Skill Pebisnis yang Wajib Dimiliki di Era Digital

Credit gambar: https://www.peoplemattersglobal.com/site/interstitial?return_to=%2Fblog%2Fstrategic-hr%2Fre-inventing-the-desired-skill-set-of-your-employees-16279

Apakah anda berencana untuk memulai bisnis? Ataukah anda ingin melebarkan sayap penjualan toko anda kedalam dunia online? Butuh beberapa skill agar bisa membantu anda untuk bersaing dan juga terus berinovasi di dalam dunia digital karena beberapa keterampilan dalam ilmu pemasaran yang baik di era digital akan memengaruhi hasil penjualan sebuah produk. Beberapa skill yang bisa dipelajari diantaranya adalah :

Finance

Hal yang sangat penting adalah belajar tentang mengatur keuangan dan budget untuk pembukaan toko anda. Selalu siapkan back up riwayat pemesanan pembeli. Dalam dunia digital, hal ini dapat membantu anda jika sewaktu-waktu sistem media sosial atau marketplace diretas atau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Selain itu, untuk mendukung pencatatan penjualan, anda juga bisa mendownload aplikasi kasir online di gadget anda. Jika perusahaan anda sudah masuk kedalam kategori perusahaan besar, anda harus bisa mengerti hal-hal yang berkaitan dengan pajak ataupun gaji karyawan. 

Copywriting

Pernahkah anda mendengar sebuah slogan produk yang terus terngiang di telinga anda? Itu adalah salah satu hasil sebuah copywriting. Dalam copywrting, anda dituntut untuk bisa membuat sebuah naskah iklan yang bisa menarik konsumen untuk melirik produk yang anda jual. Teknik yang paling umum digunakan dalam copywriting adalah AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action). Dalam Attention, diharapkan mampu menarik perhatian konsumen. Contohnya: “Ingin lancar speaking bahasa Inggris dalam waktu sebulan namun anda terlalu sibuk dengan pekerjaan anda?”. Selanjutnya dalam Interest, diharapkan naskah tersebut dapat membuat calon pembeli membeli produk anda, contohnya: “Dijamin lancar speaking dalam sebulan dengan native speaker.”Lalu ada Desire, dimana anda mencampur emosi dan logika calon pembeli, contohnya “Pekerjaan anda sangat penting dan tidak bisa ditinggalkan. Atur jadwal belajar sendiri dengan mengikuti kursus kami.” Lalu, terakhir adalah Action yang ditandai dengan Call to Action, dimana calon pembeli diarahkan untuk menghubungi contact person tim sales dengan cara menekan tombol, tulisan, dll. Usahakan membuat awal kalimat yang akan mendatangkan rasa penasaran dari calon pembeli.  

Advertising

Setelah memiliki beberapa akun baik di sosial media maupun di marketplace, hal selanjutnya yang bisa anda pelajari adalah tentang periklanan di media tersbut. Anda bisa mempelajari cara beriklan dengan menonton video youtube secara gratis maupun mencari situs dan kursus berbayar. Sebagai contoh, untuk belajar Facebook Ads, anda bisa mengunjungi situs Facebook Blueprints.

Selain mempelajari advertising yang terdapat dalam sistem digital media, anda juga bisa mempelajari sistem promosi endorsment ataupun paid promote dimana anda dapat mengolaborasikan produk anda dengan influencer. Tiap influencer memiliki tarif maupun ciri khas yang berbeda-beda dalam mempromosikan produk. Carilah influencer yang memiliki persentase engagement rate tinggi dengan followersnya agar bisa berpengaruh baik terhadap hasil promosi anda dan menjangkau target penjualan yang diinginkan.

Jika budget anda tidak mencukupi untuk melakukan kedua promosi tersebut, pilihlah satu metode yang paling efektif dan tidak memerlukan banyak biaya namun akan berpengaruh baik terhadap penjualan produk anda.

Search Engine Optimization (SEO)

Selain sosial media, anda juga harus memiliki website untuk bisnis anda. Apakah anda ingin bisnis anda muncul dalam pencarian teratas saat calon konsumen mengetik nama barang yang anda jual di internet? Itu adalah peran SEO. SEO terbagi menjadi dua bagian. Pertama adalah  On-Page, dimana anda memasukan target keyword ke dalam judul blog, heading tag, meta description. Kedua adalah SEO Off-Page dimana anda membuat backlink. SEO Off-Page akan beraktifitas di luar website anda. Dalam SEO, anda juga bisa melihat kualitas traffic dan bisa dijadikan bahan evaluasi untuk mengembangkan promosi dan menyasar target market anda.  

Kemampuan Photography dan Videography

Bagi anda yang sudah memiliki tim photography sendiri atau memakai jasa, mungkin hal ini sudah tidak perlu menjadi beban. Namun, bagi beberapa pebisnis dengan budget yang masih minim, kemampuan atas photography dan videography terhadap produknya sangat membantu. Dokumentasi produk dapat menggunakan alat yang ada seperti smartphone. Terlebih, tampilan photo produk yang menarik akan lebih mudah dilirik oleh konsumen dan mendatangkan permintaan untuk mengetahui informasi produk lebih lanjut.

Lebih banyak anda memiliki skill yang menunjang, anda sudah bisa membuat pengembangan bisnis yang lebih efektif dan juga efisien serta menghemat biaya. (Novi Hirena I/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *