Ide Konten Instagram Bisnis

Image Instagram Business

Apakah anda merupakan salah satu pengusaha yang memiliki instagram bisnis? Jika iya, maka anda perlu untuk memerhatikan konten yang harus anda unggah di instagram agar audience tidak bosan. Memiliki instagram bisnis bukan berarti anda terus-menerus mengunggah konten berjualan, promosi produk ataupun hal-hal yang monoton karena hal itu akan membuat audience bosan dan mungkin akan mute atau bahkan berhenti mengikuti instagram anda. Sebelumnya, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu kebutuhan audience di bisnis anda agar informasi konten yang diunggah tidak akan bersebrangan dengan target pasar anda. Setelah itu, anda bisa mengeksplor hal yang berkaitan dengan kebutuhan tersebut. Berikut beberapa ide untuk membuat konten instagram anda tidak membosankan:

Berikan Tips

Membuat konten tentang tips sangat berguna untuk menambah informasi audience anda. Jika anda adalah penjual produk fashion, anda bisa berbagi tips kepada audience anda tentang cara mencuci kain berbahan cerutty, cara merawat tas kulit, dan lain sebagainya. Dengan demikian, audience yang membeli barang anda tidak perlu mencari dulu cara-cara tersebut di search engine karena informasi sudah cukup didapatkan melalui instagram anda. Jika anda memiliki bisnis lain, anda dapat menerapkan cara yang sama pada produk yang anda jual.

Kutipan dari Expert atau Influencer

Membuat konten tentang kutipan juga merupakan hal yang bisa anda lakukan. Banyak sekali kutipan inspirasional dan bermanfaat yang dapat anda ambil dari ucapan expert ataupun influencer yang berkaitan dengan produk yang anda jual. Dengan berbagi kutipan positif, hal ini dapat membantu audience lebih bersemangat dan mungkin dapat menarik audience lain juga.

Unggah konten tutorial

Apakah anda pernah mengunggah konten tutorial yang berkaitan dengan produk yang anda jual? Jika belum, ini saat yang tepat. Unggahlah informasi tutorial yang dibutuhkan oleh calon customer anda. Contohnya saja jika anda memiliki usaha hijab, maka anda bisa membuat konten tutorial hijab style yang berbeda atau anda juga bisa membuat tutorial outfit of the day (OOTD) atau mix and match fashion. Hal ini akan menambah referensi dan akan berguna bagi calon customer anda setelah membeli produk anda.

Konten Behind The Scene

Konten belakang layar bisnis anda dapat membuat audience merasa memiliki hubungan yang lebih personal dengan brand anda. Disini anda dapat berbagi video ataupun photo yang memuat kegiatan tim anda, office tour, proses produksi barang sampai dengan packing, proses photo produk, dan sebagainya. Anda juga bisa membagikan cerita bagaimana anda mulai bisnis anda dan jadikan hal tersebut sebagai story telling. Disini semua kegiatan yang berkaitan dengan proses bisa anda ceritakan.

Unggah testimonial

Testimonial atau bisa juga review yang anda dapatkan dari customer anda sangat berguna dan bisa memacu calon customer anda dan tertarik untuk membeli produk anda. Unggahlah review positif yang anda dapatkan dari customer anda. Dengan demikian, hal ini akan berdampak positif juga untuk image brand yang anda jual karena sudah banyak bukti dari para customer anda.

Repost photo dari customer

Selain mengunggah testimonial, anda juga dapat repost konten customer anda yang menandai anda pada photonya. Jika anda masih baru untuk berbisnis, anda bisa menawarkan lomba, diskon ataupun giveaway untuk customer anda dengan syarat mereka harus memposting photo mereka dengan produk yang mereka beli dari anda dan juga memberikan sedikit ulasan. Dengan demikian anda akan memiliki photo dari customer untuk direpost.

Konten teaser produk

Sebelum anda memposting produk yang anda jual, ada baiknya membuat audience penasaran dulu dengan produk yang anda jual. Dengan demikian anda bisa mendapatkan lebih banyak lagi viewers untuk produk yang akan anda jual. Contohnya jika anda adalah pengusaha fashion, mungkin anda akan membuat beberapa season untuk produk anda. Ada baiknya sebelum mengupload langsung semua produk, anda berikan dulu sedikit teaser produk dengan tanggal rilis yang anda tentukan, setelah itu beberapa hari kemudian anda dapat mengupload semua produknya. 

Demikianlah ide-ide yang dapat anda kembangkan dan juga posting di instagram bisnis anda. Terlepas dari itu semua, anda masih bisa dapat membuat konten yang diseling dengan konten promosi produk anda. Buatlah konten semenarik mungkin agar audience anda tidak bosan untuk terus mengikuti anda di instagram.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu!

Penulis: Novi Hirena I.

Credit gambar: https://dailysocial.id/post/instagram-bisnis-sudah-bisa-bikin-postingan-terjadwal-via-hootsuite/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *