Android dan Perjalanannya Hingga Saat Ini

Kamu pasti tau dong apa itu android? Smartphonemu sebagian besar pasti menggunakan sistem operasi andorid kan? Bahkan sekarang tablet, smartwatches, dan TV player sudah berbasis android.

Tapi kamu tau gak, gimana sejarahnya Android bisa tercipta? Dan sekarang makin berkembang dengan secara berkala mengeluarkan versi terbarunya.

Sejarah Android

Android adalah sistem operasi mobile yang paling populer dan tidak diragukan lagi kecanggihannya. Satu abad lebih belakang android benar-benar mencuri perhatian dunia terutama di bidang teknologi digital.

Bermula dari munculnya T-Mobile G1 yang merupakan satu-satunya handset bertenaga android. Sebelum sistem operasi berbasis kernel Linux ini muncul, ternyata sudah ada perusahaan perangkat lunak mobile kecil bernama Danger yang didirikan oleh mantan Insinyur Apple, Andy Rubin.

Yang membuat Danger populer kala itu adalah Hiptop, smartphone dengan keyboard landscape dan interface yang memprioritaskan browsing website dan messaging. Kemudian permasalahan muncul, dan akhirnya berganti nama menjadi Sidekick dengan mekanisme bisnis bagi hasil.

Dengan penerapan mekanisme tersebut, yang dijual kala itu adalah layanan Danger bukan perangkat kerasnya. Dan Rubin pun keluar dari perusahaan Danger. Namun tak lama kemudian ia mendirikan Android Inc pada Oktober 2003 di Palo Alto, California  yang jadi cikal bakal android.

Sejak didirikan sampai dua tahun pertama, Android Inc adalah perusahaan berbasis software murni tanpa produk yang jual. Mereka berencara untuk fokus bagaimana menciptakan  pengalaman terbaik saat terhubung dengan website. Dan mereka percaya bahwa investor akan datang jika produk mereka hebat.

Di pihak lain, Google sedang mencari OS (Operating System) mobile sendiri, dan ingin mencoba bersaing dengan Microsoft dan Blackberry. Google ingin lebih banyak ponsel menggunakan Google sebagai mesin pencari default-nya. dan android menjawab keinginannya tersebut. Tahun 2005, akhirnya Google pun membelinya.

Android Inc dijalankan secara diam-diam dan hanya mengatakan bahwa pengembang sedang berusaha menciptakan sebuah perangkat lunak yang bisa diperuntukkan bagi ponsel.

Google mengakuisisi perusahaan Android Inc pada tanggal 17 Agustus 2005, menjadikannya sebagai anak perusahaan yang dimiliki Google. Meski sudah diakuisisi oleh Google, pendiri Android Inc yaitu Rubin, Miner, dan White tetap bekerja pada perusahaan itu.

Di pihak lain Apple sibuk melakukan penjualan iPhone yang baru dipublikasikan. RIM (produsen Blackberry) masih sangat populer dan Nokia juga masih diperhitungkan dengan menyandang merek yang masih dihormati.

Tahun 2008 Google akhirnya merilis handset bertenaga android pertama dengan G1. Pengguna smartphone zaman sekarang pasti tidak akan terkesan dengan spesifikasi G1, yaitu CPU single core 528MHz dengan RAM 192MB dan layar 3.2 inchi 320 x 480.

Tiap tahun android melalukan pembaruan untuk meningkatkan kinerja sistem operasi dengan penambahan fitur baru atau perbaikan bug pada tiap versi android sebelumnya. Dan kalian pasti tahu, versi yang dirilis diberi nama secara alfabetis sesuai dengan nama makanan pencuci mulut.

  • Android 1.0 Apple Pie

Ini jadi android versi pertama yang rilis 23 September 2008 dengan fitur: Download dan updates via Android Market; Web Browser Camera Support; Gmail, Contact dan Google Agenda Synchronization; Google Maps ; Aplikasi Youtube

  • Android 1.1 Banana Bried

Rilis 9 Februari 2009. Dengan pembaruan penambahan fitur : “Show” & “Hide” numeric keyboard, di aplikasi pemanggil dan Kemampuan untuk menyimpan lampiran MMS

  • Android 1.5 CupCake

Rilis 30 April 2009. Cupcake adalah versi android yang memulai tradisi penamaan rasa lezat makanan pencuci mulut untuk perilisan android. Fitur yang paling mencolok dari cupcake ini ialah dukungan keyboard virtual yang menggantikan smartphone tanpa tombol/ layar sentuh seperti sekarang ini.

  • Android 1.6 Donut

Rilis tanggal 15 September 2009. Menawarkan beberapa pembaruan besar. Penambahan fitur terbesar adalah dukungan tambahan untuk CDMA yang membawa angin baru ke android.

  • Android 2.0, 2.0.1, 2.1 Éclair

Tidak lama setelah perilisan Donut, Éclair diluncurkan pada November 2009. Éclair 2.1 tiba pada bulan Januari 2010 dengan memperbaiki bug dan API baru untuk dimainkan. Series Éclair ini tidak ada hal baru yang signifikan.

  • Android 2.2 Froyo

Froyo adalah singkatan dari Frozen Yoghurt. Dirilis Mei 2010, memiliki peningkatan kinerja sistem signifikas diatas versi Éclair. Diantaranya penambahan flash dan lampu kilat telepon; USB Tethering dan Wifi Hotspot 3G; Kompatibilitas Bluetooth; Kecepatan, memori, browser, dan keamanan.

  • Android 2.3, 2.3.3 Gingerbread

Gingerbread merupakan kue kering rasa jahe dan rilis 6 Desember 2010. Berikut beberapa fitur tambahannya, mulai dari updated UI; Improved kerboard ease of use; Fitur Social networking; Video call support.

  • Android 3.0, 3.1 Honeycomb

Versi android ini yang paling diabaikan banyak orang dari semua versi android yang lain. Karena ini dirilis khusus untuk tablet dan tidak pernah digunakan untuk ponsel. Honeycomb diluncurkan pada bulan Mei 2011 dan pada dasarnya untuk memperluas Android dalam mendukung layar besar tablet.

  • Android 4.0 Ice Cream sandwich

Ice Cream Sandwich (ICS) ialah versi android pertama yang diumumkan lewat konferensi Google I/O pada bulan Mei 2011. Perubahan yang baru, desain lebih halus, sederhana, indah dan pintar. Meski sempat tertunda sekitar 7 bulan sampai ada yang bisa menggunakannya. Hal ini karena Samsung Galaxy Nexus sudah dirilis pada bulan Desember.

  • Android 4.1, 4.2, 4.3 Jellybean

Android Jellybean dirilis pada Juni 2012 dengan tujuan utama meningkatkan fungsi dan kinerja antarmuka pengguna, antisipasi sentuh, dan triple buffering.

  • Android 4.4 Kitkat

Android 4.4 KitKat adalah rilis terakhir dari series 4.x dan membawa beberapa perbaikan besar, baik secara internal maupun visual ke Android. Dirilis pada bulan November 2013.

  • Android 5.0 Lollipop

Android 5.0 Lollipop diresmikan Juni 2014, tersedia resmi sebagai update over-the-air (OTA) November 2014. Dan sejauh ini merupakan perancangan ulang terbesar untuk android.

Peningkatan terbesarnya yang dilakukan oleh Lollipop adalah pengenalan desain material yang cepat dan dipadukan ke seluruh produk Google.

  • Android 6.0 Mashmallow

Marshmallow membuat pengalaman Lollipop lebih baik lagi. Marshmallow dipamerkan di Google I/O tahun 2015. Inilah kecanggihan fiturnya: Dukungan sidik jari resmi (finger print) untuk perangkat; pembayaran seluler melalui Android Pay; Model perizinan yang lebih baik untuk aplikasi; Google Nowdi Tap; Arsip aplikasi lebih besar; Back-up full data otomatis.

  • Android 7.0 dan 7.1 Nougat

Versi android 7.0 dan 7.1 Nougat diperkenalkan pada Juni 2016. Memperkenalkan perubahan penting untuk platform dan pengembangan. Juga kemampuan menampilkan beberapa aplikasi di layar utama sekaligus.

Lingkungan berbasis “Java OpenJDK” dan render grafis “Vulkan API”. Multi Window untuk menggunakan dua aplikasi secara bersamaan; Kemampuan kalibrasi warna; Balas langsung dari pemberitahuan; Notifikasi di bundle; Pengaturan cepat akan mengubah customize.

  • Android 8.0 dan 8.1 Oreo

Android 8.0 dan 8.1 Oreo dirilis secara stabil mulai Agustus 2017 dan sudah mengalami pembaruan lewat versi Android 8.1 Oreo. Menawarkan fitur multitasking yang mumpuni dan penampilan UI yang lebih rapi. Sistem operasi android ini paling banyak digunakan saat ini.

  • Android 9.0 Pie

Android 9.0 Pie dirilis pada Agustus 2018 dengan membawa smart reply, digital wellbeing, adaptive battery, pengatur kecerahan, sampai sistem screenshoot terbaru yang lebih memudahkan pengguna.

  • Android 10 

Masa Android menggunakan nama makanan manis pun sepertinya sudah berakhir. Nama Android Q adalah Android 10, seperti penamaan sistem operasi ala iOS. Beberapa fitur unggulannya yaitu teks otomatis; smart reply; amplifier suara, navigasi gesture; mode gelap; control privasi; kontrol lokasi; update keamanan; mode fokus; family link.

  • Android 11

Google akhirnya meluncurkan versi stabil dari OS Android 11 terbarunya untuk smartphone Google Pixel, meliputi Pixel 2, 3, 3A, 4, dan 4A. OS Android 11 ini memiki sejumlah fitur baru meliputi conversation notifications, content capture, predictive tools, device control, accessibility, privacy and security dan sedikit pembaruan di desain.

Android sebagai sebuah platform makin berkembang secara signifikan sejak rilis tahun 2008. Platform android telah menguasai 2,5  miliar pengguna tiap hari pada tahun 2019. Hal ini juga menjadi salah satu sumber pendapatan terbesar dan secara otomatis mendorong era smartphone ke depannya melalui fitur canggih, cepat, dan mudah. (dita/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *