pencari google atau search engine optimization (SEO) dan SEO lokal membantu Anda menjangkau pembeli yang lebih berkualitas secara online. SEO adalah taktik pemasaran digital kuat lainnya yang menawarkan berbagai manfaat.

Dengan mengoptimalkan konten situs Anda untuk mesin pencari, Anda dapat bekerja untuk menjangkau lebih banyak pembeli online. Menggunakan kata kunci yang relevan yang membantu menjelaskan penawaran produk atau layanan Anda dapat membantu Anda membawa lebih banyak lalu lintas bertarget ke situs Anda, yang meningkatkan konversi seiring waktu.

SEO tidak hanya untuk bisnis nasional. Banyak konsumen mencari perusahaan lokal secara online, dan pencarian ini pada akhirnya mengarah pada pembelian.

Untuk itu segeralah melakukan pemasaran digital agar usaha yang Anda geluti dapat terus berjalan dan bahkan berkembang, karena prospek pasar digital kedepan akan sangan crowded karena banyak yang berpindah haluan dari offline ke online. Jadi peluang ini harus dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *