Podcast Dapat Menjadi Sarana Pemasaran Yang Efektif

Apakah kamu merupakan orang yang hobi mendengarkan podcast? Atau mungkin ada yang belum tau podcast itu apa? Jika begitu kamu wajib simak artikel berikut ini karena sedikit banyaknya akan membicarakan mengenai podcast terlebih dari sisi marketingnya.

                Di era digital seperti saat ini setiap orang orang dapat mengakses informasi  dari berbagai sumber dan media manapun, baik dari yang bebasis teks, audio ataupun berbasis audio visual atau sering kita kenal video.

Jaman dulu sebelum internet seperti saat ini orang biasanya mendapatkan suatu informasi melalui koran ataupun media yang berbasis audio yang kita kenal adalah radio, nah saat ini keluarlah podcast sebagai salah satu produk new media, banyak orang mengira podcast itu adalah radio, ternyata tidak sama, singkatnya radio merupakan media yang memberikan informasi dan pesan melalui suara melalui frekuensi radio sehingga pendengarnya mendapatkan informasi dengan cara mencari frekuensi radio tersebut. Sedangkan podcast merupakan rekaman dalam bentuk audio visual yang memiliki kumpulan episode serta dapat diakses oleh banyak orang melalui device yang dapat mengakses internet.

Di Indonesia, jumlah pendengarnya semakin bertumbuh. Dilansir dari Kompas, jumlah pendengar pada layanan streaming music Spotify pada kuartal kedua naik pesat sebanyak 50 persen dari kuartal sebelumnya.Di Amerika, jumlah pendengarnya terus bertambah. Pada rentang waktu antara 2015-2016, jumlahnya semakin bertambah dan menurut Kickofflabs, satu dari 5 orang Amerika mendengarkan Podcast setiap bulannya dan masih akan terus bertambah.Kepopuleran Podcast dipkamung oleh para pengusaha sebagai salah satu media untuk memasarkan bisnis mereka. Media suara tersebut dipercaya bisa meningkatkan brand awareness mereka

Podcast saat ini menjadi pilihan favorit masyarakat untuk mendapatkan informasi, terbukti dari beberapa orang podcaster yang berhasil memiliki jutaan penonton di setiap episodenya, jika kamu sering buka youtube dan nonton podcast pasti tidak asing dengan Deddy Corbuzier, yaps meski masih dibilang podcaster baru namun dari setiap episodenya kurang dari sehari setelah diunggah bisa mendapatkan jutaan viewers, maka dari itulah podcast saat ini bisa menjadi sarana marketing yang efektif.

Menurut Forbes, “Podcast menjadi populer berkat keberadaan smartphone. Kini, smartphone bisa dijangkau dengan mudah oleh semua orang karena harganya yang murah terutama di Indonesia. 44% masyarakat dunia telah menjadi pendengar setia dengan rentang usia mulai dari 18 tahun hingga 34 tahun pada tahun 2018. Dalam research yang dilakukan oleh Dailysocial tentang Podcast User Research in Indonesia 2018, jumlah pendengarnya kebanyakan berusia dari 21 tahun hingga 24 tahun. Bisa dibilang, pendengarnya kebanyakan berasal dari generasi Millenial baik dalam maupun luar negeri”.

                Ada 2 alasan kenapa Podcast begitu digemari oleh banyak orang pada saat ini karena, mudah diakses serta pilihan kontennya yang lebih beragam. Tidak seperti radio, Podcast tersaji dalam berbagai macam konten yang dibuat oleh beragam Podcaster sehingga, orang-orang bisa bebas memilih konten yang mereka inginkan. Selain itu, faktor pemutar layanan juga memegang penting dalam meningkatkan tingkat popularitasnya. Spotify menjadi layanan paling populer di Indonesia dan digunakan banyak orang menurut Dailysocial pada tahun 2018, lalu ditahun 2020 ini youtube juga dapat menjadi alternatif karena sudah banyak podcaster yang merambah youtube.

Bagi pengusaha, Podcast bisa menjadi sarana pemasaran brand yang sesuai tujuan. Menurut business.com, para pendengar akan merasa lebih akrab ketika mendengarkan suara dan menghadirkan pengalaman yang berbeda. Selain itu, para pengusaha bisa memilih podcast yang dituju sesuai dengan keinginan mereka.

Podcast bisa menjadi salah satu media pemasaran yang efektif dan bisa Kamu manfaatkan untuk memperluas pemasaran brand Kamu. Momen ini pas dengan munculnya sejumlah podcast yang sedang populer baik dalam negeri maupun luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *