Peran Teknologi Dalam Pemasaran

Di era serba cepat dan perkembangan tekonlogi yang tidak pernah mati bahkan cenderung terus mengalami perubahan dan pengembangan yang cepat. Dalam tekonologi hamper setiap detik selalu ditemukan penemuan baru dengan tujuan untuk memperbaiki atau menyempurnakan hasil teknologi sebelumnya.

Perkembangan teknologi ini membuat kemudahan kita dalam mendapatkan data-data sesuai dengan yang kita butuhkan, data-data yang digunakan ini bukan untuk tujuan yang negative namun data-data dalam teknologi informasi ini adalah sebagai peran dalam strategi hingga pengambilan keputusan. Salah satunya asalah dalam dunia pemasaran.

Dunia pemasaran kini tidak hanya bisa memanfaatkan metode pemasaran secara tradisonal sebagai sesorang yang bergerak di dunia pemasaran selain kita harus mengikuti kemajuan zaman tapi kita juga harus mampu mengembangkan diri kita dan berkolaborasi dengan teknologi.

Dengan teknologi informasi memberikan peluang dalam pemasaran produk atau jasa sehingga produk atau jasa yang anda pasarkan bisa mendapat calon/customer yang lebih luas. Pada prinsipnya peran teknologi dalam pemasaran adalah sebagai alat untuk mempermudah proses, dibalik itu tetap sumberdaya manusia dan strategi pemasaran memegang kunci utama.

Menurut artikel yang dikutip dari : https://bit.ly/2BYBOv1

Ada 4 faktor utama yang sangat berperan dan memberikan dampak pada riset pemasaran atau market research, yang mana keempat faktor ini merupakan dampak yang ada pada teknologi. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 

Teknologi Memudahkan Pengumpulan Data. 

Teknologi telah menciptakan beberapa perangkat lunak modern yang memudahkan para peneliti pasar untuk lebih spesifik dan fokus dalam mengukur data, memahami berbagai informasi dan memproses semua umpan balik yang disampaikan oleh pelanggan terhadap produk dan layanan jasa.

 Teknologi Memudahkan Proses Analisis Lanjut. 

Semakin banyak data yang terkumpul, ini menjadi tantangan sendiri bagi kita karena proses pengolahan dan penganalisisan data juga akan bertambah lama. Berita baiknya, perkembangan teknologi telah memudahkan kita dalam menganalisis data yang begitu banyak dari para responden. 

Bahkan, perusahaan-perusahaan dapat mengembangkan modul in-house untuk memahami kumpulan data dan informasi yang mereka dapatkan, hingga akhirnya semua data-data tersebut dapat diubah menjadi laporan yang bermakna. 

Teknologi Menciptakan Media Sosial untuk Melakukan Riset Pemasaran

Media sosial membuat kita menjadi lebih mudah untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan banyak orang di seluruh dunia dalam waktu yang bersamaan. 

Kecepatan komunikasi yang ditawarkan oleh media sosial ini sangat bermanfaat untuk bisnis-bisnis modern yang ada di era digital sekarang ini. Seperti yang kita ketahui bahwa dunia bisnis selalu menginginkan hal-hal yang cepat dan tepat. Media sosial menyediakan banyak platform sosial agar riset pemasaran atau market research berjalan lebih mudah, misalnya, LinkedIn, Twitter, Facebook, Google+, Instagram, dan lain sebagainya sangat mudah diakses oleh para responden melalui media sosial mereka masing-masing. Kondisi yang diciptakan oleh media sosial ini memudahkan peneliti pasar dengan para responden (konsumen) bertemu dengan mudah. 

Teknologi Membantu Pembuatan Peran Penelitian Baru.  Dampak lain yang dibawa oleh teknologi terhadap riset pemasaran atau market research adalah munculnya peran-peran baru yang semakin memperluas lingkup riset pemasaran. Misalnya, perkembangan teknologi yang menghasilkan media sosial telah membuat beberapa media sosial digandrungi oleh banyak anak muda. Contoh media sosial yang paling sering digunakan adalah YouTube. Kita bisa lihat sekarang betapa banyak para food vlogger yang mengupload video mereka di YouTube dalam rangka memberikan review terhadap produk-produk dalam dan luar negeri. Komentar-komentar yang ditulis dan disampaikan oleh para penonton video atau review yang disampaikan oleh vlogger itu sendiri dapat menjadi bahan riset pemasaran kita selanjutnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *