6 Teknologi Yang Akan Menjadi Tren Di Tahun 2021

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup kompleks, pasalnya hampir setahun penuh di tahun 2020, dunia digemparkan dengan adanya virus mematikan yakni virus covid-19, yang dimana dengan adanya pandemi virus covid-19 tersebut, aktifitas dan kegiatan masyarakat menjadi sangat terbatas, sehingga masyarakat diseluruh dunia harus beradaptasi dengan keadaan normal baru atau new normal. Tidak hanya masyarakat yang beradaptasi dengan keadaan tersebut, namun adaptasi juga terjadi  di dunia teknologi. Sepanjang tahun, hampir seluruh sektor bisnis dan usaha masyarakat dituntut untuk melakukan digitalisasi sesuai dengan keadaan dan tren teknologi saat ini. Untuk itu, kami akan bahas 5 teknologi yang akan menjadi tren di tahun 2021, simak selengkapnya disini !

  1. Video Conferencing 

Dampak pandemi covid-19 yang membatasi aktifitas masyarakat membuat teknologi video conference sangat diminati masyarakat untuk tetap mejaga produktifitas tetap berjalan. Perusahaan seperti Zoom, Cisco’s Webex, Microsoft’s Teams, Google Hangouts, dan GoToMeeting menyediakan sistem konferesi video guna memfasilitasi pekerjaan jarak jauh. Mereka menyediakan platform yang memungkinkan kolaborasi visual.

  • Hybrid Cloud 

Hybrid cloud saat ini sudah menjadi pilihan default bagi kebanyakan perusahaan. IDC memprediksi bahwa pada 2021 lebih dari 90 persen perusahaan di Asia Pasifik (kecuali Jepang) akan mengandalkan perpaduan antara on-premise/dedicated private cloud, beberapa public cloud, dan platform lama (legacy) untuk menjawab kebutuhan infrastruktur mereka. Dengan data yang menyebar di seluruh hybrid cloud, sangat penting bagi perusahaan untuk mengamankan dan mengelola data-data itu secara efektif, entah digunakan atau tidak. Perusahaan yang pengamanan dan tata kelola datanya lemah tak hanya rentan menjadi korban cyber attack maupun ancaman dari dalam, tapi juga akan kesulitan mematuhi berbagai regulasi seperti peraturan perlindungan data dan kewajiban know your customer (KYC).

Sumber: https://mediaindonesia.com/teknologi/377020/empat-tren-teknologi-diprediksi-dominasi-2021

  • Telehealth

Telehealth menjadi sangat populer, dimasa pandemi saat ini  tidak sedikit orang yang merasa takut untuk datang langsung ke rumah sakit, untuk itu banyak pihak telah mulai menerpakan telehealth seperti konsultasi via chat atau video call antara dokter dan pasien, diagnosa A.I berbasis avatar, pengantaran obat, hingga pembuatan janji jika memerlukan layanan kesehatan offline. Selain itu, dimungkinkan juga untuk mendiagnosis pasien dan perawatan kesehatan robotik.

  • Pengembangan Vaksin

Vaksin merupakan senjata utama untuk dapat mengendalikan penyebaran virus covid-19, maka teknologi menjadi sangat krusial dalam penemuan dan pengembangan vaksin covid-19. Dilansir dari https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201117132636-199-570818/mengenal-teknologi-yang-bisa-percepat-pembuatan-vaksin-corona. Ahli pandemi dan epidemiolog, Dicky Budiman mengatakan “Teknologi yang mempercepat pembuatan vaksin adalah rekayasa genetika.teknologi rekayasa genetika juga telah mendorong kemajuan pesat dalam teknologi vaksin.Vaksin ini adalah vaksin yang berisi instruksi genetik untuk membuat protein virus seperti protein spike SARS-CoV-2 agar tubuh bisa membangun imunitas. Sel-sel di tubuh penerima kemudian menggunakan instruksi untuk membuat protein di dalam tubuh agar sel-sel kekebalannya dapat melihat dan merespons protein itu”.

  • Infrastruktur 5G

Ada beberapa keunggulan jaringan 5G, misalnya jaringan dapat terhubung dengan peralatan rumah tangga, telepon, dan mobil serta memiliki kecepatan jaringan 5G yang bisa mencapai 800 Gbps per detik sehingga kamu bisa download 30 film dengan kualitas HD (high definition) dalam hitungan detik.

Setidaknya, hingga akhir 2020 sudah terdapat 101 operator seluler yang tersebar di 45 negara yang menawarkan layanan 5G. Indonesia pun direncanakan akan segera mengakselerasi keberadaan jaringan 5G. Dengan kemunculan jaringan 5G, manusia diprediksi akan semakin tergantung dengan ponsel dan perangkat pintar. Pada tahun 2021, jaringan 5G akan semakin ramai digunakan. Selain itu, beberapa brand ponsel, seperti Apple dan Samsung kabarnya akan segera merilis ponsel 5G.

  • Artificial Intelligence (AI)

Keceradasan buatan (A.I) dan teknologi otomasi industri akan banyak diminta dan cepat perkembangannya. Karena dengan A.I dapat membatu organisasi atau perusahaan menyelesaikan masalah dalam skala lebih besar. Contohnya, saat industri membutuhkan banyak tenaga kerja namun dengan adanya pandemi hal tersebut tidak dapat direalisasikan, sehingga tenaga kerja menjadi masalah. Bantuan AI, dan internet of things (IoT) akan menjadi solusi alternatif dalam, mengoperasikan perusahaan atau industri secara automatis.  

Tahun 2021 memang masih baru bejalan beberapa saat, namun tidak ada yang tahu kedepannya akan seperti apa, kemampuan seseorang untuk dapat beradaptasi dengan cepat, terutama beradaptasi dengan teknologi terbaru menjadi salah satu kunci untuk dapat bertahan di masa sulit seperti ini.

 Tidak dapat dimungkiri bahwa kehadiran tren teknologi baru marupakan hasil dari implementasi new normal, seperti aturan pemerintah yang mengharuskan work form home, misalnya, tentu saja presentasi dan kegiatan pekerjaan lainnya dapat dilakukan tanpa bertemu langsung dengan menggunakan video conferencing. Lalu teknologi untuk menciptakan vaksin covid-19, dan masih banyak teknologi lainnya, oleh karena itu penting sekali bagi masyarakat modern untuk adaptif dengan teknologi-teknologi terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *