Kehadiran Big Data yang Penting untuk Membangun Smart City

via: freepik

Smart city atau kota cerdas identik dengan pemanfaatan aspek teknologi di hampir seluruh aspek kehidupan untuk meningkatkan sisi efektivitas dan efisiensi berbagai aktivitas. Salah satu teknologi yang mampu mendukung pembangunan smart city adalah teknologi big data.

Teknologi big data dapat membantu pengelolaan smart city dalam aspek-aspek sebagai berikut:

Integrasi Sistem Informasi dan Pelaporan Antarlembaga

Dari dari level pemerintah terkecil yang terintegrasi sampai ke pusat/tingkat nasional akan sangat membantu pengelolaan kota. Dengan mengunakan teknologi big data proses integrasi akan disusun secara sistematis dan tentunya memudahkan para pengguna untuk memanfaatkan data-data yang ada, sehingga tidak lagi terhalang birokrasi apabila membutuhkan suatu data tertentu. Transparansi akan sangat terlihat apabila seluruh data lembaga dari level terkecil sampai pusat telah terintegrasi satu sama lain.

Pemrosesan Data Terpusat Menggunakan Teknologi Data Analytics

Tersedianya pusat komando membuat proses pemantauan dari pusat terhadap daerah-daerah yang lebih kecil akan lebih mudah. Sehingga ketika menemukan kesalahan atau hal yang perlu ditangani akan dengan mudah dikenali akar permasalahannya karena setiap pergerakan maupun perubahan mampu dipantau secara kontinyu dari seluruh daerah tanpa terkecuali. Dengan memiliki data yang terpusat yang dikelola oleh lembaga yang berwenang maka solusi-solusi kota akan mudah ditemukan jawabannya sehingga suatu permasalahan tak lagi berlarut.

Mempercepat Proses Pembuatan Kebijakan

Dengan data-data yang terintegrasi dan terpusat yang bisa dimanfaatkan oleh setiap level pemerintahan maka proses pembuatan kebijakan bisa menjadi lebih cepat karena berbagai data-data telah terkompilasi dan menunjukkan kecenderungan tertentu. Dalam hal ini Sumber Daya Manusia berupa para analis kebijakan yang ahli dan berkompetensi akan sangat terbantu untuk menerjemahkan data-data yang ada ke dalam sebuah laporan komprehensif yang kemudian menjadi bahan utama dalam penyusunan kebijakan yang relevan dengan situasi masyarakat.

Dapat disimpulkan bahwa kehadiran teknologi Big Data dalam pengelolaan suatu kota yang hendak atau ingin menjadi kota cerdas menjadi penting, karena bagaimanapun data merupakan sumber daya yang begitu berharga yang jumlahnya berkembang dan bertambah setiap detiknya sehingga perlu pengelolaan yang tepat dengan bantuan mekanisme yang ada pada teknologi big data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *