Membangun Personal Branding di Sosial Media

Hampir semua masyarakat di dunia sudah memiliki sosial media. Namun, masih sedikit sekali orang yang memanfaatkan sosial media untuk membangun personal brandingnya. Menurut Gehl (2011), personal branding adalah refleksi dari keterampilan, kemampuan dan gaya hidup seseorang. Personal branding sangat penting untuk dimiliki. Melalui personal branding, seseorang bisa memasarkan diri mereka layaknya produk atau brand.  Jika seseorang memiliki personal branding yang kuat, mereka akan mendapatkan keuntungan dari lingkungannya. Meskipun demikian, untuk membangun personal branding di sosial media, anda tidak memerlukan banyak followers terlebih dahulu. Cukup untuk menjadi diri sendiri dan gunakan sosial media seoptimal mungkin. Jika personal branding yang dibangun bagus, maka followers atau audiens akan bertambah seiring waktu.

Manfaat personal branding sangatlah beragam. Saat ini tak jarang beberapa perusahaan akan melihat sosial media calon kandidat pegawainya. Personal branding yang terefleksi dengan baik dalam sosial media seseorang akan menjadi nilai plus dan baik untuk proses perekrutan tersebut.  Selain itu, dengan personal branding yang baik, seseorang akan diingat sesuai dengan ciri khas yang ia bangun di sosial medianya oleh para koleganya. Berikut beberapa cara untuk membangun personal branding di sosial media:

Pahami Kelebihan dan Kekurangan

Sebelum menentukan hal apa yang ingin dibagikan dalam sosial media, ada baiknya anda memahami dulu kelebihan dan kekurangan anda. Satu cara yang bisa anda terapkan adalah dengan mengevaluasi Sthrength (kelebihan), Weakness (kekurangan), Opportunity (peluang), Threat (ancaman) yang ada dalam diri anda.  Jika sudah mengetahui semua hal itu, anda bisa menentukan passion yang ingin anda perlihatkan di sosial media anda tanpa harus merasa takut dengan ancaman ataupun kelemahan yang ada dalam diri anda. Ada baiknya anda hanya memilih satu bidang yang ingin anda perlihatkan di sosial media anda. Misalnya: digital marketing skill.

Gunakan Username yang Sama Untuk Semua Sosial Media

Memiliki satu username yang sama untuk semua akun sosial media akan membuat followers anda mudah untuk mencari dan mengenali anda. Selain itu, penggunaan username yang sama di semua platform juga untuk menghindari penipuan yang dilakukan pihak lain yang ingin mengatasnamakan anda.

Isi Biodata Sosial Media

Apakah anda termasuk orang yang mengosongkan bagian biodata di sosial media anda? Isilah biodata itu sekarang. Anda bisa memasukan profesi, hobi, ataupun tipe kepribadian anda pada biodata sosial media anda. Dengan mengisi biodata sosial media, audiens akan lebih mengenal siapa diri anda.

Atur Personal Interest

Agar terhindar dari informasi yang terlalu menumpuk dan beragam, ada baiknya anda mengatur personal interest di sosial media anda dengan hanya mengikuti hashtag tertentu ataupun mengikuti orang-orang yang berada sama dengan bidang anda. Dengan cara itu, feeds instagram anda akan lebih tertata rapi sesuai dengan apa yang anda minati. Bagikan konten yang berkaitan dengan interest anda baik itu berasal dari opini, maupun berasal dari bacaan di blog, website maupun jurnal. Selalu cantumkan sumber jika membagikan tulisan ataupun karya orang lain. Beri rekomendasi produk yang anda sukai kepada followers anda. Bandingkan produk yang anda sukai dengan produk lain. Bagikan konten yang positif agar energi tersebut dapat menular kepada audiens anda. Namun jangan terlalu banyak membagikan konten agar audiens tidak bosan.

Jaga Interaksi yang Baik

Sosial media dibuat untuk saling berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu ada baiknya selalu menjaga interaksi dan menjawab setiap pertanyaan yang masuk ke direct message maupun komentar konten anda. Dengan ini, anda akan bisa menjaga relasi yang baik dan menambah koneksi.

Hindari Konflik

Akan ada  beberapa hal yang mungkin akan mengundang ketidak setujuan anda ataupun tidak sesuai dengan personal interest anda di sosial media. Jika bertemu dengan hal seperti itu, ada baiknya tidak terlalu memberi perhatian lebih dan tidak memberikan komentar yang keras ataupun menyinggung. Sebisa mungkin hindari konflik dengan pihak lain atau sampaikan ketidaksetujuan dengan cara yang elegan dan tidak merugikan pihak lain.

Membangun personal branding di sosial media sangat penting di era digital ini karena banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan baik dari segi materi maupun moril. Apakah anda sudah siap untuk membangun personal branding anda sekarang?

Penulis: Novi Hirena I.

Bibliography: Gehl, R. W. (2011). Ladders, samurai and blue collars: Personal branding in Web 2.0. First Monday, 16(9) 3-24 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *