QR Code Penangkal Penularan Virus Corona

Penularan virus Covid-19 di Indonesia hingga kini masih terus bertambah. Pemerintah masih berusaha mencari penanganan terbaik untuk menghentikan penularan Covid-19 di Indonesia. Salah satu usaha yang kini tengah diterapkan pemerintah untuk mengantisipasi penularan Covid-19 dengan memanfaatkan teknologi QR Code.

QR Code atau Quick Response Code berbentuk kotak-kotak hitam dan putih yang dapat disebut ‘modul’. Jika dipindai, QR Code dapat digunakan untuk menyimpan berbagai data. Umumnya titik-titk tersebut akan menghubungkan mesin pemindai dengan alamat situs tertentu. Nah, teknologi QR Code ini dimanfaatkan oleh pemerintah dalam memantau penyebaran virus Covid-19. QR Code akan disajikan didalam aplikasi agar dapat memantau pergerakan kasus Covid-19 disekitar pengguna aplikasi tersebut. Pengguna akan mendapatkan notifikasi saat berada di tempat yang berdekatan dengan penderita Covid-19.

QR Code untuk kebutuhan pendeteksi penyebaran virus di Indonesia sudah digunakan diberbagai tempat, seperti Mall, Hotel, Tempat Wisata, bahkan beberapa Kota di Indonesia juga telah menggunakan teknologi ini. Di wilayah DKI Jakarta misalnya, sjumlah Mall di Jakarta menggunakan teknologi QR Code ini untuk membatasi jumlah pengunjung yang masuk sesuai dengan arahan pemerintah. Hanya 50 persen dari kapasitas biasanya. Saat meninggalkan lokasi, pengunjung juga diminta untuk scan ulang QR Code tersebut sebagai tanda bahwa telah meninggalkan Mall.

Contoh lainnya yang diterapkan di wilayah DI Yogyakarta. Aplikasi yang diterapkan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menggunakan teknologi QR Code untuk melambangkan kondisi Kesehatan pribadi pengunjung. Nantinya pengunjung yang telah memindai, QR Code pribadi ini akan memberikan warna Kesehatan. Hijau tandanya pengunjung dalam keadaan sehat dan dapat memasuki lokasi. Kuning berarti tandanya pengunjung dalam keadaan sakit dan disarankan untuk pulang dan isolasi diri, dan Merah berarti terinfeksi virus Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *