5 Skill IT yang Dapat Menjanjikan Karir dengan Gaji Besar

Dari tahun ke tahun teknologi terus berkembang dan memasuki banyak bidang sehingga membuat bidang ini memerlukan banyak tenaga kerja manusia. Ada banyak sekali posisi pekerjaan di bidang teknologi yang bisa dipilih untuk memajukan karir dengan bayaran yang menjanjikan. Beberapa skill yang dibutuhkan untuk mengisi posisi pekerjaan pada bidang tersebut dapat diperoleh baik dari pendidikan formal maupun non formal. Dewasa ini, sudah banyak sekali kursus yang dapat membantu kita mengembangkan beberapa skill teknologi tersebut. Jika kita mau menelisik lebih dalam lagi beberapa skill teknologi, maka ada kemungkinan kita akan mendapat pekerjaan yang menjanjikan karena bidang ini akan terus dibutuhkan.

Beberapa skill yang bisa dipelajari diantaranya adalah:


Digital Marketing
Hal yang paling banyak dicari dan juga dibutuhkan pada era ini adalah digital marketing. Banyaknya penjualan yang dilakukan secara online, tentu saja membutuhkan skill khusus agar bisa mendapat keuntungan yang menjanjikan. Ada beberapa hal yang bisa dipelajari lebih dalam lagi dalam mempertajam skill digital marketing diantaranya adalah pengoptimalan SEO (Search Engine Optimization) dimana hal ini akan membantu para penggiat digital marketing mengoptimalkan website toko nya agar bisa layak untuk ditampilkan di halaman teratas mesin pencarian. Selanjutnya, skill lain yang bisa dikuasai pada bidang ini adalah mempelajari cara kerja Ads seperti Facebook Ads yang berguna untuk mengiklankan produk secara optimal dan tepat sasaran di media sosial.

UI/UX Design

Skill selanjutnya adalah mengenai skill pengembangan website dan aplikasi. User Experience (UX) dan memiliki User Interface (UI) beberapa perbedaan. UX adalah proses untuk mendesain suatu produk melalui pendekatan pengguna. Hasil desain produk yang dilakukan oleh UX akan memberikan kesan atau pengalaman bagi para pengguna produk tersebut. Nantinya, hasil pengalaman tersebut dapat memecahkan masalah bagi para pengguna aplikasi atau web yang dikelola. Sedangkan UI merupakan bagian dari UX yang memfokuskan untuk perancangan visual desain sebuah sistem. Hasil produk UI yang menarik akan mempermudah pengguna dalam menavigasi produk tersebut.

Data Analytics & Data Science

Banyak sekali bidang dan sektor yang memerlukan tenaga kerja untuk data analytics. Data analytics adalah penggunaan data untuk menggambarkan insight dan juga mengatasi masalah-masalah data. Data analytics juga dapat menaikan produktivitas bisnis dengan menggunakan pengkategorian data. Beberapa skill dan tools yang digunakan dalam data analytics diantaranya adalah data mining/data warehouse, data modeling, R or SAS, SQL, analisis statistik, database management & reporting, dan data analysis.

Data science memiliki peran untuk membuat algoritma maupun memprediksi model mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh organisasi untuk memecahkan masalah yang kompleks. Perbedaan antara data analytics dan data science adalah heavy coding. Data science dapat menyusun beberapa data yang tidak spesifik menggunakan beberapa alat secara bersamaan dan dapat membangun sistem otomatis dan framework tersendiri. 

Cyber Security

Semakin canggih tekologi, dan semakin banyak pengguna yang memasukan data mereka pada suatu sistem, maka akan membutuhkan keamanan untuk menjaga data-data yang ada dalam jaringan juga sangat dibutuhkan untuk menghindari hack. Data-data yang sudah terkumpul dalam jaringan merupakan sebuah aset dan apabila data tersebut bocor, maka tentu saja akan memerlukan biaya yang besar untuk menanggulangi hal tersebut. Dalam skill ini, seseorang akan dituntut untuk bisa merancang, membangun dan juga memelihara sistem keamanan yang sedang digunakan. Sayangnya, belum banyak orang yang memiliki keterampilan ini. Tak heran orang yang dapat menguasai skill ini akan dibayar mahal oleh perusahaan.

Cloud Enginering

Skill selanjutnya adalah mengenai cloud computing. Pada era ini, software engineer sudah banyak yang beralih ke cloud. Skill ini bertugas untuk membangun infrastruktur cloud. Terdapat cloud architect dan juga cloud engineer. Cloud architect akan bertugas untuk merancang struktur sistem cloud. Setelah sistem tersebut jadi, maka akan dilanjutkan oleh cloud engineer yang membangun sesuai rancangan yang sudah dibuat. Beberapa tugas dalam skill ini adalah   Tugas-tugasnya bisa meliputi cloud security, cloud system engineer, cloud network engineer, hingga sebagai cloud software engineer. Skill yang harus dimiliki oleh cloud engineer meliputi ahli dalam bahasa pemrograman, dapat mengembangkan aplikasi mobile, memahami sistem vendor cloud, linux, menguasai informasi dan keamanan data.

Banyak sekali posisi yang dibutuhkan dari skill yang dapat dikuasai tersebut. Gaji yang tinggi di bidang teknologi sudah menjadi rahasia umum. Jadi, apakah anda sudah siap untuk belajar skill tersebut untuk karir yang lebih baik?

Penulis: Novi Hirena I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *