6 Keuntungan Bekerja di Perusahaan Startup

Seiring  perkembangan teknologi dan tantangan di era revolusi industri 4.0, saat ini banyak perusahaan-perusahaan startup bermunculan. Starup dari berbagai bidang hadir untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Seperti halnya di Indonesia popularitas startup semakin meningkat, bahkan terdapat startup yang telah mencapai level unicorn seperti Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak. Tidak hanya itu, Gojek yang merupakan startup pertama di Indonesia kini telah mencapai level decacorn.

Perusahaan startup yang saat ini sedang naik daun membuat banyak orang tertarik bekerja di perusahaan startup, bahkan lapangan pekerjaan di perusahaan startup ini banyak digandrungi oleh anak muda. Hal tersebut karena bekerja di startup dipandang memiliki gaya yang cocok bagi anak muda. Bagaimana tidak ? bekerja di perusahaan startup memiliki  banyak keuntungan terutama bagi kaum milenial yang sedang mengembangkan karir dan keterampilan.

Bagi kamu yang akan memulai karir dan sedang mempertimbangkan perusahaan mana yang cocok dengan fashion kamu, berikut beberapa keuntungan bekerja di perusahaan startup yang perlu kamu ketahui sebagai bahan pertimbangan  :

1. Lingkungan Kerja Yang Asyik

Perusahaan startup biasanya berisikan anak-anak muda yang kreatif, berbakat dan mudah bergaul. Terlebih lagi dengan jumlah karyawan di perusahaan stratup yang di bilang tidak begitu banyak, membuat suasana bekerja di perusahaan startup akan terkesan lebih santai. Rekan kerja yang hampir sebaya membuat perbincangan tidak kaku dan kamu bisa berbagi satu sama lain tanpa rasa canggung, terutama sharingterkait pekerjaan atau projek yang sedang di jalankan. Lingkungan kerja juga semakin asyik karena tidak terasa adanya hierarki, kamu bahkan bisa mengobrol santai dengan CEO perusahan.

2. Tidak Ada Tuntutan Berpakaian Formal

Selain lingkungan yang asyik, bekerja di perusahaan startup juga tidak di tuntut untuk menggunakan pakaian formal seperti kemaja dan celana atau rok bahan. Asalkan rapih dan bersih pergi ke kantor bisa mengenakan kaos, celana jeans dan sneakers. Hal ini karena perusahaan startup tidak mengadaptasi sitem kerja yang moderat dan turun temurun. Kamu bisa tetap terlihat trendy dengan gaya berpakaian yang tidak terlalu formal untuk pergi ke kantor.

3. Jam Kerja Sangat Fleksibel

Perusahaan pada umunya menerapkan jam kerja yang baku sekitar 8-9 jam dan dimulai dari pukul 8 hingga pukul 5 sore. Berbeda dengan perusahaan startup,kamu bisa masuk lebih siang namun sebagai gantinya jam pulang lebih malam. Bekerja di perusahaan startup juga tidak kaku seperti hanya mengerjakan pekerjaan di kantor saja, pada waktu tertentu kamu bisa saja tidak harus datang ke kantor atau work from home asalkan tetap bisa terhubung dari mana saja.

4. Meningkatkan Kemampuan Multitasking

Perusahaan pada umumnya akan memberikan jobdesc yang tetap dan fokus pada satu pekerjaan saja, berbeda dengan perusahaan startup yang sistem kerjanya fleksibel kamu bisa saja mengerjakan pekerjaan di luar jobdesc atau lebih dari satu pekerjaan tergantung dari apa yang sedang dibutuhkan perusahaan. Hal ini cukup baik untuk mengasah kemampuan multitasking untuk produktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Bekerja di Perusahaan startup memiliki tantangan untuk mempelajari banyak hal baru, sehingga skill akan terus berkembang.

5. Belajar Memanajemen Waktu

Jam kerja di perusahaan startup yang fleksibel bukan berarti asal-asalan, dalam menyelesaikan pekerjaan juga harus taat pada deadline yang sudah ditetapkan. Karena pekerjaan yang multitasking, menjadi tantangan untuk memanajemen waktu dengan baik. Hal ini bisa membuat kamu untuk terus belajar megatur waktu dan membuat jam kerja setiap harinya agar tugas yang harus diselesaikan tidak keteteran.

6. Belajar Mandiri dan Bertanggung Jawab

Pada perusahaan besar umunya karyawan yang baru masuk kerja akan mengikuti masa percobaan dengan diberi arahan oleh atasan serta di bimbing dan dijelaskan secara rinci bagaimana teknis pekerjaan yang harus dilakukan. Berbeda dengan perusahaan startup, kamu dituntut untuk mandiri mengerjakan pekerjaan tanpa penjelasan yang rinci dan mendalami apa yang kamu kerjakan dengan mencari tahu banyak hal. Hal ini berpengaruh terhadap pekerjaan yang kamu selesaikan, kamu akan belajar untuk lebih bertanggungjawab menyelesaikan semua pekerjaan dalam segala kondisi. Sehingga di kemudian hari kamu akan lebih siap jika dilimpahi tugas yang lebih besar.

Apakah kamu tertarik bekerja di perusahaan startup ? pada dasarnya setiap perusahaan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, namun kamu bisa melihat mana yang memang sesuai dengan minat dan fashion kamu serta mendatangkan banyak hal positif.

Penulis : Widiawati S.A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *