Posisi Karir di Bidang Big Data

credit gambar: https://www.dreamstime.com/career-woman-using-smartphone-her-couch-image126955404

Big data adalah bidang yang menangani dan menganalisis, mengekstrak informasi secara sistematis kumpulan data yang terlalu besar atau kompleks untuk ditangani oleh perangkat lunak aplikasi pemrosesan tradisional. Penggunaan big data sangat memiliki beberapa manfaat yang dapat mengurangi biaya, waktu dan meningkatkan performa produk aplikasi. Big data sudah banya digunakan di beberapa bidang diantaranya adalah bidang bisnis, pemerintahan dan kesehatan. Pada artikel sebelumnya, penulis sudah membahas tentang Istilah-istila Big Data. Bidang big data sudah banyak diminati tidak hanya karena banyaknya lapangan kerja tetapi juga pendapatan yang ada di bidang ini cukup tinggi. Banyak sekali posisi pekerjaan yang digeluti di bidang big data. Berikut adalah posisi pekerjaan di bidang big data.

Data Engineer

Data engineer atau teknisi data adalah bagian terpenting di sebuah tim data analytics. Data engineer bertanggung jawab untuk memahami berbagai teknologi dan kerangka kerja secara mendalam, dan cara menggabungkannya untuk menciptakan solusi yang memungkinkan proses bisnis perusahaan dengan pipeline data. Selain itu, seorang data engineer harus bisa menemukan tren dalam kumpulan data dan mengembangkan algoritme untuk membantu membuat data mentah lebih berguna bagi perusahaan. Peran IT ini membutuhkan serangkaian keterampilan teknis yang signifikan, termasuk pengetahuan mendalam tentang desain database SQL dan berbagai bahasa pemrograman.

Data Scientist

Data scientist adalah orang yang bertanggung jawab mendapatkan insight atau rekomendasi untuk pengembangan bisnis. Beberapa pekerjaan lain yang menjadi tanggung jawab data scientist adalah mengatasi permasalahan bisnis menggunakan teknik berbasis data, mengumpulkan data dalam jumlah besar dan mengubahnya menjadi format yang lebih berguna, selalu mengikuti teknik analitik seperti pembelajaran mesin (machine learning), pembelajaran mendalam, dan analitik teks. Skill yang harus dimiliki oleh data scientist adalah dapat menguasai bahasa pemrograman, termasuk SAS, R dan Python.

Bisnis Analis

Bisnis analis bertanggung jawab untuk menjembatani kesenjangan antara IT dan bisnis menggunakan analitik data untuk menilai proses, menentukan persyaratan, dan menyampaikan rekomendasi dan laporan berdasarkan data kepada eksekutif dan stakeholders. Beberapa skill yang harus dikuasai oleh bisnis analis adalah keterampilan komunikasi lisan dan tertulis, keterampilan interpersonal dan konsultatif, analytical thinking dan problem solving, berorientasi pada detail dan mampu memberikan tingkat akurasi yang tinggi, kemampuan organisasi, pengetahuan tentang struktur bisnis dan analisis stakeholders.

Ahli Statistik

Ahli statistic adalah orang yang menerapkan metode dan model statistik untuk masalah dunia nyata. Mereka mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk membantu dalam banyak proses pengambilan keputusan bisnis. Tugas seorang ahli statistic adalah merancang survei, kuesioner, eksperimen, dan jajak pendapat untuk mengumpulkan data yang mereka butuhkan. Keahlian yang dibutuhkan di posisi ini adalah kemampuan matematika yang kuat, keterampilan komputer yang luas, kemampuan untuk mengkomunikasikan temuan kepada non-ahli statistic, keterampilan analitis dan pemecahan masalah, pengetahuan industry, kerja tim dan keterampilan kolaboratif.

Pengembang Visualisasi Data (Data Visualization Developer)

Pengembang Visualisasi Data bertanggung jawab atas perluasan grafik interaktif yang kaya, visualisasi dan bagan data, merancang, mengembangkan, dan mendukung visualisasi data interaktif yang digunakan di seluruh perusahaan. Skill yang dibutuhkan untuk posisi ini adalah pemahaman tentang prinsip fundamental visual display dan informasi.

Machine Learning Scientist

Machine Learning Scientist adalah seseorang yang meneliti pendekatan baru atau bahkan algoritme yang benar-benar baru. Posisi machine learning engineer berada di antara software engineering dan data science. Mereka memanfaatkan perangkat big data dan frameworks programming untuk memastikan bahwa data mentah yang dikumpulkan dari pipeline data didefinisikan ulang sebagai model ilmu data yang siap untuk diskalakan sesuai kebutuhan. Skill yang harus dikuasai oleh machine learning scientist adalah Bahasa pemrograman termasuk Python, Java, R, C++, C, JavaScript, Scala, Julia. Beberapa jurusan yang bisa mengisi posisi ini datang dari jurusan Teknik, ilmu komputer, matematika dan statistika.

Business Intelligence Specialist

Business Intelligence Specialist (BI Specialist) bertugas membantu bisnis dengan solusi intelijen dan teknologi informasi untuk meningkatkan operasi dan profitabilitas secara keseluruhan. Para profesional ini membantu para profesional teknologi informasi menyelesaikan request ticket dan menganalisis berbagai metrik dalam berbagai proyek. Beberapa skill yang dibutuhkan di posisi ini adalah data analisis, problem-solving, pengetahuan industri spesifik, komunikasi, ketajaman bisnis.

Analytics Manager

Seorang analytics manager bekerja untuk mengembangkan dan menerapkan alat dan strategi komprehensif yang memungkinkan data mentah diubah menjadi insight bisnis. Skill yang dibutuhkan untuk posisi ini adalah unggul dalam komunikasi dan interpersonal, kemampuan untuk memenuhi tenggat waktu dan mengelola pengiriman proyek, keterampilan menulis laporan dan presentasi yang sangat baik, kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.

Industri big data memang sangat meyakinkan untuk pengembangan karir. Selain peluang yang banyak, gaji yang tinggi juga membuat industri ini banyak diminati oleh para job seeker. Apakah anda tertarik untuk mengisi salah satu posisinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *