Peran Penting Media Sosial Bagi Perusahaan

Media Sosial kini sudah menjadi salah satu komponen terpenting bukan hanya untuk perorangan saja tapi juga untuk sebuah Perusahaan atau pelaku usaha. Jika kita bisa mengoptimalkan fungsi dan peran media sosial dengan baik, ini akan menguntungkan sangat menguntukan.

Media Sosial sudah menjadi salah satu komponen terpenting bagi sebuah Brand atau perusahaan dalam membangun citranya, media sosial kini amat sangat berperan dalam menetukan bagaimana sebuah Brand membentuk citra atau persona dimata pelanggan mereka.  Selain semakin banyaknya pengguna media sosial juga menjadi ajang para Brand atau perusahaan dalam mengambil hati pelanggan atau para pengguna media sosial.

Ada beberapa alasan yang mendasari beberapa perusahaan mulai masuk ke dalam sosial media, antara lain adalah:

Media Promosi

Menurut artikel yang dikutip dari www.dbs.com

Promosi melalui media sosial bukan lagi hal yang baru. Baik bagi Anda, para pebisnis maupun bagi pengguna media sosial pada umumnya. Manfaat media sosial yang satu ini memang sudah dilakukan sejak lama, tetapi bukan berarti Anda terlambat melakukannya. Untuk menerapkan manfaat media sosial sebagai media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis Anda bukanlah hal yang terlambat dilakukan karena jumlah penggunanya kini semakin meluas.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai promosi di media sosial meliputi pengenalan produk, memberikan informasi kepada calon pelanggan, dan juga mengabarkan promosi yang sedang dijalankan. Misalnya, Anda dapat memberikan informasi penggunaan produk dan diskon yang sedang diberikan. Anda pun dapat berinteraksi langsung dalam hal ini. Dengan cara promosi yang lebih mudah dan murah, Anda kini dapat mempromosikan bisnis Anda tanpa khawatir dengan batasan seperti jarak, waktu, dan dana yang digunakan.

Efisiensi Biaya

Sosial media meningkatkan efisiensi biaya karena perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan biaya tertentu untuk mempromosikan produknya. Tinggal mengelola sosial media dengan baik agar dekat dengan konsumen, maka promosi pun bisa dilakukan kapan saja dengan maksimal.

Untuk Melihat Posisi Kompetitor

Media sosial juga berfungsi untuk memantau apa saja/promosi apa saja yang dilakukan oleh kompetitor. Dengan mudahnya mendapat informasi ini justru bisa membuat semakin peka dan jeli membuka peluang dengan menghadirkan inovasi atau membuat strategi agar tidak kalah dengan competitor.

Melihat selera pasar

Salah satu manfaat dari media sosial bagi perkembangan bisnis yakni memberikan kemampuan untuk melihat selera pasar. Melalui kebiasaan yang pelanggan Anda lakukan di media sosial, dapat terlihat bagaimana selera mereka berubah seiring dengan perkembangan waktu. Bahkan, tanggapan pelanggan atau masyarakat terhadap sesuatu yang baru ini pun dapat Anda lihat.

Hal ini tentu saja dapat memberikan keuntungan bagi Anda, para pebisnis. Sebab, Anda akan mendapatkan pengetahuan mengenai produk apa yang akan disukai oleh pelanggan serta bagaimana cara promosi yang disukai oleh pelanggan Anda. Tentu saja, hal ini akan memudahkan Anda untuk berinovasi baik dalam strategi dan juga dalam produksi.

Menjalin Interaksi antara Perusahaan dengan Konsumen

Menurut artikel dari: https://invent.id/  Keberadaan media sosial mempermudah konsumen atau pengunjung dalam menyampaikan aspirasinya secara langsung. Media sosial mampu mengubah gaya komunikasi menjadi lebih efisien, interaktif, dan partisipatif. Apalagi jika akun media sosial perusahaan juga menyalakan fitur personal message, di mana konsumen dan perusahaan dapat berkomunikasi secara lebih intens, personal, dan setara. Dengan kedekatan dan kemudahan interaksi ini, penjualan dan branding perusahaan akan meningkat.

Tiga media sosial yang paling umum digunakan untuk berbisnis adalah: Facebook, Instagram, dan Twitter. Saat ini, yang sedang populer untuk berbisnis adalah Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *