5 Cara Mengoptimalkan Instagram Bisnis Untuk Menarik Pembeli

sumber : bloggingwizard.com

Instagram merupakan media sosial yang saat ini digunkan oleh banyak orang, tidak hanya popular di kalangan anak muda saja Instagram juga memiliki pengguna dengan beragam usia. Seiring dengan perkembangan Instagram yang terus memperbaharui fiturnya, kini Instagram tidak hanya digunakan untuk berbagi foto dan video saja. Instagram juga di gunakan oleh pebisnis untuk mempromosikan produknya melalui fitur Instagram Bisnis. Sejak Instagram meluncurkan fitur Instagram bisnis pada 2016 lalu, tak sedikit pebisnis yang merubah akun pribadinya menjadi akun bisnis. Akun Instagram bisnis ini memiliki kemudahan untuk  melakukan branding dan menjangkau pasar yang lebih luas dengan menggunakan fitur yang tersedia.

Bagi kamu yang sedang memulai bisnis dan baru merubah akun pribadi menjadi akun bisnis, mungkin bertanya-tanya apa saja sih cara yang harus di lakukan untuk memaksimalkan penggunan Instagram bisnis untuk menarik pembeli ? Yuk simak 5 cara berikut :

Optimasi Profil Instagram Bisnis

Profil Instagram bisnis menjadi daya tarik pertama ketika sesorang mengunjungi akun Instagram bisnis kamu. Pada bio yang hanya bisa di isi 150 karakter diusahakan kamu bisa memaksimalkan space tersebut untuk menarik perhatian, berikan kesan yang membuat seseorang ingin tahu lebih dalam tentang produk yang kamu tawarkan. Kamu bisa menuliskan keterangan mengenai produk, keunggukan, value atau mengutip tentang promo yang kamu miliki saat itu. Atau kamu juga bisa membuat baranding hashtag dan meletakannya di bio.

Membuat Konten Yang Menarik

Konten menjadi hal yang pening untuk menarik perhatian calon pembeli, maka buatlah konten sekreatif mungkin untuk di posting ke akun Instagram bisnismu. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat konten yang menarik, yaitu :

1. Caption

Caption merupakan daya tarik utama untuk menunjukan seberapa bagus produk yang kamu jual. Buatlah caption yang persuasif dengan detail untuk mendeskripsikan produk. Dalam membuat caption kamu juga bisa memperhatikan target pasat untuk menentukan penggunaan bahasa, seperti jika kamu menjual t shirt untuk remaja dan dewasa maka kamu bisa menggunakan caption dengan bahasa yang santai atau tidak terlalu formal. Kamu juga bisa melihat trend di media sosial seperti sekarang ini, bahwa caption yang paling sering mendapat like dan komentar dari netizen biasanya berkisar caption bijak, percintaan atau seputar kerja keras dalam hidup. Maka kamu bisa mencoba untuk mengkaitkan tema-tema tersebut. Kamu juga bisa membuat caption yang lucu seperti dengan menambahkan kalimat akhir, misal :  “ikan hiu lagi mager, yuk di order” .

2. Visual yang konsisten

Buatlah style Instagram bisnis yang mudah dikenali karena dengan foto yang mudah dikenali maka semakin besar kemungkinan followers akan memberikan like dan komentar. Agar style Instagram bisnis mudah dikenali, kamu bisa menggunakan filter yang sama di semua foto yang dibagikan. Saat ini semakin banyak aplikasi pendukung untuk membuat postingan di Instagram bisnis menjadi lebih menarik, kamu bisa menggunakan aplikasi editing seperti VSCOcam dan Enhance. Aplikasi tersebut menyediakan filter dan opsi editing yang bisa membantu kamu untuk membuat visual yang konsisten dan sesuai dengan brand kamu.

3. Variasikan konten yang akan di bagikan

Agar tidak terlihat monoton kamu bisa variasikan konten seperti dengan memanfaatkan fitur IG TV untuk membuat video tutorial, testimoni, behind the scene dan lain-lain. Selain itu kamu juga bisa mengadakan promo diskon dan giveaway pada momen tertentu atau membuat mini quiz melalui instagram story dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan produk yang dijual. Tidak hanya melulu soal postingan produk saja, kamu juga bisa repost foto followers yang sedang menggunakan atau menikmati produk yang kamu jual. Cara tersebut memiliki banyak keuntungan tidak hanya dari sisi barnd awareness, kamu juga bisa berinteraksi dengan followers untuk meningkatkan engagement serta berdampak pada pertumbuhan jumlah followers.

Membuat Jadwal Posting

Untuk membuat jadwal posting yang tepat kamu perlu melakukan percobaan berkali-kali. Setelah melakukan beberapa percobaan kamu bisa menganalisis hasilnya dari fitur insight yang terdapat pada akun instagram bisnis. Seperti pada gambar berikut :

Dari situlah kamu bisa tahu saat kapan followers aktif menggunakan instagram untuk membuat jadwal posting. Jika sudah menentukan jadwal yang tetap untuk posting konten, untuk memudahkan pengaturan jadwal kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan dan biarkan tools yang mempublish konten. Seperti dengan menggunakan aplikasi Buffer, tinggal menentukan hari dan jam kamu bisa posting konten secara otomatis.

Instagram Ads

Pada instagram bisnis terdapat fitur ads atau iklan, dengan menggunakan fitur ads kamu mempunyai kesempatan untuk menjangkau lebih banyak audiens. Kamu juga bisa menargetkan audiens yang lebih spesifik sesuai target pasar seperti usia, demografi, interest dan sebagainya. Nantinya iklan tersebut akan muncul otomatis seperti ketika audiens meng-scrolling down timeline instagram mereka atau pada sela-sela stories mereka.

Lakukan Analisis

Cara terakhir yang perlu dilakukan adalah menganalisa performa dari akun instagram bisnis  kamu. lakukan secara berkala misal per satu minggu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari masing-masing konten yang di posting. Untk melakukan analisa kamu bisa menggunakan fitur insight yang tersedia di akun instagram bisnis. Melalui fitur insight kamu bisa melihat pencapaian seberapa banyak like dan komen dari setiap postingan, hal tersebut bisa dijadikan acuan untuk pembuatan konten selanjutnya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyesuaikan postingan dengan melihat range usia, gender dan wilayah. Selain menggunakan fitur insight, kamu juga bisa menggunakan bantuan tools analytics seperti Hootsuite Analytics, Iconosquare, Sprout Social dan masih banyk lagi.

Saat ini telah banyak pebisnis yang menggunakan fitur Instagram bisnis untuk memasarkan produk, memang tidak mudah dan instan untuk mencapai penjualan yang tinggi. Tapi bagi kamu yang baru memulai bisnis bisa mencoba langkah dasarnya seperti yang telah dijelaskan diatas, selain itu juga kamu bisa melihat bagaimana kompetitor yang barandnya sudah terkenal menyajikan konten yang dapat menarik perhatian. Membandingkan cara yang dilakukan kompetitor bisa menjadi acuan untuk terus berinovasi dalam memaksimalkan Instagram bisnis kamu.

Penulis : Widiawati S.A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *