Tiktok Sebagai Media Promosi

credit gambar: www.tiktok.com

Tiktok adalah salah satu platform sosial media. Tiktok merupakan wadah dimana para penggunanya dapat menikmati, membuat dan membagikan tayangan video berdurasi pendek mulai dari 15 detik, 1 menit dan bahkan bisa sampai berdurasi 3 menit (untuk beberapa pengguna) mengenai berbagai topik. Tiktok berasal dari China di bawah perusahaan Bytedance. Selama menjamur di Indonesia, platform ini banyak digunakan di kalangan generasi Z. Belakangan, platform ini juga aktif digunakan oleh milenial. Aplikasi Tiktok diestimasikan memiliki 800 juta pengguna aktif. Dilansir Seluler.id, jumlah pengguna Tiktok yang aktif di Indonesia hingga saat ini adalah 30,7 juta orang. Dengan angka yang tidak sedikit, Indonesia menempati posisi keempat dari negara pengguna Tiktok terbanyak.

Dengan angka yang tidak sedikit, tentunya peluang pasar yang ada sangat besar juga, Tiktok bisa dijadikan sebuah alat untuk mempromosikan bisnis. Dari tahun ke tahun Tiktok selalu memberikan peningkatan topik yang tidak melulu soal musik namun ke topik yang lebih luas lagi. Topik lain yang berada di Tiktok selain music adalah edukasi. Beberapa pengguna sudah memanfaatkan Tiktok sebagai “marketing tools” mereka. Tiktok memiliki laman bernama “For You” yang memungkinkan pengguna umum melihat konten unggahan orang lain yang tidak mereka follow sesuai preferensi video yang mereka tonton. Konten yang diunggah ke platform ini memiliki potensi meraih banyak tontonan jika masuk ke laman  “For You.”

Apa saja hal yang bisa dilakukan bagi pebisnis ataupun influencer jika mereka memiliki Tiktok?

Buat Niche

Sebelum membuat konten Tiktok, ada baiknya anda terlebih dulu mengetahui ingin memiliki niche seperti apa. Hal ini akan membuat engagement konten anda menyentuh dan  memiliki audiens yang kita harapkan. Audiens yang tertarik dengan salah satu video anda yang lewat di laman “For You” mereka akan mengunjungi profil akun anda, kemudian jika mereka menemukan video-video serupa maka kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk memfollow anda. Beberapa niche yang bisa anda gunakan adalah: finance, fashion, travel, food recipes, local news, celebrities, scholarship, programming, copywriting, digital marketing, etc.

Konsisten dengan Konten

Setelah mengetahui dan memutuskan untuk memilih salah satu niche, buatlah target untuk memposting konten dengan konsisten. Tidak perlu memposting konten setiap hari untuk memulainya. Hal itu bisa saja dilakukan jika anda memiliki banyak ide dan isi konten anda tidak membosankan. Untuk pemula, anda bisa mulai memposting konten minimal 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Ikuti Challenge

Tiktok sangat terkenal dengan #TiktokChallenge. Beberapa dari kita mungkin sudah pernah mendengar itu atau bahkan mengikuti sendiri #TiktokChallenge. Anda bisa mencari challenge yang sedang menjadi trending di Tiktok dan membuat konten itu sesuai dengan niche yang anda miliki. Anda juga bisa menggunakan sound dari challenge yang sedang viral untuk digunakan pada konten yang akan anda upload sehingga bisa masuk dalam laman “For You” dan mendapatkan audiens yang lebih luas lagi.

Buat Konten Soft Selling

Bagi pebisnis, mendapatkan konsumen melalui sosial media merupakan hal yang sangat membutuhkan. Namun, mempromosikan produk anda dengan cara “beriklan” yang lawas bukan hanya di Tiktok namun hampir di semua sosial media, tidak akan meraih banyak perhatian audiens. Sudah banyak anak muda yang menggunakan ad-blocker jika melihat konten iklan yang membosankan. Maka dari itu, buatlah konten iklan soft selling. Anda bisa membuat konten soft selling ini dengan story line dan menempatkan promosi di akhir video, hal ini akan membuat audiens penasaran dan menonton video anda sampai habis.  

Terus belajar untuk meningkatkan kreativitas

Membuat video pendek mungkin terdengar mudah bagi sebagian orang, namun jika anda sudah mulai masuk kedalam Tiktok dan melihat beberapa video yang viral atau anda mencoba untuk membuat video dengan berbagai fitur yang sudah disediakan Tiktok, hal itu tidaklah mudah. Maka dari itu, jangan pernah berhenti untuk terus belajar dan juga update dengan trending maupun fitur yang disediakan oleh Tiktok agar anda tidak tertinggal.

Banyak sekali hal yang bisa dilakukan seseorang di Tiktok. Dengan audiens yang beragam dan juga banyak, hal ini tentu saja sangat menguntungkan terlebih bagi anda yang memiliki bisnis atau mempromosikan diri anda sebagai influencer di Tiktok. Sudahkah anda siap untuk mulai bereksplorasi di Tiktok?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *