Manfaat Lain Sosial Media

Saat ini social media mungkin sudah menjadi tempat yang tidak asing  bagi berbagai kalangan. Mungkin dulu social media hanya dipakai untuk saling sapa dan mendokumentasikan kegiatan kita ke beberapa platform social media. Namun semakin bertambahnya waktu, ternyata social media juga bisa menjadi wadah untuk memasarkan produk atau jasa yang kita miliki.

Aktivitas menggunakan social media sebagai sarana untuk memasarkan produk/jasa disebut sebagai social media marketing. Hal ini merupakan salah satu bagian dari digital marketing yang sangat penting untuk dijalankan karena pelanggan dari produk atau jasa merupakan pengguna dari sosial media platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Kita dapat menampilkan konten berupa gambar, tulisan, dan bahkan video yang menarik untuk audiens.

Pengguna Facebook dapat mencapai 4.4 juta akun perbulan yang aktif, itu baru social media facebook saja belum lagi social media lain seperti instagram, twitter. Kebanyakan orang pun menggunakan sosial media bukan hanya untuk mengupload gambar dan sharing aktivitasnya sehari-hari, ada juga yang menggunakannya untuk berjualan dan belanja.

Saat ini, sudah banyak sekali akun sosial media yang dijalankan oleh bisnis, baik dari skala yang kecil sampai ke skala yang besar. Online shop di Facebook dan Instagram pun juga sangat beragam, dari produk fashion, makanan, obat-obatan, dan bahkan koleksi mainan.

Ditambah lagi saat ini fitur akun bisnis sudah tersedia pada beberapa platform social media. Fitur ini sangat memudahkan kita untuk berbisnis. Mulai dari mencantumkan harga langsung pada postingan yang kita upload, hingga persentase audiens yang mengikuti atau melihat postingan yang kita bagikan.

Namun kita juga harus mengetahui terlebih dahulu hal yang terpenting adalah menentukan strategi objektif untuk mengaktivasikan akun sosial media bisnis. Hal ini akan berhubungan langsung dengan alasan kita dalam memanfaatkan social media account seperti Facebook dan Instagram.

Mengacu pada setiap benda atau jasa yang ditawarkan, karena tidak semua bisnis memiliki strategi sosial media marketing yang sama.

Sebagai contoh, akun sosial media yang berjualan produk fashion dan akun sosial media produk kesehatan. Strategi objektif sosial media tersebut akan menentukan konten yang akan Anda tuangkan dalam bentuk gambar, tulisan, ataupun video.

Keuntungan dalam Menggunakan Social Media Marketing

1. Harga relatif murah

Untuk membuat akun social media bisnis, kita tidak perlu mengeluarkan uang. Fitur ini gratis, sama seperti membuat akun social media biasa. Jadi kita hanya perlu mempelajari hal terkait konten yang akan mengisi akun social media kita agar terlihat lebih menarik.

2. Fleksibel untuk menjalankan paid advertising

Paid advertising yang ditawarkan oleh Facebook Ads sangatlah mudah untuk digunakan karena iklan tersebut dapat dijalankan kapan pun, dan juga kita dapan menyesuaikan kebutuhan dan budget yang ditentukan.

3. Penggantian konten secara rutin dan teratur

Berbeda dengan media yang lainnya, kita dapat mengupload konten yang berbeda setiap harinya menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika dibandingkan dengan iklan radio atau televisi, mereka hanya akan menjalankan satu skrip yang sudah kita siapkan. 

4. Social media presence

Tidak salah lagi, social media presence sangatlah dibutuhkan oleh suatu bisnis karena konsumen mencari informasi mengenai suatu produk atau servis melalui sosial media, selain menggunakan search engine.

5. Customer relationship management medium.

Banyak sekali bisnis yang melupakan pentingnya hubungan yang baik dengan konsumen, sehingga konsumen itu pun beralih ke kompetitor produk atau servis yang sama.

Akun sosial media dapat menampung berbagai macam keluhan, saran, dan apa pun yang konsumen rasakan sehingga kita tahu, apa yang perlu diperbaiki secara cepat.

Menentukan Platform Sosial Media Yang Tepat

Ada beberapa platform sosial media yang dapat pilih, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin, dan Youtube. Tentunya, tiap platform memiliki audiens yang berbeda sehingga kita harus menyiapkan strategi konten yang berbeda.

Sebagai contoh, kita dapat menggunakan Facebook sebagai platform untuk mengkomunikasikan nilai-nilai dari perusahaan dan bisnis secara keseluruhan, sedangkan Instagram untuk show case benda atau servis yang kita miliki.

Karena objektif yang berbeda inilah kita harus membuat dua strategi konten yang berbeda di kedua platform tersebut. Satu kesamaan yang pasti adalah kita dapat mengumpulkan fanbase atau followers dari akun bisnis Anda, serta berkomunikasi secara langsung pada konsumen.

Dengan segala kemudahan untuk menjangkau social media saat ini. Kita dapat memanfaatkannya tidak hanya untuk berkomunikasi dengan seseorang dari kejauhan, namun kita juga dapat menggunakannya untuk menawarkan produk atau jasa dari bisnis yang kita miliki. Selain murah dan fleksibel, masih banyak lagi kelebihan yang dapat kita rasakan untuk mendukung kesuksesan bisnis kita.

SUMBER;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *