Upaya Kemenperin Dorong Industri 4.0 di Era New Normal

Kemenperin menjadi salah satu lembaga yang fokus menjalankan program Making Indonesia 4.0 untuk mendukung perusahaan industri dalam penyesuaian dengan kondisi pandemi/New Normal.
Implementasi industri 4.0 dinilai sebagai strategi tepat untuk membangkitkan aktivitas sektor manufaktur di dalam negeri pada fase new normal (kenormalan baru). Namun, guna mengakselerasi transformasi menuju industri 4.0 tersebut, perlu dukungan dari seluruh pemangku kepentingan terkait. Dalam melaksanakan program tersebut Kemenperin melakukan beberapa hal, di antaranya:

  1. Menjalin koordinasi dan membangun jejaring kerja sama antar stakeholders untuk mempercepat transformasi industri 4.0 melalui Ekosistem Indonesia 4.0 (SINDI 4.0).
  2. Melakukan penilaian Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) untuk mengetahui posisi kesiapan perusahaan dalam transformasi industri 4.0 secara online maupun offline.
  3. Melakukan pendampingan dalam transformasi industri 4.0 secara remote maupun kunjungan ke industri.

“SINDI 4.0 dibangun sebagai wadah saling bersinergi dan berkolaborasi, baik pemerintah, pelaku industri, akademisi dan R&D, technical provider, konsultan dan tentunya pelaku keuangan.” -Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *