Mengapa Eksistensi Big Data di Masa Kini Penting?

via: medium

Saat ini kehidupan manusia tidak bisa terlepas dari pertukaran data yang mengandalkan internet sebagai medium pengantarnya, data-daya yang dikirimkan per orangan/lembaga tersebut bisa berbentuk teks, audio, video dan format lainnya yang bervariasi. Kumpulan data-data yang tersebar sebagai berbagai format tersebut secara keseluruhan bisa dinamakan sebagai big data.

Menurut Gartner, seorang ahli dalam bidang teknologi dan informasi big data adalah data yang merupakan aset informasi dimana variasinya banyak, kecepatannya tinggi, dan ukurannya besar yang secara biaya (bisa) lebih murah dan dalam bentuk-bentuk (teknologi) inovatif untuk proses automasi, pengambilan keputusan dan memungkinkan untuk mendapatkan informasi mendalam.

Ekosistem yang begitu besar dan terbentang dari banyak kategori data membuat big data menjadi sumber daya potensial untuk berbagai kepentingan strategis, dari mulai kebutuhan pendidikan, penelitian, pengembangan bisnis, pemerintahan, dsb. bisa dibantu dengan kehadiran big data dan pengolahannya. Lalu secara umum apa saja yang membuat big data menjadi penting di era ini?

  • Lebih Mengenali Karakteristik Peminat Bisnis Anda

Dengan menggunakan big data, pernyataan-pernyataan masyarakat yang umumnya disampaikan pada media sosial dapat diekstraksikan untuk mengetahui harapan serta ekspektasi khalayak terhadap produk yang anda miliki. Umumnya di media sosial warganet menyampaikan keinginan mereka atau kritikan terhadap suatu produk. Hal-hal yang disampaikan warganet ini tentunya menjadi data yang sangat berharga bagi perusahaan khususnya yang sedang melakukan research and development maupun perbaikan produk.

  • Penentuan Strategi Marketing yang Lebih Efektif

Dengan mengetahui karakteristik dari masyarakat melalui konten yang mereka unggah di media sosial perusahaan menjadi mampu untuk menentukan strategi marketing/campaign yang tepat untuk menarik minat pengguna. Hal ini akan mampu meningkatkan campaign lebih efektif dan efisien karena lebih tepat sasaran.

  • Mengetahui Sentimen Publik

Dengan menghimpun tanggapan pengguna media sosial maka sentimen terkait suatu hal mampu dikategorisasikan. Apabila suatu sentimen cenderung positif maka isu tersebut disambut baik oleh khalayak dan baik untuk dilanggengkan, apabila negatif maka lebih baik dihentikan saja, namun apabila netral maka mengindikasikan bahwa publik masih ada dalam posisi keragu-raguan dalam memutuskan.

  • Memahami Harapan Masyarakat

Dalam pemerintahan, pemanfaatan big data akan mampu menangkap harapan masyarakat terkait kebijakan maupun aspirasi masyarakat terhadap kinerja pemerintah.

  • Meningkatkan Inovasi Bisnis

Dengan menggunakan big data terdapat berbagai peluang untuk peningkatan inovasi maupun pengembangan bisnis yang sebelumnya belum ada.

  • Mempercepat Proses Pembuatan Keputusan (Decision Making Process)

Dengan big data maka mencapai kesimpulan akan lebih cepat karena dibantu oleh kehadiran algoritma yang bisa secara langsung mengolah data yang beredar.

  • Membaca Trend Terkini

Big Data mampu memetakan suatu trend dari yang paling populer dan diminati sampai yang kurang memperoleh perhatian. Tingkat popularitas suatu hal bisa dijadikan pertimbangan untuk menjawab kenginan pasar.

  • Meningkatkan Transparansi dalam Organisasi

Big data juga menjadi platform yang bisa diakses oleh semua pihak yang diizinkan, misalnya di dalam sebuah lembaga. Pihak-pihak yang diizinkan mengakses platform big data akan mampu memonitoring segala hal terkait peredaran data yang terjadi.

Ketujuh poin tersebut menjadi hal yang menunjukkan bahwa kehadiran big data menjadi penting untuk menjawab tantangan di era teknologi saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *