8 Mesin Pencari Alternatif Selain Google

Google. Siapa tak kenal diaa… Mesin pencari yang memiliki slogan tak resmi Don’t be evil ini, kini merupakan perusahaan raksasa yang mendominasi produk dan jasa internet di dunia.

Salah satu misi Google yaitu “mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses juga bermanfaat oleh semua orang” kini sudah tercapai. Namun Google tak lantas berhenti disitu, kini semakin berkembang dengan mengeluarkan terobosan-terobosan baru.

Kamu juga pasti mengakui bahwa manfaat Google yang luar biasa di bidang produk dan jasa internet berpengaruh banyak dalam menjalani aktivitas hidupmu.

Mau cari informasi apapun tinggal ketik di Google lalu klik, brett semua keluar deh sumber website, forum, blog, sosmed, dan lainnya.

Namun, kalian tau gak, ternyata banyak mesin pencari lain yang memiliki tingkat keamanan cukup baik selain Google. Mau tau apa saja mesin alternatif itu?

1. DuckDuckGo

Buat kamu yang khawatir tentang privasi pencarian ketika browsing, gunakanlah DuckDuckGo.

Mesin pencari yang satu ini memiliki kebijakan untuk melindungi privasi dan tidak merekam informasi apapun dari pengguna. Tidak seperti kebijakan privasi milik Google yang sampai sekarang masih dianggap kontroversial.

Didirikan tahun 2007 oleh Gabriel Weinberg, saat ini DuckDuckGo melayani sekitar lima juta pencarian per bulan. Situs ini menawarkan informasi yang lebih akurat dan informatif.

DuckDuckGo mendapatkan penghasilan melalui iklan kontekstual. Misal jika pengguna mencari ‘Bandung’ maka akan muncul sebuah link sponsor yang berisi informasi tentang kota itu.

Weinberg mengungkapkan ketika pengguna dihadapkan untuk memilih antara hasil yang bagus dengan hasil bagus plus privasi aman, orang akhirnya akan memilih yang terakhir.

Situs DuckDuckGo juga pernah memasang billboard kampanye yang cukup besar bertuliskan : “Google melacak Anda, Kami Tidak.”

2. Wolfram Alpha

Jika kamu membutuhkan akses fakta dan data dunia, maka WolframAlpha adalah jawabannya. Mesin pencari terbaik selain Google ini mengakui dirinya sebagai ‘computational knowledge engine’.

Situs yang dirilis tahun 2009 ini didirikan oleh seorang fisikawan partikel dan penerima penghargaan “jenius MacArthur”, Stephen Wolfram.

WolframAlpha menyajikan hasil pencarian berupa data terakurasi. Jadi memanfaatkan kumpulan data yang sudah dilisensi dan dinilai para pakar dan informasi luring. Oleh karenanya, situs ini banyak dipakai oleh para peneliti keamanan.

3. Blekko

Hampir sama dengan DuckDuckGo, situs ini menawarkan pengalaman berselancar kamu lebih private. Jika kamu benci spam dan menyukai slashtags, Blekko cocok kamu gunakan sebagai alternatif mesin pencari.

Blekko membuat inovasi baru yang disebut slashtags,-sebuah tag teks yang didauhuli oleh karakter slash (garis miring) “/”. Yang bisa digunakan untuk penulusuran berdasarkan kategori.

4. Startpage

Hampir sama sih kayak Google Search, namun Startpage akan memberikan kamu pengalaman browsinglebih aman dan nyaman.

Karena Startpage menghilangkan semua fitur pelacakan yang tersedia. Jadi tidak akan dilacak seperti Google.

5. Bing

Mesin pencari keluaran Microsoft ini merupakan saingan terkuat Google. Jika kamu seorang pemasar digital yang menggunakan operator pencarian lanjutan, coba deh pake Bing.

Akhir-akhir ini Bing juga melebarkan sayapnya dengan menampilkan pencarian berbasis media sosial, mengikuti jejak Google. Boleh dicoba guys!

6. Boardreader

Buat kamu yang ingin mencari forum, blog dengan cara mudah, Boardreader solusinya. Coba deh pake.

Boardreader menyajikan informasi yang terdapat dalam forum web dan message boards. Beberapa message boards dapat dicara secara bersamaan, sehingga memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi.

7. Gigablast

Mesin pencari dengan fitur yang menarik dan cukup banyak ini rilis tahun 2000 oleh MattWells.

Gigablast disebut-sebut sebagai situs yang peduli lingkungan karena 90% daya yang digunakan berasal dari energi angin.  Tahun 2005 mesin indeks dari Gigablast hampir memiliki satu miliar halaman web yang sudah terindeks.

8. Privatelee

Pernah pake situs Privatelee? Belum, cobain deh. Dan rasakan pengalaman berselancar internet lebih menarik.

Situs ini juga mendukung pro-privasi pengguna sehingga ketika menelusuri pencarian akan lebih aman dengan filter yang mumpuni.

Selain itu, keyword kamu tidak akan digunakan sebagai ads. Melalui Privatelee jangkauan pencarian kamu bisa lebih luas loh.

Jadi sekarang kamu punya pilihan selain searching lewat mbah Google ya. (dita/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *